Ciptakan Desain Interior Kamar Tidur Anak yang Nyaman, Aman dan Menyenangkan

Dunia anak memang unik. Semua tingkah lakunya lucu dan menggemaskan. Meskipun ada anak yang sering menjengkelkan, namun anak tetaplah anak. Usianya memang penuh dengan perubahan. Karenanya, dunia anak sering disebut sebagai dunia dan masa pertembuhan, baik pertumbuhan fisiknya maupun kecerdasannya.

kamar tidur anak 7

Untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak, diperlukan suasana dan lingkungan yang mendukung. Selain itu pengawasan terhadap aktivitas anak sangat diperlukan. Pemberian fasilitas yang sesuai dengan usia dan pertumbuhannya sangatlah perlu. Termasuk dalam mendesain kamar tidurnya.

Yang perlu diperhatikan oleh orang tua terkait dengan desain kamar tidur anak adalah bagaimana kamar tidur anak tersebut dapat memberikan kenyamanan padanya, baik sebagai tempat istirahat maupun sebagai tempat bermain. Karenanya, penting bagi orang tua mendesain kamar tidur yang sesuai dengan karakter anak.

kamar tidur anak 6

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk mendesain kamar tidur anak yang dapat memberi kenyamanan pada mereka.

Sesuaikan Warna dengan Karakter Mereka

Tidak diragukan lagi warna dapat menciptakan nada dan suasana sebuah ruangan. Karenanya dalam mendesain kamar tidur anak, faktor warna harus mendapat perhatian. Perlu kiranyan orang tua mengetahui warna kesukaan sang anak. Meskipun secara umum anak anak lebih menyukai warna cerah, tidak ada salahnya jika orang tua melibatkan anak dalam memilih warna untuk kamarnya. Karena toh si anak yang nantinya akan menempati kamar tidur tersebut.

kamar tidur anak 10

Beberapa warna yang dapat Anda tawarkan atau diskusikan dengan anak, antara lain warna kuning, merah, biru, hijau daun dan warna abu-abu. Diskusikan dengan sang anak mana dari warna-warna yang ada yang paling ia sukai. Selain untuk melatih tanggung jawab, aplikasi warna yang sesuai dengan kesukaannya akan memberi kepuasan pada mereka.

Pilihlah Bahan yang Sesuai

kamar tidur anak 6

Pemilihan bahan yang tidak memancarkan gelombang electromagnet sangat dianjurkan. Hal ini untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam jangka dekat maupun jangka lama. Selain itu material berbahan kayu juga direkomendasikan untuk mendesain interior kamar anak. Bukan hanya untuk dinding, lantai, karpet, bantal, gorden bed cover dan sebagainya, pastikan aman bagi anak Anda.

Pemilihan Perabot yang Inspiratif

kamar tidur anak 9

Ini dimaksudkan untuk merangsang perkembangan kecerdasan si anak. Karena kecerdasan seorang anak dapat dilatih dari apa yang dilihat, diraba dan dirasakan. Selain inspiratif, desain kamar tidur anak juga dapat dibuat interkatif. Hal itu dapat Anda lakukan dengan memilih furniture atau pernik-pernik interior yang melibatkan anak dalam sebuah kegiatan.

Anda dapat menempatkan papan yang dapat dicorat-coret oleh sang anak. Atau menempelkan huruf warna-warni di sebagian dinding dari kamar tidur anak.  Jika memungkinkan Anda dapat memilih salah satu sudut ruangan yang dapat digunakan oleh sang anak untuk mengembangkan hobinya.

Tempatkan Tempat Penyimapanan
kamar tidur anak 5

Ini dapat digunakan untuk melatih tanggung jawab si anak. Barang-barang yang sudah selesai digunakan mintalah untuk ditempatkan pada tempatnya. Anda dapat memilih storage yang ringan dan mudah digeser. Sehingga anak tidak merasa terbebani dengan tanggung jawab meletakkan kembali barang yang sudah digunakannya pada tempatnya.

Jika perlu storage tersebut mempunyai bentuk dari bentuk-bentuk yang ia sukai. Seperti kotak yang dilapisi dengan stiker-stiker gambar kesukaan mereka. Atau dengan memilihkan storage yang indah berwarna warni dan sebagainya.

Nah jika beberapa hal tersebut Anda perhatikan, si anak pasti akan merasa nyaman bermain di dalam rumahnya. Ini akan memudahkan Anda dalam mengawasi putra putri Anda. Intinya kenyamanan, keamanan serta kesenangan hendaknya dapat tercipta dari desain interior kamar tidur anak yang Anda sediakan.

Berikut contoh-contoh desain interior kamar tidur anak

kamar tidur anak kamar tidur anak 13 kamar tidur anak 12 kamar tidur anak 3 kamar tidur anak 4 kamar tidur anak 6