desain interior untuk ruangan anak yang ceria, atraktif dan inspiratif

Ada anak di rumah Anda? Jika ada, ada baiknya Anda cermati kalimat jenaka dari Erma Bombeck, seorang kolumnis humor AS. Dia pernah menuliskan sentilan dengan kalimat humor namun mengandung kebenaran. Dalam tulisannya dia mengatakan bahwa dengan adanya anak-anak, menjaga rumah tetap tak bernoda adalah hampir mustahil.

Apa yang dikatakannya itu memang dapat dipahami karena bagaimanapun juga bagi orangtua anak adalah bagian terpenting dalam keluarganya. Sehingga bukanlah orang tua  yang bijak jika ia rela mengorbankan kesenangan anak demi menjaga kebersihan rumahnya. Meskipun demikian keamanan anak tetap harus diperhatikan.

Desain kamar tidur untuk anak3

Karenanya, tidak pas juga ketika dengan alasan mengedepankan terpenuhinya kesenangan si anak desain interior ruang untuk anak-anak tidak memperhatikan unsur keamanan. Menciptakan desain interior rumah yang child friendly akan memberikan motivasi dan inspirasi bagi perkembangan anak-anak.

desain interior kamar tidur anak 3

Sehingga selain usaha pemenuhan kesenangan anak, desain interior untuk ruangan anak hendaknya tetap memperhatikan sisi keamanannya, baik keamanan fisiknya maunpun keamanan mentalnya. Apalagi jika anak yang ada di rumah Anda masih berusia 0-5 tahun. Pada usia tersebut keamanan ruangan tentunya lebih ketat dari usia di atasnya.

Di samping itu sebuah rumah harusnya memberi ruangan yang dapat mengeksplorasi kemampuan anak yang sedang berkembang. Karena rumah adalah tempat tumbuhkembangya anak. Bahkan rumah merupakan tempat paling pertama dalam memberikan pendidikan. Desain interior ruang anak dapat menjadi salah satu wahana pendidikan si buah hati.

desain interior kamar tidur anak 4

Hal yang urgen dalam membuat lingkungan rumah yang aman menuntut kemahiran orangtua mengenali resiko yang bisa terjadi di lingkungan rumah. Sehingga identifikasi karakter rumah tinggal, lingkungan dan pengenalan anak secara lebih dekat harus dilakukan. Setelah memperhatikan dan mengenal anak lebih dekat, berikutnya adalah pemilihan material sebagai bahan desain interior untuk ruangan anak.

Pertama, Material Lantai  dan Kebersihannya

desain interior kamar tidur anak

Hampir semua kegiatan anggota keluarga tidak terlepas dengan lantai. Ya, tentu saja karena lantailah tempat berpijak. Karenanya pemilihan lantai yang aman perlu diperhatikan. Hindari penggunaan bahan lantai yang licin. Keramik bertekstur ataupun matte dapat menjadi pilihan bijak untuk Anda karena bahan tersebut tidak licin jika terkena air.

Tetapi, jika ternyata lantai Anda sudah terlanjur terbuat dari bahan yang licin, Anda dapat menempatkan stiker antislip. Bahan itu dapat Anda temukan di toko-toko peralatan rumah tangga. Kelebihan dari lantai yang tidak licin ini selain aman bagi si buah hati, juga akan menghindarkan diri orangtua dari rasa was-was.

Kedua, Material Karpet.

desain interior kamar tidur anak 5

Elemen lain yang masih terkait dengan lantai adalah karpet yang akan menutup permukaan lantai ruangan Anda. Gunakan karpet yang cukup tebal untuk menghindari lipatan atau tergulungnya karpet karena sering anak terjatuh gara-gara gulungan karpet yang tidak sengaja. Hindari karpet berbulu panjang yang mudah terkena debu. Bersihkan karpet secara rutin, minimal sebulan sekali.

Ketiga, Material Dinding

Desain Dinding Kamar Tidur Hello Kitty Anak Remaja Dewasa Rumah - Model Rumah

Dinding semen caprut atau kamprot perlu dihindari untuk ruangan yang sering dijadiaka area untuk anak. Dinding dengan permukaan kasar tersebut akan lebih mudah melukai buah hati Anda saat anak Anda sedang bersandar atau bahkan dapat menggores tubuh kecilnya.
Anda dapat memberi warna dinding pada desain interior untuk ruangan anak Anda dengan cat yang berwarna-warni.

Warna-warni cat ini akan menimbulkan keceriaan dan tak jarang menginspirasi mereka. Tetepi dalam pemilihan warna cat rumah, hindari cat yang mengandung volatile Organic Compound (VOC) yang tinggi karena sangat berbahaya jika terhirup oleh anak. Sebagaimana hal itu pernah dikataka oleh Lula.

“Zat yang terkandung pada cat sangat berbahaya bagi anak dan juga ibu hamil. Pada anak dapat mengganggu perkembangan kognisi mereka”, kata dokter Lula sebagaimana yang pernah ditulis oleh majalah Idea edisi 145/ XII/Juni/2015. Sebuah pernyataan dari seorang yang ahli yang perlu untuk diperhatikan.

Keempat, Furniture dan Dekorasi
desain interior kamar tidur anak 7

Jika Anda menyangka penggunaan material alami cukup aman bagi kesehatan penghuninya, anggapan Anda itu tidaklah seratus persen benar. Karena ada beberapa jenis kayu yang dalam proses pembuatannya menggunakan bahan pengawet kimia yang tidak aman bagi manusia. Formaldehida adalah salah satu bahan pengawet kimia untuk kayu.

Bahan tersebut berfungsi untuk melindungi kayu dari jamur, tetapi paparan yang berlebihan dapat menyebabkan alergi pada kulit dan mata. Selain itu, minimalisasikan atau kalau perlu hindari penggunaan furniture berbahan plastik yang berunsur bahan PVC atau polyviny Cloride.

Bahan ini biasanya terdapat pada benda-benda yang dekat dengan anak, seperti bangku plastik, meja plastik dan peralatan mainan plastik. Kenapa furniture berunsur bahan PVC ini perlu dihindari karena sangat sensitif dengan resiko yang diakibatkan oleh PVC. Bahan PVC dapat masuk ke dalam tubuh anak sehingga berakibat terganggunya pertumbuhan bahkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal.