Gaya Skandinavia Ciptakan Kesan Luas dan Mewah sebuah Hunian

Gaya Skandinavia – Mempunyai hunian minimalis saat ini mungkin menjadi pilihan Anda. Ya karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan hunian minimalis. Selain simpel dan sederhana, hunian minimalis dapat Anda jadikan sebagai hunian yang memberi kesan luas bahkan mewah. Tentu saja Anda harus siap dengan penataan yang pas dengan hunian Anda.

skandinavia pada ruang keluarga

Salah satu gaya desain interior yang dapat Anda aplikasikan dalam rumah Anda adalah gaya skandinavia. Sebuah gaya desain interior yang banyak dipengaruhi oleh modernitas dan gerakan Bauhaus. Gaya skandinavia merupakan gaya desain interior paling populer di Eropa timur. Kesederhanaannya mampu memberikan keanggunan pada sebuah rumah.

Gaya skandinavia sangat cocok diaplikasikan pada sebuah apartemen atau rumah yang memang didesain minimalis. Kenapa demikian? Ya, karena gaya ini mempunyai ciri dan sifat menciptakan kesan luas pada sebuah ruangan. Sehingga meskipun rumah bergaya minimalis tetapi kesan luas dan lapang tetap dapat dihadirkan dengan gaya skandinavia.

Jendela bukaan pada skandinavia

Jika Anda ingin meredocorate atau menata ulang desain interior rumah minimalis Anda dengan gaya skandinavia ini, ada baiknya Anda memahami ciri-ciri yang biasanya menyertai gaya skandinavia. Oh, ya bagi negara tropis, gaya skandinavia ini dapat juga dipadukan dengan gaya yang menonjolkan bukaan dalam desain interiornya. Ok, berikut adalah ciri-ciri gaya skandinavia.

Penggunaan Warna Netral pada Gaya Skandinavia

gaya skandinavia pada ruang makan

Salah satu ciri dominan yang dimiliki gaya skandinavia adalah penggunaan warna netral. Warna yang disarankan untuk gaya skandinavia adalah warna-warna netral seperti putih, abu-abu, hitam dan coklat. Aplikasi warna netral ini selain akan memberi kesan luas pada ruangan juga mampu memberikan efek ketenangan dan kenyamanan.

Optimalisasi Ruang

skandinavia pada ruang keluarga 2

Maksud dari optimalisasi ruangan ini adalah pengoptimalan setiap jengkal dari ruang yang ada. Perabot ditata dengan tetap memperhatikan kenyamanan gerak pemilik rumah dan siapa saja yang beraktivitas dalam ruangan tersebut. Upaya ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan perabot yang benar-benar fungsional. Untuk itu Anda dapat menjadikan kabinet dan rak sebagai storage dengan dekorasi yang tidak terlalu ramai. Penerapkan prinsip sedikit tapi maksimal dalam fungsi akan menjadikan ruangan selalu terlihat rapi dan nyaman.

Aplikasi lantai bermaterial kayu juga dapat Anda jadikan pilihan untuk menciptaka kesan luas. Pengaplikasian lantai bermaterial kayu ini akan lebih maksimal dengan pemilihan warna cat putih untuk lantai tersebut. Karena warna putih mampu menerima cahaya secara optimal yang efeknya pada kesan luas yang diciptakannya.
Tetapi jika Anda tidak ingin repot, Anda dapat mengaplikasikan keramik berwarna putih untuk lantai ruangan.

Minimalis Aksesoris Jendela

skandinavia pada kamar tidur 2

Hal ini dimaksudkan agar cahaya natural dapat lebih maksimal masuk dalam ruangan. Pilihlah tirai tipis dengan warna netral sebagai dekorasi jendela. Hindari penggunaan gorden yang tebal dan menjuntai ke bawah karena keberadaan gorden justru akan mempersempit ruangan. Apalagi dengan warna yang ramai.

Aplikasikan Tekstur pada Dinding

teksture skandinavia

Pengaplikasin warna putih atau abu-abu pada dinding pada rumah minimalis tidak berarti Anda tidak boleh mengaplikasikan tekstur pada dinding. Justru pengaplikasian tekstur ini akan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Tentu saja semuanya tidak boleh berlebihan yang justru menjadikan ruangan menjadi ramai dan kesan anggun menjadi hilang.

Adanya Negative Space
skandinavia pada kamar tidur

Negative space adalah ruang kosong yang sengaja diciptakan oleh desainer. Salah satu fungsi dari ruang kosong ini adalah untuk memberi kesempatan pada mata untuk beristirahat. Anda dapat memilih salah satu dinding sebuah ruangan kosong, tanpa elemen interior. Negative space ini jika diatur apik dengan elemen-elemen interior lainnya akan menjadikan ruangan Anda semakin bergaya.

Itulah beberapa ciri dari gaya skandinavia yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi dalam mendesain interior rumah minimalis Anda. Selamat mencoba.