Inilah Cara Agar Teras Rumah Minimalis Anda Nyaman dan Melegakan

model teras rumah minimalis 2

Lahan yang sempit menjadi alasan seseorang untuk membuat rumah dengan desain minimalis. Meski minimalis, namun tidak berarti tidak mampu memberi kenyamanan bagi penghuninya. Karena sesungguhnya rumah minimalis yang ditata dengan desain interior yang baik justru akan mampu memberi kenyamanan bahkan kelegaan bagi penghuninya.

Tentu saja dibutuhkan kecermatan dalam memilih elemen-elemen interior saat orang ingin menjadikan rumah minimalis terkesan lapang dan melegakan. Bukan hanya desain interior di dalam ruangan rumah, tetapi juga desain dan penataan pada bagian terasnya.

model teras rumah minimalis 5

Mendesain teras tidak boleh sembarangan. Apalagi jika tema rumah yang diusung adalah tema minimalis. Teras merupakan bagian terdepan rumah yang pertama kali akan dilihat oleh orang atau tamu. Teras juga menjadi tempat transisi bagi seseorang sebelum memasuki ruangan rumah. Karenanya, harus dipikirkan benar agar kesan pertama yang didapatkan seseorang adalah kesan yang menyenangakan.

Selain sebagai ruangan transisi, teras rumah juga sering digunakan untuk keperluan santai keluarga, apalagi jika cuaca panas, sementara tidak ada ac di dalam ruangan tentu keinginan untuk bersantai di teras menjadi suatu keniscayaan.

model teras rumah minimalis 3

Di samping bermanfaat bagi penghuni rumah, teras juga berfungsi untuk menjaga bagian terluar dari rumah, yaitu pintu utama rumah. Dengan adanya teras, pintu rumah akan lebih awet karena tidak terkena air hujan dan sinar matahari secara langsung.

Jika Anda ingin mendesain teras rumah yang nyaman dan indah, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian.

Pikirkan Desain Teras yang Anda Inginkan

Sebagai bagian dari rumah secara keseluruhan, Anda harus memikirkan desain teras rumah Anda. Buatlah sketsa dari teras yang Anda inginkan. Jika perlu detilkan sketsa teras yang Anda buat. Sehingga Anda mendapatkan gambaran yang mendekati kenyataan. Imajinasi Anda sangat penting dalam pembuatan desain teras rumah.

model teras rumah minimalis

Dalam desain yang Anda buat, bentuk teras yang Anda inginkan tentu sudah tergambar. Selain bentuk, Anda bisa memikirkan juga tentang atap teras. Apakah Anda ingin membuat teras dengan atap pelana, atap perisai ataukah cor. Semua terserah Anda. Tetapi jika tema rumah Anda minimalis biasanya jenis atap yang tepat adalah atap cor.

Pertimbangkan juga tentang tiangnya. Apakah bentuk persegi empat ataukah bentuk bulat. Tiang teras bentuk bulat memberikan kesan tidak kaku namun memberi kesan estetika yang lebih baik. Sementara itu tiang teras bentuk persegi memberi kesan kuat dan tegas serta kaku. Meskipun demikian, kombinasi seluruh elemen desain teras yang seimbang akan menjadikan keindahan dan kenyamanan sebuah teras.

Pemilihan Furniture

model teras rumah minimalis 6

Sebagaimana di sebut di atas, terkadang teras sering digunakan oleh anggota keluarga untuk santai sambil menikmati pemandangan di luar rumah. Karenanya, keberadaan kursi di teras menjadi suatu keharusan. Tentu saja kursi yang akan Anda tempatkan di teras harus disesuaikan dengan area teras itu sendiri. Jangan paksakan menempatkan satu set sofa di teras jika area teras minimalis.

Anda dapat meletakkan dua buah kursi minimalis yang ramping namun kuat di teras rumah Anda. Keberadaan meja kecil juga akan membantu Anda dalam mendapatkan kenyamanan saat bersantai di teras dengan segelas kopi di atas meja kecil. Jika memungkinkan sebuah rak mini dapat Anda pajang untuk meletakkan majalah atau koran yang habis And abaca.

Pemilihan Warna

model teras rumah minimalis 4

Untuk warna teras, usahakan senada dengan warna dinding rumah Anda. Anda dapat membagi sisi teras menjadi dua dengan warna yang berbeda. Disarankan Anda memilih warna dinding teras senada dengan warna cat dinding ruang setelahnya. Hal ini untuk menciptakan keseimbangan antara bagian luar rumah dengan bagian dalam rumah.

Letakkan Beberapa Tanaman
Tanaman-Penghias-Teras-Rumah-9

Untuk memberi kesan hijau dan segar pada teras, taruhlah beberapa pot bunga. Anda dapat juga memilih bunga yang digantung untuk teras rumah Anda. Keuntungan dari tanaman gantung ini tidak memakan tempat. Anda dapat menaruhnya menempel pada sisi dindinng teras. Tetapi taruhlah juga tanaman yang tidak menggantung sehingga kita dapat menyatu dengan tanaman tersebut ketika berada di teras rumah kita.

Itulah beberapa hal yang dapat membantu Anda menciptakan sebuah teras yang asri, nyaman dan melegakan meskipun rumah Anda bertema minimalis. Anda ingin mencobanya? Semoga Anda mendapat kepuasan daru desain teras rumah minimalis Anda.