Hadirkan Ruang Unik Artistik dengan Roster dalam Desain Interior Rumah

Anda pasti pernah mendengar kata roster kan? Ya, roster merupakan salah satu elemen dekoratif dalam desain interior rumah. Roster biasanya dipasang di atas jendela atau pintu. Bentuknya bisa bermacam-macam. Ada yang berbentuk kotak dengan motif daun atau ada juga yang berbentuk segitiga.

Penyusunannya pun biasa hanya ditumpuk dengan membentuk pola tertentu, misalnya bentuk L, atau M. Di desa-desa biasanya roster ditata dengan membentuk huruf awal pemiliknya. Misalnya, roster ditata dengan bentuk L karena pemiliknya bernama Lasiyanto dan sebagainya.

Fungsi utama dari roster adalah menjadi sarana pengaturan hawa pada suatu ruangan, seperti pencahayaan dan udara. Intinya roster berfungsi untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang lebih maksimal dalam ruang. Tetapi seiring dengan perkembangan desain interior rumah, kehadiran roster dalam sebuah sisi dinding tertentu baik rumah dengan desain rumah minimalis ataupun maksimalis, menjadikan fungsi roster dapat lebih optimal.

roster untuk desain interior rumah 2

Roster dengan berbagai bentuk dipasang dalam rangka mereduksi sinar matahari yang dapat menciptakan bayangan-bayangan yang indah. Sehingga ruangan menjadi lebih artistik, manis dan tetap terasa sejuk. Begitu juga dapat memudahkan penghuni rumah untuk melihat pemandangan alam tanpa mengurangi privasi.

Bahan roster pun kini lebih banyak dan bervariasi sehingga Anda dapat mengaplikasikan roster tidak hanya di dinding pagar, tetapi lebih luas dari itu. Kehadiran roster di sisi kamar tamu Anda akan menciptakan kesan unik dan artistik. Anda dapat memilih roster dari bahan kayu, beton, batu alam, tanah liat ataupun logam. Pemilihan bahan roster ini tentu saja harus Anda sesuaikan dengan desain interior rumah dan juga desain eksteriornya.

roster untuk desain interior rumah 3

Jika Anda hendak mengusung konsep klasik, roster dengan bahan tanah liat yang dibakar dapat Anda jadikan pilihan. Warna merah yang terlihat dari roster tanah liat tersebut akan memberi kesan klasik dan elegan. Selaian dari bahan tanah liat, Anda juga dapat memilih roster berbahan kayu yang akan menciptakan nuansa natural dalam desain interior rumah Anda. Namun, jika Anda ingin mengaplikasikan konsep ekletik dalam desain interior rumah Anda, roster dari bahan logam dengan bentuk yang abstrak dapat Anda aplikasikan di ruangan Anda.

roster untuk desain interior rumah

Dalam keseluruhan desain interior rumah, kehadiran roster dapat menjadi aksen di sebuah ruangan. Karenanya, sebelum Anda memilih roster berbahan apa yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda, perhatikan hal-hal berikut:

Pertama, Konsep dan Tema Desain Interior Rumah Anda.

Dengan memperhatikan tema dan konsep yang akan Anda usung, pilihan roster akan menjadi kesatuan yang padu dalam menciptakan kesan yang Anda inginkan.

Kedua, Perhatikan Fungsi Roster.

Ini penting karena pemahaman Anda terhadap fungsi roster yang akan Anda harapkan akan mempengaruhi bentuk, bahan dan motif roster yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda.

roster untuk desain interior rumah 10

Ketiga, Pilihlah Model Roster yang Multifungsi.

Tentunya, selain sebagai sarana untuk menciptakan sistem sirkulasi udara dan pencahayaan yang Anda inginkan, fungsi lain seperti pemanis ruangan dan bahkan aksen dalam sebuah ruangan juga ingin Anda dapatkan. Karenanya pilihlah bentuk dan motif roster yang dapat mewujudkan keinginan Anda.

Keempat, Kekuatan Roster.

Setiap bahan roster mempunyai kelebihan dan kekurangan. Misalnya, roster dengan bahan batako tentu lebih kuat jika dibanding dengan roster berbahan tanah liat. Karenanya, meskipun dari sisi seni dan artistik roster berbahan tanah liat lebih bagus, namun jika ada beban yang berat di atas roster, pilihan terhadap roster berbahan tanah liat perlu Anda pertimbangkan ulang.

Untuk menciptakan ruangan yang unik artistik selain menggunakan roster dengan berbagai  bentuk yang disesuaikan kebutuhan, Anda juga dapat mengaplikasikan cat dinding abstrak pada ruangan tersebut.