Ciptakan Hunian Akrab, Hangat dan Homey Dengan Desain Interior Rumah Gaya Country

desain interior gaya country material alam

Perkembangan dalam dunia gaya desain interior memunculkan berbagai ragam gaya desain. Salah suatu gaya dalam desain interior itu adalah gaya country. Gaya interior ini kini mulai banyak penggemarnya, mengingat banyak orang yang ingin kembali ke suasana desa yang natural.

Selain itu gaya ini banyak disukai karena kesan nostalgia. Biasanya pemilik rumah dengan desain interior gaya country ini adalah seorang kolektor dari benda-benda antik, seperti lukisan, patung, maupun benda-benda unik lainnya yang sangat pas dijadikan elemen dekorasi pada rumah dengan desain interior gaya country.

desain interior gaya country warna natural

Nuansa country yang tercipta dari sebuah rumah yang mengaplikasikan desain interior rumah gaya country ini akan membuat penghuni rumah menjadi lebih akrab, lebih dekat. Apalagi jika ruangan memang Anda desain dengan sentuhan homey.

Warna-warna dengan tone tanah atau bumi serta pengeksposan material dan barang-barang lama menjadi ciri dominan dari desain interior gaya country. Jika Anda sering melihat-lihat desain interior rumah bergaya mediteranian, mungkin Anda akan melihat adanya banyak persamaan di kedua gaya desain interior tersebut. Namun demikian tetap saja ada perbedaan di antara keduanya, yakni gaya mediteranian biasanya cenderung berkiblat pada desain eropa.

desain interior gaya country

Selain ciri-ciri di atas, desain interior gaya country akan banyak menampilkan elemen-elemen yang digantung di dinding. Berbagai barang bermotif bunga juga menjadi ciri khasnya.

Pengoptimalan bukaan atau yang ada menjamin lancarnya sirkulasi udara dan cahaya. Apalagi didukung oleh material-material berbahan kayu ataupun batu bata yang diekspos akan menambah kehangatan ruangan dalam rumah.

desain interior gaya country kain menjuntai

Sementara itu, untuk menciptakan dan memberi kesan natural dan alami dalam ruangan, Anda dapat mengaplikasikan warna-warna biru atau hijau. Sedangkan untuk menciptakan suasana hangat pilihan warna coklat muda yang aplikasikan pada seluruh sisi dinding ruangan dapat Anda jadikan pertimbangan.

Jika Anda tertarik untuk me-redesain interior rumah Anda dengan desain interior gaya country, hal-hal berikut dapat Anda perhatikan.

Warna Tanah atau Natural

desain interior gaya country hangat

Warna tanah atau natural sering disebut dengan earthtone, merupakan warna yang mampu memberikan kesan country. Beberapa warna natural yang sering diaplikasikan dalam desain interior rumah gaya country adalah putih susu, putih gading, coklat kayu, krem dan merah bata. Semua warna itu akan memberi kesan hangat dan alami dalam sebuah ruangan.

Pengoptimalan Material yang Diekspos

desain interior gaya country eksploitasi material

Nuansa pedesaan yang memberi kesan rustic juga menjadi identitas rumah dengan desain interior gaya country. Batu alam, kayu, batu kali dan batu bata sering diaplikasikan pada dinding dengan mengekspos kesan natural pada semua material tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membiarkan material-material itu tanpa bahan finishing, sehingga akan memperkuat kesan natural dan alami.

Material Bermotif Floral

desain interior gaya country kain dan floral 2

Motif bunga menjadi ciri lain dari desain interior bergaya country. Bunga dengan berbagai warna indahnya ini akan memberi keindahan pada ruangan. Anda dapat mengaplikasikan material bermotif bunga tersebut pada furniture, seperti pada sofa, cushion. Disarankan pengaplikasian elemen bermotif bunga itu tidak berlebihan. Anda dapat menjadikannya sebagai aksen dalam ruangan, misalnya pada sebagian sisi dinding atau bahkan hanya pada sebagai sisi furniture yang ada.

Pengaplikasian Elemen Vintage
desain interior gaya country pernik pernik

Elemen vintage yang identik dengan gaya lama ini akan memperkuat kesan country pada sebuah ruangan. Mesin jahit, radio kuno, jam dinding kuno mungkin merupakan elemen pilihan yang sering pajang dalam ruangan berdesain interior gaya country. Selain itu jika Anda mempunyai sofa yang berkarakter klasik juga dapat Anda aplikasikan dalam ruangan Anda, apalagi kalau sofa atau kursi tersebut pernah ngetren di tahun 50-an atau 70-an.

Material Kain dan Renda

desain interior gaya country kain dan floral

Elemen dekorasi yang berupa kain dan renda juga menjadi elemen penting dalam desain interior gaya country. Kain dan renda tersebut dapat Anda aplikasikan dalam bentuk gorden, sarung bantal, palapis sofa, taplak meja dan sebagainya. Anda juga dapat menjadikan kain dan renda itu untuk mempermanis koleksi Anda, seperti boneka, penutup mesin jahit dan sebagainya.

Jika Anda memperhatikan hal-hal tersebut di atas kemudian dengan daya kreativitas dan imajinasi Anda, ruangan hangat, akrab dan homey akan Anda dapatkan. Selamat berkreasi.

desain interior gaya country kain menjuntai desain interior gaya country ekspos material desain interior gaya country elemen vintage desain interior gaya country floral pada lantai desain interior gaya country eksploitasi dinding desain interior gaya country bukaan 4 desain interior gaya country bukaan 2