ciptakan estetika dinding desain interior rumah dengan rak dekoratif

Rak merupakan salah satu elemen desain interior rumah yang sering digunakan. Berbagai macam rak dengan sistem rak yang berbeda sering diaplikasikan dalam desain interior rumah. Selain sebagai tempat penyimpanan barang, rak juga sering digunakan sebagai partisi ruangan portable dalam sebuah ruangan. Partisi ruangan portable dari rak ini akan menjadikan seseorang dapat mengakses aktivitas orang lain dibalik pembatas yang berupa partisi rak.

Bahan untuk membuat rak pun bermacam-macam. Ada yang berbahan logam, galvanis ataupun kayu. Rak pun dapat ditempatkan di dalam berbagai macam ruangan tergantung dari fungsi rak. Maka dikenallah berbagai macam rak, sesuai dengan fungsinya, seperti rak meja, rak dinding, rak laci dan sebagainya. Ada baiknya Anda melihat gambar partisi terlebih dahulu di internet atau di majalah-majalah yang dapat Anda jadikan referensi.

ciptakan estetika dinding desain interior rumah dengan rak dekoratif

Ada banyak sistem rak yang dikenal dan banyak ditawarkan di toko-toko. Salah satunya adalah sistem rak palet. Rak palet adalah sistem rak yang digunakan untuk menempatkan barang di atas pallet. Sistem rak pallet terdiri dari kerangka yang merupakan gabungan dua batang tiang yang diperkuat dengan horizontal dan diagonal penjepit. Tiang balok atau beam sebagai tempat untuk menempatkan barang dapat disesuaikan dengan berat barang dan kondisinya.

Sistem rak pallet ini dapat Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda. Anda dapat menempatkannya dalam kamar Anda sebagai tempat menyimpan buku atau barang-barang yang lain. Bahan dan warna sistem rak pun dapat Anda sesuaikan dengan desain interior rumah Anda. Demikian juga ukuran sistem rak yang akan Anda tempatkan dalam rumah Anda.

ciptakan estetika dinding desain interior rumah dengan rak dekoratif6

Selain sistem rak pallet, Anda pun dapat memasang rak menempel di dinding desain interior rumah Anda. Selain sebagai tempat meletakkan buku-buku rak yang Anda gantung pada dinding juga dapar berfungsi sebagai pemanis ruangan. Dengan demikian dinding tidak kosong dan hampa tetapi akan berubah menjadi dinding yang menyenangkan dan memanjakan visual siapapun.

Jika Anda mempunyai koleksi cd ataupun dvd rak juga dapat Anda letakkan di dekat barang-baranng elektronik yang Anda punyai. Tetapi harus diingat bahwa keberadaan rak dengan berbagi sistem rak yang berbeda-beda itu harus tetap menjaga keseimbangan dan keutuhan desain interior yang Anda aplikasikan pada rumah Anda. Jangan sampai gara-gara ingin meletkkan rak justru mengaburkan konsep dan gaya yang akan Anda usung dalam desain interior rumah Anda.

ciptakan estetika dinding desain interior rumah dengan rak dekoratif2

Untuk pemilihan rak dengan sistem rak yang sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda tidak perlu khawatir. Karena saat ini beberapa penyedia perabot juga banyak yang menawarkan berbagai macam rak dengan sistem rak yang berbeda-beda. Atau jika Anda menghendaki, Anda dapat memesan rak yang Anda inginkan di beberapa produsen perabot.

Tentu saja untuk memesan rak dengan sistem rak yang sesuai dengan keinginan Anda, terlebih dulu Anda perlu mendesain sistem rak tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan pembuatan rak yang sesuai dengan desain interior rumah Anda. Hal-hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan memesan atau menggambar rak dan sistem rak tersebut adalah dimana rak itu akan Anda tempatkan.

ciptakan estetika dinding desain interior rumah dengan rak dekoratif4

Jika semuanya sudah Anda pertimbangkan, Anda tinggal menyerahkan gambar rak dilengkapi dengan sistem rak yang Anda inginkan kepada pembuat rak. Dan setelah rak itu selesai dibuat, Anda dapat memberi warna rak tersebut. Dalam memberi warna rak selain harus melihat sistem raknya, Anda juga harus memperhatikan kesan yang akan dimunculkan oleh rak tersebut dalam desain interior rumah Anda.

Sebenarnya selain sebagai tempat penyimpanan koleksi (storage) rak juga dapat dijadikan sebagai partisi ruangan yakni pembatas antara ruang yang satu dengan ruang yang lain. Karena salah satu material partisi ruangan adalah kayu yang dapat diwujudkan dalam bentuk rak dengan nilai esetetika yang tinggi.

Selain partisi yang berupa rak, ada partisi lain yang sifatnya permanen yaitu partisi dinding. Partisi ini dapat juga dijadikan dekorasi dengan cara memberi warna pada permukaan dinding atau bahkan memberi lukisan dinding. Selain lukisan dinding ini akan mempercantik rauangan, lukisan dinding dapt jug dijadikan focal point dalam sebuah ruangan.