Dengan 3 Langkah Ini, Anda Dapat Mendesain Rumah Sendiri

Membuat rumah tentu tidak bisa terlepas dari perencanaan. Jasa arsistek menjadi salah satu pilihan untuk mengerjakan pembuatan desain rumah. Tentu saja jika Anda menggunakan jasa arsistek Anda harus mengeluarkan biaya yang kadang tidak sedikit. Jika demikian mengapa Anda tidak mencoba mendesain rumah Anda sendiri.

Anda ndak usah khawatir untuk memulainya. Beberapa hal berikut perlu Anda pelajari jika memang Anda ingin membuat rumah dengan desain sendiri. Pasti, ada kepuasan dan kebanggaan ketika Anda bisa menumpahkan ide atau gagasan ke dalam desain sebuah rumah kemudian Anda realisasikan desain rumah tersebut dengan mewujudkannya.

Mencari Referensi

Jika Anda sudah mempunyai inspirasi rencana rumah yang akan Anda bangun, Anda bisa pertajam inspirasi itu dengan melihat lihat contoh desain rumah yang bisa Anda temukan di internet atau di toko-toko buku.

trend desain rumah 2018

Salah satu blog yang dapat Anda jadikan, referensi interdesain.com. Di blog tersebut Anda bisa menemukan desain rumah baik yang minimalis maupun yang maksimalis. Selain itu, Anda juga dapat menemukan bagaimana merancang desain interior rumah dengan berbagai gaya. Bahkan tips dan trik agar rumah menjadi nyaman dan menenteramkan juga dapat Anda temukan di interdesain.com

tren desain rumah 2018

Dengan melihat contoh contoh desain rumah yang ada, Anda bisa mulai merancang bentuk dan bagian bagian apa saja yang harus ada dalam rumah. Kemudian Anda bisa menuangkan apa yang ada dalam pikiran Anda menjadi sebuah sketsa rumah.

Menentukan Ruang

Tentu sebuah rumah tidak hanya terdiri dari ruangan kotak polos tanpa sekat. Maka setiap rumah tentu akan terbagi menjadi ruangan-ruangan. Ruang apa saja yang harus ada dalam sebuah rumah sangat tergantung dengan kebutuhannya. Anda bisa mengklasifikasikan kebutuhan ruang menjadi wajib dan tidak wajib. Sehingga Anda bisa memetakan ruang yang harus ada dengan luas bangunannya.

Berapa kamar tidur, berapa luas ruang keluarga, ruang tamu, dapur, kamar mandi, garasi merupakan ruang ruang yang perlu Anda pertimbangkan. Apakah setiap kamar harus ada kamar mandi ataukah kamar mandi akan diletakkan di sebuah ruang yang bisa diakses oleh semua anggota keluarga juga perlu Anda pertimbangkan.

Semua pertimbangan tersebut salah satu hal yang mendasarinya adalah jumlah keluarga. Kebutuhan ruangan tentu berbeda antara keluarga besar dengan keluarga kecil.

Membuat Sketsa Rumah

Setelah referensi diperoleh, kebutuhan ruang juga sudah Anda tentukan mulailah dengan membuat sketsa rumah. Kertas milimeter block akan sangat membantu Anda dalam membuat sketsa rumah. Terutama saat Anda ingin menarik garis dengan skala yang sesuai dengan yang diinginkan.

Jika sketsa rumah sudah selesai, Anda bisa membuat denah ruangan. Pada denah ruangan ini tergambarkan jumlah dan letak dari ruang ruag yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal yang penting dalam membuat denah ruang ini adalah pertimbangan luas sempitnya sebuah ruangan, tentu saja hal ini memerlukan menyekalaan yang tepat.

Dengan demikian jadilah desain rumah Anda lengkap dengan jumlah ruang beserta ukuran dan letak letaknya. Kepuasaan mempunyai rumah dengan desain sendiri sangat mahal harganya. Maka jangan sia-siakan kesempatan itu. Semoga rumah yang Anda buat benar benar menjadi rumah yang menyenangkan dan menenteramkan.