Desain Interior Gaya Bohemian, Berantakan Namun Tetap Indah dan Nyaman Dinikmati

Desain interior dengan gaya bohemian awalnya jarang digunakan. Gaya bohemian memang awalnya banyak dipakai pada fashion. Namun, kini desain interior bergaya bohemian mulai banyak digunakan. Hal itu seiring dengan perkembangan jaman dimana kebebasan menjadi suatu yang sangat disukai. Bukan hanya dalam memilih pakaian dan desain interior rumah, bahkan untuk semua aktivitas kehidupan kebebasan banyak dicari.

desain interior gaya bohemian 5

Salah satu gaya desain interior yang mengedapankan kebebasan berekspresi ini adalah gaya bohemian. Gaya bohemian sendiri merupakan perpaduan antara gaya vintage dengan gaya shabby chic. Tidak ada tatanan baku dalah memadukan kedua gaya tersebut hingga tercipta gaya bohemian. Meski menonjolkan kebebasan dalam menata dan memilih elemen interior, ada beberapa komponen penting yang menjadi cirri khas desain interior bohemian yang tidak boleh ditinggalkan.

Letakkan Tanaman dalam Ruangan

desain interior gaya bohemian 2

Tanaman dalam ruangan menjadi ciri khas dari desain interior bohemian. Anda dapat menggunakan tanaman dalam wadah kaca (tetarium), jika ruangan Anda tidak begitu besar. Namun jika ruangan cukup luas, Anda bisa menempatkan vertical garden atau taman vertikal pada ruangan tersebut. Selain menambah kesejukan dan keteduhan ruangan juga akan semakin terasa dengan berbagai keunikan.

Aneka Warna Cerah

desain interior gaya bohemian 6

Warna-warna terang seperti pink, merah, turquoise merupakan warna-warna terang yang sering digunakan dalam sebuah ruangan. Dengan latar warna putih dan elemen yang penuh dengan motif menjadikan ruangan terlihat astistik dan member kesan ceria.

Selain itu berbagai pola sering diaplikasikan dalam satu ruangan sehingga tabrak pola sangat jelas terlihat. Meskipun demikian, tetap saja desain interior bergaya bohemian yang diaplikasikan dalam sebuah ruangan ini nyaman dan menyenangkan.

Penempatan Kursi Rendah

desain interior gaya bohemian 17

Kesan santai dan akrab memang menjadi ciri khas dari gaya bohemian. Kesan ini dapat Anda munculkan dengan tempat duduk yang rendah, atau bahkan Anda sediakan area lesehan dalam ruangan. Untuk kenyamanan bersantai bantal dengan warna dan motif yang beragam dapat Anda tambahkan. Untuk menempatkan buku-buku koleksi Anda, meja kecil rendah juga dapat Anda taruh dalam ruangan tersebut.

Membiarkan Kain Menjuntai
desain interior gaya bohemian 3

Jika Anda mempunyai kain yang cukup panjang, Anda dapat meletakkannya di suatu tempat kemudian biarkan kain tersebut menjuntai. Kain yang menjuntai ini akan memberikan kesan lembut dan ramah pada penghuninya. Selain itu nilai estetika juntaikan kain tersebut menjadikan ruangan tidak kaku.

Furniture yang Sederhana

desain interior gaya bohemian 7

Gaya bohemian termasuk gaya yang tidak menonjolkan kesan mewah. Sehingga pemilihan dan penggunaan furniture nya pun lebih banyak yang sederhana. Bahkan asesoris yang digunakan terkadang sering dibuat dari bahan-bahan yang sudah tidak digunakan lagi, seperti,  stoples, kardus bekas, tutup botol dan sebagainya. Benda benda tersebut kemudian dikolaborasikan hingga tercipta desain interior bohemian yang member kesan chic yang cantik.

Penggunaan Lampu yang Berwarna-warni

desain interior gaya bohemian 9

Pencahayaan menjadi elemen penting dalam desain interior gaya bohemian. Bahkan tidak hanya bohemian, pencahayaan juga menjadi elemen penting gaya yang lainnya. Untuk itu, Anda dapat mengaplikasikan jendela kaca yang cukup besar hingga memberi keleluasaan cahaya natural masuk ke dalam ruangan Anda.

Selain itu, adanya kaca yang besar ini dapat dijadikan sarana untuk mengintegrasikan bagian luar ruangan dengan bagian dalam rumah. Pengaplikasian lampu yang berwarna-warni juga akan mempercantik ruangan, terutama pada malam hari. Lentera dengan motif unik dan artistic salah satu elemen yang sering digunakan dalam gaya bohemian. Anda pun dapat mengaplikasikan chandelier untuk mempermanis ruangan.

Optimalisasi Dinding

desain interior gaya bohemian 1

Dinding menjadi area yang dapat Anda jadikan daya tarik tersendiri dalam bohemian. Anda dapat menempatkan beberapa aksesoris yang berfungsi sebagai dekorasi pada dinding. Materialnya pun dapat Anda temukan dari beberapa bahan dari rumah Anda, seperti nampan, stoples, piring bahkan beberapa sampul majalah yang sudah tidak terpakai dapat Anda gunakan untuk mempercantik ruangan.

Yang perlu Anda perhatikan adalah komposisi bentuk dan warna apapun yang akan Anda aplikasikan. Hal ini untuk menghindari kesan berantakan dan norak, meskipun kesan berantakan menjadi ciri khas bohemian. Tetapi berantakan yang tercipta dari sebuah gaya bohemian tetap harus bisa dinikmati keindahannya.

Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan dinding. Selain dengan menempelkan beberapa aksesoris di atas, Anda juga dapat mengecatnya dengan pola seperti papan catur atau buatlah lukisan besar yang cukup mencolok dengan pola vintage atau tokoh orang pada zaman dulu.

Karpet Pelapis Lantai
desain interior gaya bohemian 8

Karpet yang melapisi lantai ini dimaksudkan untuk menciptakan suasana santai. Obrolan bisa dilakukan di ruangan ini. Pilihlah lantai berbahan kayu, atau jika sudah terlanjur ada keramik di lantai Anda, lapisi lantai tersebut dengan vinil bertekstur kayu sehingga kesan natural terasa dalam ruangan tersebut. Setelah itu lapisi lantai tersebut dengan karpet yang dengan tekstur polos maupun bermotif.

Jika diperhatikan uraian dari atas tadi, terlihat bahwa desain interior bergaya bohemian ini sebuah gaya interior yang menonjolkan unsure kebebasan dan tidak beraturan. Jadi apapun yang akan Anda aplikasikan, semua terserah Anda. Anda mempunyai hak untuk mengeksploitasi daya imajinasi dan seni Anda dalam gaya bohemian. Selamat mencoba.

Berikut referensi desain interior gaya bohemian:

desain interior gaya bohemian 4