Desain Interior Tema Art Deco Ciptakan Keserasian, Keindahan dan Kemewahan

Desain Interior Tema Art Deco – Salah satu gaya desain interior yang mempunyai unsur seni tinggi adalah art deco. Sebenarnya Art Deco tidak hanya diterapkan pada desain interior rumah. Art deco merupakan sebuah gaya seni yang banyak diterapkan dalam berbagai bidang, misalnya eksterior, interior. Art deco sendiri merupakan gaya arsitektur rumah yang menekankan pada keleluasaan kreasi dan imajinasi dengan menekankan pada dekorasi baik dekorasi dinding, lantai bahkan sampai furniture.

desain interior tema art deco

Gaya Art Deco lahir setelah perang dunia 1 yakni tahun 1925 di sebuah konferensi l’Exposition Internationale des Arts Decoratifs Industriels et Modernes yang diadakan di Paris, Perancis. Kehadiran gaya desain ini dianggap fungsional, modern dan sangat anggun pada waktu itu. Gaya Art Deco ini sangat terkenal dan populer antara tahun 1920 an sampai 1930 an.

Dalam perkembangannya arsitektur art deco memengaruhi desain interior yang menekankan pada estetika dan dekorasi murni. Gaya art deco ini banyak diaplikasikan pada pada aliran modern seperti Konstruktivisme, Kubisme dan Futurisme.

Ciri-ciri Desain Interior Tema Art Deco

desain interior tema art deco modern

Salah satu ciri dari desain interior gaya art deco ini adalah kesan abstrak yang diciptakan. Karenanya, kemampuan memadukan berbagai bentuk ornamen, warna dan tekstur yang kontras sangat dituntut. Hal itu tentu saja tidak mudah karena perpaduan tersebut harus menghasilkan keseimbangan dan keserasian.

Keserasian dan keseimbangan itulah yang akan menciptakan rumah dengan gaya art deco ini menjadi indah, nyaman, mewah dan elegan. Bentuk- bentuk yang sering diaplikasikan pada desain interior bertema art deco antara lain trapezoid, zig-zag, geometri.

desain interior tema art deco klasik

Selain bentuk, permainan warna juga menjadi ciri lain dari tema art deco. Penggunaan warna-warna kontras dalam sebuah ruangan akan memberi kesan tersendiri ruangan tersebut. Padu padan warna kontras tersebut menciptakan irama kehidupan dalam ruangan itu. Sehingga ruang menjadi nampak dinamis, serasi dan seimbang.

Sementara itu pada bagian perabotnya, desain interior tema art deco ini menampilkan kelenturan dan elastisitas yang menonjol. Meskipun demikian, desain interior tema art deco ini tetap mampu menampilkan kesan denamis dan kreatif yang tinggi.

Bahkan, desain interior tema art deco dianggap mampu mewakili kemodernan sebuah desain rumah. Hal ini disebabkan karena selain menerima ornamen histori, desain interior tema art deco ini juga mengadopsi pengaruh aliran desain interior yang sedang berkembang pada zamannya. Sehingga di setiap waktu desain interior tema art deco ini akan selalu pas diaplikasikan.

pemilihan warna desain interior tema art deco ruang keluarga

Sebagai sebuah aliran desain interior yang menonjolkan nilai estetika tinggi, desain interior tema art deco lebih menekankan pada dekorasi ruang, mulai dari dekorasi dinding, lantai, perabot dengan menekankan bentuk geometri, ornamen, tekstur, warna serta simbol yang berbeda-beda.

Material yang Digunakan dalam Desain Interior Tema Art Deco

desain interior tema art deco pada dapur

Untuk mendesain interior dengan tema art deco ada banyak material yang dapat digunakan. Keanekaragaman material seperti logam, kayu dan kaca pada interior akan dapat memperjelas aksen gaya art deco. Bahkan padu padan tiang beton dengan kayu menciptakan struktur dan komposisi interior yang serasi.

Selain logam, kayu dan kaca material lain yang juga sering digunakan dalam desain interior tema art deco adalah material plastik. Aneka material yang digunakan tersebut bertujuan untuk menciptakan keserasian dan simetrisitas dekorasi ruangan yang diciptakan. Sehingga kesan ceria namun tidak arogan akan terasa dalam ruangan yang didesain dengan gaya art deco.

desain interior tema art deco material

Selain itu, dari sisi arsitekturnya, rumah bergaya art deco juga ditunjukkan melalui penggunaan material, seperti aluminium, stainless steel, kaca, kayu, dan batuan alam. Material tersebut memang merupakan bagian dari ornamen bangunan bergaya art deco.

Semua desain rumah yang mengusung konsep art deco tersebut diwujudkan dengan pemilihan warna mencolok, perbandingan yang tidak biasa, material yang baru, serta elemen dekorasi yang menawan. Sehingga benar-benar hasilnya pun akan mengagumkan.

Warna dalam Desain Interior Tema Art Deco

pemilihan warna desain interior tema art deco

Penerapan warna pada desain interior tema art deco sangat luar biasa. Tidak ada batasan warna apa yang pas untuk desain interior tema art deco ini. Seseorang diberi kebebasan yang sebebas-bebasnya dalam memilih warna.

Namun satu yang dituntut dalam desain interior tema art deco ini, yaitu semua warna yang diaplikasikan hendaknya dapat menciptakan perpaduan warna yang apik nan artistik. Bahkan pemilihan warna yang tidak terbatas itu akan menambah kesan abstrak yang menjadi ciri khas dari desain interior bertema art deco.

Bentuk yang Sering Muncul pada Desain Interior Tema Art Deco
desain interior tema art deco 3

Pengaplikasian desain interior bertema art deco di Indonesia diwujudkan dalam perfoma yang lebih sederhana. Pola garis lengkung, bentuk yang lebih ramping, streamline, serta bentuk silindris lebih diutamakan dan ditonjolkan. Bentuk-bentuk itulah yang memberikan kesan kelembutan dalam kedinamisan dan keindahan.

Furniture Klasik dalam Desain Interior Tema Art Deco

desain interior tema art deco klasik 2

Furniture yang sering digunakan untuk menguatkan desain interior tema art deco ini adalah jenis-jenis furniture bertema klasik. Furniture tersebut menjadi lebih atraktif ketika dipadupadankan dengan pemilihan wallpaper, lampu hias serta karpet yang menggunakan motif art deco juga.

Itulah desain interior tema art deco yang selalu dapat mengikuti perkembangan jaman dan selalu memberi kesan serasi, seimbang, mewah dan menyenangkan. Anda ingin mencobanya?