Ciptakan kenyamanan dan kehangatan desain interior ruang keluarga

Ruang keluarga menjadi ruang yang wajib dalam setiap desain interior rumah. Ya, karena di ruang inilah anggota keluarga secara bersama-sama menghabiskan waktunya untuk berkumpul dan berinteraksi. Nilai-nilai sosial serta norma-norma kehidupan biasa dimunculkan dalam ruang keluarga ini. Dari sini terlihat bahwa ruang keluarga sangat penting keberadaannya.

Untuk itu agar semua anggota keluarga dapat merasakan kenyamanan berada di ruang keluarga tersebut, penataan ruang keluarga harus mendapat perhatian. Sehingga penataan desain interior ruang keluarga  baik yang ruang keluarga minimalis maupun yang maksimalis juga mengacu pada fungsi ruang tersebut, mulai dari pencahayaan, furniture, dekorasi bahkan pada pewarnaan ruang keluarga tersebut.

kursi keluarga dalam desain interior ruang keluarga7

Aktivitas dalam ruang keluarga yang santai biasanya memberi kebebasan kepada anggota keluarga untuk mengeksplorasi sikap. Berbagai gaya dapat dilakukan oleh anggota keluarga yang berada di ruang keluarga tersebut. Ada yang santai dengan posisi tidur, bersandar pada tembok dan yang sering terlihat adalah duduk di kursi ruang keluarga.

Duduk di kursi ruang keluarga lebih banyak kita lihat karena memang dilihat dari nilai kesopanan, berbicara dengan orang lain sesama anggota keluarga dengan posisi duduk di kursi keluarga lebih baik dan sopan dibanding berbicara dengan posisi tiduran.

kursi keluarga dalam desain interior ruang keluarga5

Karenanya memilih kursi ruang keluarga yang sesuai dan memberi kenyamanan pada penghuninya menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Beberapa point berikut dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kursi keluarga yang akan Anda tempatkan di dalam desain interior ruang keluarga.

Pertama, pilihlah kursi ruang keluarga yang nyaman

kursi keluarga dalam desain interior ruang keluarga8

Kursi ruang keluarga dengan spesifikasi ini diharapkan akan memberi kenyamanan kepada siapapun yang menggunakannya. Rasa nyaman dengan kursi ruang keluarga ini akan memberikan rasa betah berada di dalam ruang dengan desain interior ruang keluarga tersebut. Apalagi dalam desain interior ruang keluarga tersebut menempatkan kursi yang memungkinkan Anda untuk santai bersama keluarga.

Kedua, pilihlah kursi keluarga yang tidak kaku

kursi keluarga dalam desain interior ruang keluarga6

Karenanya meskipun sebuah sofa menurut Anda baik ditempatkan dalam desain interior ruang keluarga namun jika bentuk sofa tersebut kaku, jangan Anda paksakan untuk menempatkan sofa tersebut di dalam desain interior ruang keluarga. Pilihlah kursi ruang keluarga yang empuk tidak kaku tetapi tetap mampu menahan beban.

Meski demikian Anda dapat menjadikan kursi ruang keluarga yang terkesan kaku dengan menempatkan busa di atasnya. Sehingga kesan kaku tersebut akan pudar dengan kehadiran busa yang membuat kursi yang kaku tersebut menjadi empuk dan lembut. Bahkan Anda dapat menyulap kursi kayu bergaya klasik menjadi kursi yang nyaman dalam desain interior ruang keluarga Anda.

Ketiga, pilihlah kursi ruang keluarga yang berbahan empuk dan lembut

kursi keluarga dalam desain interior ruang keluarga3

Kursi ruang keluarga dengan bahan empuk dan lembut ini akan memberikan kenyamanan saat bagian tubuh seseorang menyentuh kursi yang Anda tempatkan dalam desain interior ruang keluarga Anda. Sebaliknya kursi ruang keluarga berbahan kulit yang keras akan menyebabkan Anda merasa panas dan tidak nyaman berada di atas kursi ruang keluarga tersebut.

Keempat, sesuaikan besar dan bentuk kursi dengan ruang
kursi keluarga dalam desain interior ruang keluarga2

Kursi ruang keluarga merupakan salah satu elemen keseluruhan desain interior ruang keluarga. Karenanya pemilihan kursinya pun hendaknya mendukung nuansa atau tema yang akan diusung dalam desain interior ruang keluarga secara keseluruhan. Hindari pemilihan kursi ruang keluarga yang justru akan mengacaukan nuansa yang akan diciptakan.

Kelima, pilihlah warna kursi ruang keluarga yang sesuai dengan tema

kursi keluarga dalam desain interior ruang keluarga4

Orang bilang warna akan memberi banyak pesona. Tetapi warna pula yang akan menciptkan suasana gerah dan panas. Karenanya dalam memilih warna kursi ruang keluarga, pilihlah warna kursi yang dapat memberikan keteduhan dan kehangatan. Warna-warna yang dapat menciptakan kesan tersebut adalah warna-warna netral dan juga warna-warna natural.

Nah, cobalah aplikasikan kursi dengan spesifikasi tersebut di atas dalam desain interior ruang keluarga Anda niscaya kenyamanan dan kehangatan ruangan akan terasa dengan kehadiran kursi ruang keluarga tersebut.