ciptakan perfoma kamar tidur elegan dengan desain interior kamar tidur

Apa jawaban Anda ketika ditanya bolehkah setiap orang masuk ke kamar tidur Anda? Yups, saya yakin seratus persen Anda akan mengatakan tidak. Karena ruangan yang desain interiornya sudah kita rancang sedemikian rupa ini adalah bagian yang memiliki privasi sangat tinggi jika dibanding dengan ruang-ruang lain dalam rumah kita.

Jangankan orang lain anggota keluarga pun tidak akan kita perbolehkan masuk tanpa ijin dari kita. Karenanya desain interior kamar tidur yang kita rancang haruslah sebuah rancangan yang tidak menimbulkan kebosanan mengingat di situlah kita akan mengakhiri hari kita.

Sebenarnya fungsi kamar tidur bukan hanya untuk istirahat saja. Minimal ada dua fungsi yang perlu dicermati agar desain interior kamar tidur yang kita rancang dan terapkan mengarah kepada pencapaian fungsi kamar tidur tersebut. Kedua fungsi kamar tidur tersebut adalah fungsi fisik dan fungsi psikologis.

Desain interior kamar tidur

Fungsi fisik memberikan pemahaman kepada kita bahwa kamar tidur adalah suatu ruangan yang biasanya digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mempunyai tingkat privasi tinggi. Selain mengakomodir barang-barang tersebut, fungsi fisik kamar tidur yang lain adalah sebagai tempat berkegiatan yang juga mempunyai privasi yang tinggi.

Sedangkan fungsi psikologis mengacu kepada terpenuhinya kenyamanan yang maksimal saat semua anggota keluarga membutuhkan rehat di kamar masing-masing. Semua fungsi tersebut membutuhkan desain interior kamar tidur yang benar-benar dirancang dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan dalam mendesain interior kamar tidur. Hal-hal tersebut antara lain:

Pertama, Penggunaan Elemen dalam Desain Interior Kamar Tidur.

Penggunaan elemen dalam mendesain interior kamar tidur perlu Anda perhatikan. Salah satu hal yang mempengaruhi penggunaan elemen ini adalah usaha pemenuhan fungsi psikologis kamar tidur yakni memberikan kenyamanan saat beristirahat. Untuk itu elemen desain interior kamar tidur Anda sebaiknya yang dapat menciptakan ketenangan.

Desain interior kamar tidur5

Kedua, Pewarnaan dalam Desain Interior Kamar Tidur.

Anda tentu setuju kepada saya bahwa sebuah ruangan dengan warna yang ramai tidak akan menjadikan sebuah ruangan tersebut menjadi nyaman untuk beristirahat. Kecuali sebuah kamar yang didesain untuk anak-anak. Warna yang ramai akan memancing kreativitas mereka. Tetapi yang saya maksud kamar tidur di sini bukanlah kamar tidur yang kita sediakan untuk anak-anak.

Desain interior kamar tidur anak, akan kita sampaikan pada postingan berikutnya, Insya Allah. Kembali kepada pewarnaan. Untuk menciptakan suasana nyaman, tenang dan sejuk ada baiknya Anda menggunakan warna-warna pastel atau warna-warna natural. Selain akan menciptakan kesan tenang, warna natural juga akan menciptakan kesan elegan.

Ketiga, pencahayaan dalam Desain Kamar Tidur

Yang perlu diperhatikan dalam masalah pencahayaan dalam desaian interior kamar tidur ini adalah bahwa fungsi kamar tidur tidak hanya untuk tidur saja tetapi untuk aktifitas yang lain juga, yang terkadang membutuhkan pencahayaan yang cukup. Karenanya dalam desain interior kamar tidur ini ada baiknya pencahayaan tidak berasal dari satu sumber.

Selain pencahayaan untuk kepentingan istirahat yang tidak membutuhkan cahaya yang kuat, Anda dapat menempatkan lampu berkap yang dapat kita letakkan di dekat tempat tidur kita sehingga memudahkan kita dalam mematikan dan menyalakan lampu tersebut. Sedangkan untuk aktivitas yang membutuhkan pencahayaan yang kuat Anda dapat menggunakan lampu yang Anda tempel masuk ke plafon atas kamar tidur Anda.

Desain interior kamar tidur4
Keempat, Furniture dalam Desain Interior Kamar Tidur

Dalam pemilihan furniture jika kamar tidur Anda cukup luas, Anda mempunyai kebebasan dan keleluasaan. Tetapi jika kamar tidur Anda minimalis, hendaknya Anda pilih furniture sederhana dalam desain interior kamar tidur Anda. Pemanfaatan dinding secara optimal akan membantu Anda dalam menata kamar tidur Anda.

Misalnya dengan menempatka rak-rak yang menempel di dinding kamar tidur Anda. Tetapi yang harus diperhatikan saat kita akan menghadirkan furniture dalam desain interior kamar tidur Anda adalah keselarasan antara elemen yang satu dengan elemen yang lain dalam kamar tidur tersebut.

Dengan menerapkan hal-hal di atas, semoga desain interior kamar tidur yang Anda rencanakan akan memberikan kenyamanan pada siapa pun yang menggunakan kamar tidur tersebut.