Ciptakan Kemewahan dan Eksotisitas Hunian dengan Rumah Kayu

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah kebutuhan terhadap tempat tinggal. Kalau dahulu desain tempat tinggal atau rumah sering tidak terlalu diperhatikan (yang penting rumah) kini orang berusaha menjadikan rumah tempat tinggalnya nyaman dan dapat memberi ketenangan dan ketenteraman hidup. Karena berbagai desain rumah pun muncul dan ditawarkan.

rumah kayu 7

Material pembuatan rumah pun beragam. Mulai dari tembok, batako, kayu dan sebagainya. Dari sekian bahan yang sering digunakan, material kayu saat ini mulai dilirik orang. Berbagai alasan dikemukakan ketika seseorang ingin membuat rumah bermaterial kayu atau sering disebut dengan rumah kayu. Salah satu alasannya adalah mereka ingin kembali ke alam. Ya, karena kayu dapat memberi kesan natural yang lebih  jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Alasan-alasan lain mengapa seseorang memilih rumah kayu antara lain:

Pembangunan Lebih Cepat

rumah kayu 8

Kok bisa, mungkin Anda bertanya demikian. Ya, pembangunan rumah kayu lebih cepat dari pembangunan rumah bermaterial tembok batu atau  batako karena banyak perusahaan yang menawarkan rumah kayunya dengan model knock down atau bongkar pasang. Hal ini memungkinkan pembuatan rumah kayu tersebut dilakukan di pabrik baru kemudian dipasang dilokasi yang telah ditentukan.

Menghemat Biaya

rumah kayu 9

Sebenarnya ini relative. Tetapi jika dibandingkan antara rumah kayu dengan rumah biasa, pembuatan rumah kayu masih lebih murah jika dibandingkan dengan rumah biasa. Hal ini disebabkan pengerjaan rumah kayu relative lebih singkat jika dibandingkan pengerjaan rumah biasa. Apalagi jika wilayah pembuatan rumah kayu merupakan penghasil kayu, tentu bahan atau material kayunya lebih murah.

Menciptakan Kesan Natural dan Estetika yang Menonjol

rumah kayu 18

Guratan-guratan kayu yang kadang dieksploitasi memunculkan nilai estetika dan natural yang tinggi. Di samping itu warna dan tekstur kayu juga merupakan hal utama yang menjadikan rumah menjadi lebih natural.

Kesan natural ini akan semakin terasa ketika di sekeliling rumah terdapat bangunan – bangunan modern sehingga eksklusif dan unik terasa bagi siapa saja yang memandang rumah kayu tersebut. Selain itu, rumah kayu juga mampu memberikan kesan rumah mewah dan eksotis jika dibandingkan dengan rumah yang lain. Semua itu akan memberikan kenyamanan bagi para penghuninya.

rumah kayu 5

Itulah beberapa alasan yang menjadikan kelebihan rumah kayu dibanding dengan rumah yang lainnya. Meskipun demikian perlu diperhatikan juga sisi kelemahan dari rumah kayu sehingga apapun resiko dari rumah kayu sudah benar benar dipertimbangkan.

Sebagaimana penjelasan di atas, kita tahu bahwa rumah kayu berbeda dengan rumah pada umumnya. Bahan kayu yang merupakan bahan organik tentu mempunyai beberapa sifat yang perlu mendapat perhatian, seperti mempunyai resiko yang cukup tinggi terhadap lingkungan dan cuaca ekstrim bahkan terhadap serangan hama.

rumah kayu 3

Apalagi jika kualitas kayu yang digunakan kualitas kayu yang tidak baik dan bersentuhan langsung dengan tanah, resiko gangguan hama dan lapuk akan sangat tinggi.Karenanya, dibutuhkan desain rumah yang benar-benar mampu meminimalisir resiko tersebut. Misalnya menghindarkan bagian dinding dari terpaan hujan dan paparan sinar matahari.

Perawatan yang baik menjadi salah satu cara untuk meminimalisir resiko. Anda perlu mengepel lantai kayu secara rutin dan membersihkannya dari debu. Jika perlu, gunakan ramua tradisional untuk membersihkan dinding dan lantai kayu Anda, misalnya dengan air pelepah pisang atau air cengkeh. Ramuan tersebut akan menambah keawetan dari rumah kayu Anda.

rumah kayu 6

Nah, setelah mengetahui hal tersebut apakah Anda masih ingin tetap membuat rumah kayu? Kalau Anda masih semangat, hal-hal berikut perlu Anda perhatikan.

Area atau Lokasi Rumah Kayu
rumah kayu 10

Hal ini penting. Disarankan Anda tidak membangun rumah kayu di lokasi yang menyebabkan kayu tidak awet, seperti di tepi laut atau di pantai. Karena di dalam air laut terdapat kandung zat yang dapat merusak kayu secara permanen.

Pilihlah Jenis Kayu yang Berkualitas

rumah kayu 11

Pemilihan jenis kayu ini akan mempengaruhi keawetan dari sebuah rumah kayu. Disarankan Anda memilih kayu sesuai dengan fungsi kayu tersebut dalam rumah. Misalnya, untuk pondasi Anda dapat memilih jenis kayu jati dengan kualitas yang baik. Sementara untuk dinding rumah Anda dapat memilih jenis kayu dengan tekstur yang lembut sehingga tetap nyaman dipandang.

Langkah membuat rumah kayu

Nah, setelah semua hal di atas Anda pertimbangkan, berikutnya Anda perlu mengetahui langkah-langkah membangun rumah bermaterial utama kayu.

rumah kayu 12

Pertama, buatlaah sketsa rumah kayu mulai dari bentu sampai strukturnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memillih jenis kayu yang sesuai dengan fungsinya. Selanjutnya, buatlah perhitungan struktur kayu. Ini digunakan untuk menentukan dimensi dan kualitas kayu yang dibutuhkan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui sisi keamanan dan ergonomisnya. Selain itu juga dapat dipergunakan untuk menentukan jenis kayu untuk bagian bagian tertentu, seperti bagian bingkai atap, balok dan kolom.

Kedua, setelah poin pertama Anda lakukan buatlah sketsa gambar rumah kayu secara detil dengan mengacu pada perhitungan sebelumnya. Ketiga, buatlah rancangan anggaran untuk rumah kayu sederhana tetapi yang mampu memberikan kepuasan kepada Anda. Selanjutnya, setelah semua dirancang dengan baik, gunakan sistim kerja yang khusus dan baik.

Untuk referensi model dan desain rumah kayu, berikut disajikan beberapa gambar rumah kayu. Selamat membangun rumah kayu.

Contoh model rumah kayu:

rumah kayu 13 rumah kayu 14 rumah kayu 15 rumah kayu 16 rumah kayu 17 rumah kayu 20 rumah kayu 21 rumah kayu 22 Rumah kayu runah kayu 2