desain interior rumah gaya shabby chic yang klasik, unik dan artistik

Setelah gaya vintage, kini trend gaya desain interior rumah yang semakin banyak diminati adalah gaya shabby chic. Desain interior shabby chic sendiri sebenarnya gaya desain interior yang berasal Inggris yang berkembang pada abad ke 19. Kata shabby chic jika dilihat dari asal usul katanya berasal dari kata shabby yang bermakna lusuh dan shic yang berarti gaya. Sehingga kalau dipadukan gaya desain interior shabby chic adalah gaya desain interior yang lusuh, lama namun tetap trendi bergaya.

Intinya, Shabbychic adalah atu dari berbagai ragam alliran dalam desain interior yang menekankan pada elemen desain interior yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak kusam dan seperti belum selesai dikerjakan. Akan tetapi, pekerjaan tersebut menghasilkan elemen desain interior yang tampak klasik, unik dan artistik.

shabby chic 2

Karenanya, salah satu karakteristik dari desain interior bergaya shabby chic ini adalah elemen-elemen desain yang menunjukkan usia jadul dengan menonjolkan keausannya namun dibuat sedemikian rupa sehingga kesan klasik, unik dan artistik menonjol pada desain interior bergaya shabby chic. Keausan dan kesan unfinished yang ditonjolkan dalam desain interior gaya shabby chic inilah yang barang kali penyebab gaya shabby chic disebut sebagai gaya yang ever lasting.

Karakteristik aus, unik nan artistik ini dapat dilihat dari elemen-elemen desain interior yang dipusatkan pada pekerjaan refurnish terhadap elemen-elemen yang telah jadul dan usang sehingga terlihat unik, artistik dan bergaya. Keartistikan barang-barang tersebut dapat diciptakan dengan warna-warna yang memberi kesan feminin.

shabby chic

Ada banyak varian dari gaya shabby chic. Varian tersebut antara lain gustavian, french country, beach cottage chic dan cottage chic. Anda dapat mengaplikasikan varian-barian tersebut dalam desain interior rumah Anda sehingga gaya shabby chic akan Anda dapatkan. Dan Anda akan melihat betapa desain interior shabby chic itu akan membawa suasana hati Anda pada waktu-waktu yang telah lalu.

Untuk mendapatkan kesan kusam dan aus pada desain interior rumah, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan. Dengan menerapkan tips berikut diharapkan, Anda dapat menghemat biaya dan waktu, karena sebenarnya gaya shabby chic ini dapat Anda daptkan dari barang-barang lama yang Anda sulap menjadi barang-barang bergaya.

Pertama, cari furniture di pasar loak

shabby chic ruang keluarga 2

Barang-barang atau furniture yang jadul yang akan Anda jadikan sebagai elemen dari desain interior bergaya shabby chic dapat Anda temukan di pasa loak atau toko barang antik. Atau kalau Anda punya waktu yang longgar Anda dapat pergi ke desa-desa untuk mendapatkan furniture yang klasik atau jadul tersebut. Kalau itu Anda rasa ribet, Anda dapat mencarinya di toko-toko online.

Pilih dan carilah barang jadul yang masih dapat dipergunakan. Syarat masih dapat dipergunakan tentunya, kuat tidak lapuk. Apalagi jika Anda bisa mendapatkan barang berbahan kayu jati, tentu akan lebih bagus lagi. Jika ada barang yang mempunyai cacat pada lapisan cat yang alami, ini justru akan membantu Anda merefurnish barang tersebut, sehingga kesan kusam, jadul terlihat di sana.

Kedua, kreasikan kemampuan Anda pada barang jadul

shabby chic ruang tamu 3

Maksud point kedua ini adalah, jika Anda memunyai ide atau gagasan untuk menyulap barang jadul sehingga dapat match dengan gaya shabby chic kenapa hal itu tidak Anda wujudkan? Sebagi gambaran, Anda dapat mengecat ulang barang jadul tersebut dengan beberapa lapisan warna, kemudian kreasikan motif dengan cara mengamplas pada bagian tertentu sebelum cat lapisan terakhir Anda aplikasikan. Anda pun dapat menggunakan warna cat rumah yang disesuaikan dengan gaya shabby chic.

Ketiga, tambahkan elemen vintage

shabby chic dapur

Sekali lagi Anda mungkin tidak harus membeli furniture atau elemen dekorasi baru untuk menghadirkan gaya shabby chic dalam desain interior rumah Anda. Furniture jadul yang Anda miliki dapat Anda optimalkan untuk mendukung gaya shabby chic yang akan aplikasikan dalam desain interior rumah Anda. Anda dapat menempatkan cermin antik, meja kayu ataupun koleksi porselen bermotif tumbuh-tumbuhan dalam desain interior rumah Anda.

Tentu selain tiga hal itu Anda pun dapat lebih mengeksplorasi kemampuan Anda dalam mendesain interior rumah. Yakinlah keberhasilan Anda mendesain rumah Anda akan menjadi kepuasan bukan hanya pada diri Anda tetapi juga kepada keluarga Anda bahkan kepada semua orang yang sering berada dalam rumah Anda.