desain interior kamar mandi yang sehat, nyaman dan aman untuk keluarga

Sebuah ruangan dalam rumah yang hampir seisi rumah menggunakannya adalah kamar mandi. Kenyamanan saat melakukan aktivitas di kamar mandi sangat ditentukan oleh apiknya desain interior kamar mandi. Selain itu kebersihan dari sebuah kamar mandi juga akan memberikan kenyamanan kepada siapapun yang menggunakan ruangan itu.

Jika Anda baru akan membuat kamar mandi, hendaknya desain interior kamar mandi dapat Anda rancang sedemikian rupa sehingga orang akan betah dan nyaman saat harus berada di kamar mandi. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat akan membuat kamar mandi adalah adanya ruangan terpisah, yakni area basah dan area kering.

desain interior kamar mandi yang sehat, aman dan nyaman untuk keluarga13

Dua area dalam desain interior kamar mandi ini mempunyai fungsi yang berbeda. Area basah yang di dalamnya terdapat shower, bak mandi dan perlengkapan mandi berfungsi untuk mandi sedangkan area kering yang di dalamnya terdapat wastafel biasanya digunakan untuk berdandan setelah mandi, menyikat gigi dan sebagainya.

Kedua area ini harus dijaga kebersihannya sehingga menjadikan kamar mandi tersebut nyaman dan aman serta terbebas dari berbagai hal yang dapat menjadi penyebab tersebarnya penyakit. Karenanya dalam mendesain interior kamar mandi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tujuan Anda mendesain interior kamar mandi tercapai.

Pertama, ukuran luas kamar mandi

desain interior kamar mandi yang sehat, aman dan nyaman untuk keluarga7

Dalam mendesain interior kamar mandi, ukuran menjadi hal yang pertama harus Anda perhatikan. Alasannya adalah luas ruangan tersebut akan menentukan berbagai elemen yang akan Anda tempatkan di dalamnya. Jika kamar mandi Anda luas Anda mempunyai kebebasan dalam memilih dan menempatkan elemen desain interior kamar mandi Anda.

Namun, jika kamar mandi Anda tidak terlalu luas, Anda harus mempertimbangkan dengan masak saat akan menempatkan dan memilih elemen desain interior kamar mandi. Jangan sampai kamar mandi yang sempit menjadi lebih sempit dengan kehadiran elemen-elemen desain interior kamar mandi yang Anda pilih.

Kedua, sirkulasi udara

desain interior kamar mandi yang sehat, aman dan nyaman untuk keluarga2

Sirkulasi udara juga sangat penting diperhatikan dalam desain interior kamar mandi. Karena sirkulasi udara yang terjaga sangat penting bagi kesehatan, apalagi saat seseorang berada di dalam kamar mandi. Di samping itu kamar mandi juga akan terhindar dari lembab sehingga dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.

Ketiga, pencahyaan yang cukup

desain interior kamar mandi yang sehat, aman dan nyaman untuk keluarga4

Seperti halnya sirkulasi udara yang terjaga, pencahayaan yang baik akan menjadi kesatuan yang padu dengan desain interior kamar mandi yang memperhatikan sirkulasi udara. Pencahayaan ini dapat Anda hadirkan secara alami dengan sinar matahari atau dengan memasang lampu dalam desain interior kamar mandi.

Keempat, penempatan elemen interior
desain interior kamar mandi yang sehat, aman dan nyaman untuk keluarga

Ketika desain interior kamar mandi Anda sudah mempunyai dua area, penempatan elemen interior tentu jauh lebih tertata dan terencana sehingga hal ini akan memudahkan Anda dalam menempatkannya. Untuk area kering disarankan Anda letakkan di bagian depan. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak perlu masuk di area kering saat hendak mencuci tangan atau sekedar sikat gigi.

Kelima, perhatikan material

desain interior kamar mandi yang sehat, aman dan nyaman untuk keluarga6

Meski ada area kering dan basah sebaiknya ketika memilih bahan untuk lantai, usahakan material yang digunakan material yang tidak licin. Gunakan keramik yang mudah dibersihkan dari sabun atau kotoran yang menempel. Sedangkan untuk shower dan kran pilihlah yang terbuat dari stainless steel untuk menghindari karat.

Keenam, pemilihan warna

desain interior kamar mandi yang sehat, aman dan nyaman untuk keluarga3

Terakhir yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan warna. Warna yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior kamar mandi Anda tentu warna yang sesuai dengan keluarga dan juga yang sesuai dengan keseluruhan tema desain interior rumah Anda. Karena setiap warna mempunyai karakter dan kesan yang berbeda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan referensi saat hendak mendesaian interior kamar mandi Anda. Tujuan dari semuanya adalah menciptakan desain interior kamar mandi yang sehat, nyaman dan aman. Dalam postingan hal penting lain dalam mendesain interior kamar mandi Anda akan mendapatkan informasinya secara menyeluruh.