Dapatkah Hunian yang Mewah dan Elegan dengan Desain Interior Bergaya Victorian

Seiring dengan perkembangan jaman, fungsi rumah kini tidak hanya sekedar untuk tempat tinggal tetapi juga digunakan untuk menyegarkan kembali pikiran yang jenuh dengan aktivitas harian. Karenanya, dibuatlah desain interior yang mampu memenuhi fungsi tersebut.

desain interior gaya victoria 7

Orang pun kemudian mencoba mendesain interior rumah mereka dengan menonjolkan nilai estika dalam desain interior rumahnya. Bahkan, untuk kepentingan tersebut seseorang tidak segan-segan merogoh koceknya demi mendapatkan tema desain interior rumah yang nyaman, elegan dan mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Salah satu gaya desain interior rumah yang sering diaplikasikan untuk memenuhi fungsi tersebut adalah desain interior rumah gaya Victorian. Gaya desain interior yang mempunyai ciri khas klasik ini banyak dipengaruhi oleh sentuhan-sentuhan klasik yang diambil dari zaman kerajaan Inggris. Kesan mewah, semangat, optimis yang elegan mampu diciptakan oleh desain interior gaya Victorian ini.

desain interior gaya victoria 9

Nama Victoria sendiri diambil dari Ratu Victoria yang memerintah sejak tahun 1837 – 1901. Pada saat itu desain interior gaya Victoria sempat menjadi tren. Dahulu, Gaya Victoria merupakan perpaduan antara desain tradisional dan kontemporer modern. Elegan dan kemewahannya menjadikan banyak orang yang ingin mengaplikasikan gaya tersebut dalam desain interior rumahnya.

Gaya Victorian mirip dengan gaya klasik. Keklasikkannya bisa dikenali dari perabot yang ada termasuk elemen lain dekorasi. Sebuah ruangan yang didesain dengan gaya Victoria mampu memberi kesan semangat dan optimis dan elegan.

desain interior gaya victoria 13

Selain itu gaya ini juga sangat adaptif, dapat dengan mudah disesuaikan dengan perkembangan, bahkan hingga hari inipun banyak hunian atau rumah yang mengaplikasikan gaya ini dalam desain interiornya.

Jika Anda tertarik untuk mendesain interior rumah Anda dengan desain interior gaya Victoria, beberapa hal yang menjadi ciri khas gaya berikut dapat Anda simak.

Pengaplikasian Pola

Setiap gaya dalam desain interior, pasti mempunyai ciri khas atau sesuatu yang ditonjolkan. Desain interior gaya Victoria mempunyai kecenderungan mengaplikasikan pola-pola tertentu yang ditonjolkan secara jelas dan tegas. Elemen dekorasi yang kompleks dengan tekstur atau pola flora dan fauna menjadi suatu hal yang wajib dan tidak bisa ditinggalkan. Pola-pola tersebut dapat diaplikasikan pada dinding dengan model pengecatan stensil, wallpaper, kain maupun karpet.

desain interior gaya victoria 2

Selain pola flora dan fauna, pola-pola geometris serta garis-garis juga sering diaplikasikan dalam ruangan dengan desain interior bergaya Victoria. Kesan yang ditimbulkan dari pola geometris dan garis-garis ini adalah ketegasan dan kesan optimis dan elegan. Pola geometris dan garis inipun dapat diaplikasikan pada dinding, karpet atau pada sebagin sisi sebuah ruangan.

Permainan Warna

Warna akan mampu memberi kesan seribu makna. Demikian ungkapan yang sering kita dengar. Ungkapan ini menunjukkan betapa pentingnya warna dalam desain interior, termasuk dalam desain interior bergaya Victoria.

desain interior gaya victoria 19

Ada beberapa warna yang sering diaplikasaikan dalam desain interior bergaya Victoria. Warna-warna yang sering diaplikasikan dalam desain interior bergaya Victoria ini lebih banyak warna-warna tersier klasik yang glamour. Hal itu sengaja digunakan untuk menciptakan kesan mewah dan elegan.

Warna-warna tersebut dibuat dengan cara mencampurkan dengan konsentrasi yang sama antara warna primer dengan warna sekunder. Campuran warna itu akan menghasilkan beberapa warna, seperti mahogany brown, merah anggur, plum, mustard kuning, emas, sage, zaitun hijau, hijau tua, ungu, cokelat, marun, dan lavender.

Ukuran Area Rumah atau Ruangan

Memang desain interior gaya Victoria ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah atau ruangan yang luas. Hal ini disebabkan karena furniture yang digunakan serta aksesoris yang diaplikasikan sering berukuran besar. Misalnya, ukuran pintu yang tinggi, model jendela yang selalu berpintu dobel. Bahkan, elemen-elemen ataupun ornamen yang dipilihpun biasanya berukuran besar.

desain interior gaya victoria 20

Selain itu ruangan yang luas ini sangat membantu menciptakan kesan megah. Karenanya, biasanya desain interior bergaya Victoria ini sering pilih oleh seseorang yang mempunyai keluarga besar dan bukan orang yang sering berpindah-pindah rumah.

Pemilihan Furniture

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa desain interior rumah bergaya Victoria lebih banyak mengaplikasikan perabot-perabot klasik dan mewah dan mahal. Namun, ada tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan furniture yang terkesan antik dan mewah tersebut.

Jika Anda mempunyai furniture jadul atau lama yang terkesan unik, Anda dapat mempoles warna furniture tersebut dengan polesan warna coklat tua. Jika Anda tidak mempunyai perabot tersebut, Anda dapat mencarinya di pasar antik sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang relative lebih murah.

desain interior gaya victoria 4

Selain warna coklat tua, Anda juga dapat mengaplikasikan warna emas atau perak pada beberapa elemen interior lainnya, seperti pada lampu Kristal, frame lukisan atau foto dan sebagainya.

Demikian beberapa hal yang dapat Anda jadikan referensi ketika Anda ingin mencoba mendesain ruangan Anda dengan desain interior gaya Victorian. Mungkin Anda bertanya, bagaimana jika ruangan minimalis tetapi ingin menerapkan gaya Victorian? Untuk mengetahui hal itu, ikuti terus informasi di interdesain.com