Empat Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Menanam Tanaman di Rumah

Hadirnya tanaman di rumah selain akan menambah asrinya sebuah rumah juga dapat menambah estetika. Bahkan dengan adanya tanaman di area rumah akan membuat penghuni rumah merasa betah karena mata dapat dimanjakan olehnya. Selain itu tanaman tersebut akan dapat mereduksi sinar matahari.

Agar fungsi tersebut tercapai, tentu saja diperlukan keahlian atau minimal kecermatan dalam memilih dan menempatkan tanaman yang akan Anda tanam di sekitar rumah. Jangan sampai kehadiran tanaman di area rumah justru menyebabkan kondisi terasa sempit dan berantakan.

Karenanya, hal hal berikut perlu Anda perhatikan saat Anda akan membawa tanaman ke area rumah Anda atau bahkan dalam ruangan rumah Anda. Harapannya dengan memperhatikannya, fungsi tanaman di pekarangan rumah akan optimal.

Kenali Jenis Tanaman

Ini penting, agar tanaman yang Anda tanam di rumah tidak menimbulkan masalah di belakangnya. Hal hal yang perlu Anda kenali terkait dengan rumah yang akan Anda tanam adalah tingkat pertumbuhan, jenis akar, lebar dahan dan juga daunnya.

Mengapa hal itu perlu Anda cermati? Tentu Anda tidak ingin disusahkan oleh tanaman Anda di masa masa mendatang. Misalnya, ketika Anda tidak memperhatikan tingkat pertumbuhan tanama ternyata tanaman yang Anda bawa ke dalam rumah cepat bertambah besar sehingga justru memberi efek sempit pada ruangan rumah Anda.

Hal lain yang perlu Anda kenali adalah jenis akarnya, apakah berakar tunggang ataukah berakar serabut. Tentu Anda tidak ingin rumah Anda terangkat oleh akar pohon yang ternyata cepat membesar dan menekan pondasi tembok rumah Anda. Jika ini terjadi, akibatnya bisa fatal. Rumah Anda mungkin retak atau lebih dari itu.

Lebar daun juga perlu Anda perhatikan. Tanaman dengan lebar daun yang besar tentu tidak pas ditaruh di dalam rumah. Selain akan menciptakan kesemrawutan, juga akan mempersempit ruangan. Pilihlah tanaman dengan lebar daun yang sesuai dengan luas ruangan rumah Anda.

Perhatikan Jarak Tanam

Ini juga tidak boleh diabaikan. Jangan sampai karena jarak tanam yang terlalu pendek menyebabkan tanaman tidak bisa hidup dengan maksimal. Di samping itu pengaturan jarak tanam akan menghindari tajuk tanaman yang saling tumpang tindih. Akibatnya akan mengganggu unsur estetika sebuah rumah secara keseluruhan.

Memindah Tanaman Sebagai Alternatif

Terkadang Anda tidak sabar menunggu besarnya tanaman yang Anda tanam. Di satu sisi Anda segera ingin mendapatkan keteduhan dari tanaman yang Anda tanam, namun di sisi lain ternyata tanaman membutuhkan masa pertumbuhan yang panjang.

Jika Anda mempunyai masalah seperti itu, salah satu alternatif adalah memindah tanaman. Anda pilih tanaman yang sudah besar kemudian Anda pindahkan di tempat yang Anda inginkan. Memang dalam beberapa minggu atau bahkan bulan, tanaman pindahan itu tidak menampakkan tanda tanda akan berkembang. Bahkan sebaliknya. Daunny mulai mengering dan rontok.

Memang untuk memindahkan poho atau tanaman, pada awalnya daun akan terlihat kering dan meranggas. Hal itu disebabkan tanaman membutuhkan adaptasi dengan tanah di mana tanaman itu ditanam.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Dengan penyiraman yang rutin dan perawatan yang baik, tanaman Anda akan segera bersemi kembali dan Anda akan segera mendapatkan tanaman yang jauh lebih cepat perkembangannya jika dibanding Anda menanam dari awal pertumbuhan.

Pilih Tanaman yang Tidak Rewel

Yang dimaksud dengan rewel di sini adalah tanaman yang membutuhkan perawatan ekstra. Tentu ini harus Anda hindari. Mengingat Anda tidak akan mampu merawat tanaman yang rewel sementara banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan dalam waktu yang sama.

Karenanya, pilihlah tanaman yang tidak rewel, mudah beradaptasi dan tetap mampu memberikan nilai lebih dalam rumah Anda .

Dengan memperhatikn hal hal tersebut di atas, semoga Anda mendapat tanaman yang bagus, cepat beradaptasi dan sebagainya.