Desain Interior Dapur Bergaya Skandinavia, Indah dan Mewah

Dapur Bergaya Skandinavia – Bagi sebagian besar ibu rumah tangga, memasak menjadi aktivitas wajib setiap harinya. Dimulai dari menyiapkan teh panas di pagi hari kemudian menyiapkan berbagai masakan untuk keluarga adalah pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Berada di dapur dengan demikian tak dapat dihindari, meskipun Anda seorang wanita karir.

Ruang dapur bergaya skandinavia 4

Karenanya, menjadikan aktivitas di dapur sebagai aktivitas yang menyenangkan menjadi suatu keniscayaan.
Jika Anda sependapat dengan hal tersebut di atas, tentu desain ruang dapur perlu Anda perhatikan bahkan prioritaskan sehingga kenyamanan saat berada di ruang dapur dapat Anda rasakan. Desain interior ruang dapur bergaya skandinavia menjadi salah satu gaya yang direkomendasikan untuk hal itu.

Ruang dapur bergaya skandinavia dan vintage

Mengapa? Barangkali ini pertanyaan Anda. Ya, gaya skandinavia ini sangat simpel tetapi mampu memberikan suasana segar dan homy pada ruang dapur Anda. Warna cerah yang mampu membiaskan cahaya menjadikan ruang dapur terlihat bersih dan rapi. Apalagi diimbangi dengan pemilihan dan penataan furniture yang tepat dapat menciptakan kesan mewah pada tampilan ruang dapur Anda.

Berikut beberapa dapur yang mengaplikasikan gaya skandinavia pada desain interiornya. Anda dapat menjadikannya sebagai inspirasi dan referensi untuk penataan ruang dapur Anda. Yakinlah, bahwa gaya skandinavia ini dapat Anda aplikasikan dalam dapur Anda baik pada ruangan dapur minimalis maupun maksimalis.
Ruang Dapur Minimalis

Ruang dapur bergaya skandinavia 2

Meski ruang dapur tidak terlalu luas, tetapi masih tetap ada space yang memperlancar gerak dalam dapur bergaya skandinavia ini. Warna putih pada dinding, kabinet serta meja makan menjadikan dapur ini terlihat simpel dan lembut.

Sementara itu lantai yang bermaterial kayu menjadikan paduan putih dan coklat alami warna kayu menjadikan dapur menjadi tampak lebih hidup dan tidak pucat. Apalagi dengan hadirnya tanaman-tanaman kecil dalam ruangan itu memberikan kesan natural pada suasana dapur.

Kondisi dapur juga nampak lebih luas dengan adanya bukaan pada jendela pada sisi dinding yang menjamin pencahayaan dalam ruang dapur tersebut. Apalahi dengan diaplikasikannya kaca besar di sisi dinding yang lainnya. Karpet dengan pola garis dengan warna hitam juga ikut menjadikan ruang dapur ini lebih asik.

Dominasi Material Kayu pada Ruang Dapur Bergaya Skandinavia

Ruang dapur bergaya skandinavia 3

Gaya skandinavia selain putih menjadi ciri khasnya, material kayu juga sering digunakan untuk menampilkan kesan skandinavianya. Pada gambar di atas, paduan warna putih pada sebagian dinding dan warna kayu yang diaplikasikan pada sisi dinding yang lain menjadikan ruang dapur tersebut menjadi nampak lebih natural.

Penempatan dan pemilihan furniture yang mengutamakan fungsi daripada dekorasi menjadikan tampilan ruang dapur tersebut simpel namun terlihat bersih dan rapi. Sementara itu pengaplikasian lantai kayu yang berpadu dengan meja dan sebagain sisi dinding ruang dapur itu memberi kesan keseimbangan yang terjaga.

Sementara itu beberapa benda dekoratif yang diletakkan pada bibir jendela yang besar membuat ruang dapur ini menjadi lebih artistik. Cahaya dan suasana luar yang terbawa di dalam ruang dapur lewat bukaan yang berupa jendela ini menjadikan seseorang tidak bosan berada di dalam dapur karena masih dapat memanjakan matanya dengan pemandangan yang dapat dilihatnya lewat kaca jendela.

Aksen Lampu Gantung pada Desain interior Ruang Dapur Bergaya Skandinavia

Ruang dapur bergaya skandinavia dengan bukaan

Begitu Anda masuk dalam dapur seperti terlihat di atas, mata Anda akan segera menangkap cantiknya lampu gantung yang dipasang tepat di atas meja makan. Warna merah maroon sangat sesuai dengan keseluruhan warna yang diaplikasikan dalam ruang dapur bergaya skandinavian tersebut. Warna-warna tersebut mengalir menjadi sebuah gradasi antara ruang udara, dinding, serta lantainya.

Warna kabinet dipilih agar memberi kesan gradasi juga dari lantai, kabinet ke dinding ruang dapur tersebut. Kesan luas selain disebabkan oleh tersedianya space kosong yang membantu memperlancar gerak di dalam ruang tersebut, juga tercipta dengan adanya bukaan yang memungkinkan cahaya dan udara masuk dalam ruang dapur. Sehingga ruangan menjadi terasa luas, nyaman dan juga indah.

Keindahan dalam ruang dapur bergaya skandinavia itu terlihat dari bentuk kursi dan meja makan yang unik dan artistik. Selain itu dibantu dengan adanya tumbuhan dalam pot yang menghadirkan warna hijau segar dalam ruangan.

Kesan Klasik pada Ruang Dapur Bergaya Skandinavia

Ruang dapur bergaya skandinavia dengan dinding batik sebagai dekorasi

Meskipun ruangan sempit tetapi ruang dapur bergaya skandinavia ini terlihat longgar. Selain itu warna putih yang mendominasi dinding dan kabinet serta lantai ruangan, membuat dapur terlihat bersih dan rapi. Sementara itu sisi dinding yang terbuat dari wallpaper bermotif batik menjadi aksen tersendiri pada dapur tersebut.

Selain kesan artistik, kesan klasik juga dikuatkan oleh adanya nuansa batik dalam ruang dapur bergaya skandinavia tersebut. Apalagi furniture berbahan kayu dengan lengkung-lenkung pada sisi-sisinya, menyebabkan kesan klasik pada ruang dapur bergaya skandinavia itu bertambah kuat.

Paduan Warna Hitam-Putih-Coklat pada Ruang Dapur Bergaya Skandinavia
Ruang dapur bergaya skandinavia tembok bertekstur

Warna putih yang menjadi warna skandinavia memang mudah dan cocok dipadukan dengan warna lainnya. Seperti pada gambar di atas. Warna putih yang mendominasi warna dinding, langit-langit ruang dapur dipadu dengan warna abu-abu pada kabinet kemudian warna hitam pada table island menciptakan gradasi warna yang bukan saja indah tetapi mampu memberi kesan mewah pada ruangan.

Kemudian di bagian sisi kanan terpasang seperangkat meja makan dengan warna putih dan coklat baik pada kursi maupun karpetnya membuat nuansa dapur menjadi hangat. Suasana hangat itu diperkuat oleh lantai bermaterial kayu dengan warna alami. Rupanya warna lantai ini sesuai sekali jika disambungkan dengan warna coklat pada karpetnya. Sebuah pengaturan gradasi warna yang sempurna, bukan ramai tetapi seimbang dan menghangatkan.

Itulah beberapa desain ruang dapur bergaya skandinavia yang dapat Anda jadikan sebagai referensi jika Anda akan mengaplikasikan gaya skandinavia pada desain interior dapur Anda.