Inilah Jenis Taman Minimalis yang Cocok Untuk Ruangan Minimalis

Menghadirkan kesejukan dan suasana alam banyak menjadi obsesi banyak orang. Suasana kota yang semakin panas, ditambah dengan polusi udara baik dari kendaraan maupun dari pabrik membuat orang merasa sesak. Sejuk dan segar akhirnya menjadi dambaan. Salah satu usaha yang kemudian dilakukan manusia adalah dengan menghadirkan taman dalam ruang rumah.

Jangan Anda berpikir bahwa taman dalam rumah hanya bisa dihadirkan oleh orang orang yang mempunyai rumah yang besar. Karen ataman dalam rumah bisa Anda sesuaikan dengan keadaan rumah Anda, maksimalis ataukah minimalis. Jenis dan ukuran rumah yang berbeda ini memengaruhi besar kecil dan jenis taman yang akan dihadirkan.

Dalam tulisan berikut ini akan diberikan contoh contoh taman dalam sebuah rumah minimalis. Semoga ini dapat menjadi inspirasi Anda untuk menghadirkan taman dalam rumah minimalis Anda.

1. Taman Minimalis Sudut dan Bawah Tangga

Sering dalam rumah minimalis berlantai dua, sebuah space yang dibiarkan begitu saja sehingga terkesan kosong dan hampa. Padahal, taman minimalis dapat dihadirkan di space yang sering diterlantarkan oleh pemilik rumah.
Jika Anda menemukan dalam ruangan rumah Anda, sebuah ruangan yang sempit dan di bawah tangga, berpikirlah untuk segera mengoptimalkan ruangan tersebut dengan sedikit kreativitas Anda. Ya, Anda bisa menggunakan ruangan tersebut untuk taman minimalis Anda. Coba lihat gambar berikut:

Gambar tersebut menunjukkan sebuah taman yang berada di bawah tangga dan berada di sebuah sudut. Anda bisa merubah ruangan yang sering diabaikan dan tidak mendapat perhatian tersebut menjadi sebuah taman minimalis.

Anda bisa melapisi sebagian dindingnya dengan tatanan wallpaper. Atau jika berani, Anda bisa memberi sentuhan sentuhan semen atau labor yang memberi kesan ruangan itu memang ditata dan di beri nilai seni tinggi.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan batu sisa sisa bangunan yang Anda tata dengan apik menjadi sebuah ruangan yang akan indah dan hangat. Untuk bunganya, carilah bunga bunga yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari ataupun air. Tatalah batu batu hitam putih sehingga membentuk pola pola tertentu.

2. Hadirkan Vertical Garden (Taman vertikal)

Jenis taman ini menjadi solusi bagi yang hanya mempunyai ruangan yang sempit. Di tengah tengah sempitnya ruangan tersebut Anda bisa menghadirkan sebuah taman vertikal atau vertical Garden. Yang perlu Anda cermati saat membuat taman vertikal ini adalah pemilihan area yang benar benar kosong dan masih memungkinkan penempatan taman vertikal. Jika Anda salah menempatkan taman ini bisa jadi ruangan justru akan terlihat semakin sempit.

Anda bisa membuat tempat untuk tanaman dari potongan kayu yang di salah satu sisi bagian diberi kawat teranyam rapat. Ini yang akan difungsikan sebagai tempat menaruh media tanam. Kemudian pilihlah tanaman tanaman rambat yang berdaun aneka warna. Jangan memilih tanaman yang berakar keras. Tanaman-tanaman berakar serabut lebih direkomendasikan. Tanaman berbunga juga direkomendasikan sehingga ketika tertata dalam sebuah area vertikal memberi keindahan sekaligus kesegaran dan kesejukan.

3. Taman Bernuasna Taman Jepang

Ketika menyebut taman ala jepang, pasti pikiran Anda tertuju pada tanaman tua tapi berbentuk mini. Ya, betul. Bonsai. Bonsai merupakan tanaman yang sering mewarnai taman taman minimalis di Jepang. Tanaman ini memang sangat cocok untuk ruangan minimalis. Karena bentuknya yang mini sehingga tidak membutuhkan area yang luas. MEskipun demikian ada juga bonsai yang menghiasai ruang ruang yang cukup luas hingga seolah berada di sebuah miniature hutan.

Jika Anda berminat menghadirkan taman bernuansa Jepang pilihan bahan atau tanaman yang bisa Anda usahakan antara lain, bonsai atau tanaman yang menyerupai bonsai, berbagai warna batu batuan dan batu batu yang dapat memberi ornament pada taman yang akan Anda buat.

4. Taman minimalis Hidroponik

Tidak selalu taman berisi tanaman tanaman bun ga. Bahkan jika Anda kreatif tanaman sayur dapat Anda jadikan sebagai taman dalam rumah Anda. Anda bisa menggunakan metode hidroponik saat membuat taman tersebut. Usahakan ruangan tersebut mendapat sinar matahari sekalipun tidak secara langsung.

Di samping itu pola saluran air juga harus dibuat sedemikian rupa sehingga ruangan tetap terjaga kekeringannya dan tidak lembab.
Selain Anda bisa menikmati keindahan taman hidroponik ini, Anda juga bisa mengambil manfaatnya dengan memilih tanaman yang ditanam dari jenis sayur sayuran. Sejuk, hijau dan bernilai ekonomi jika Anda bisa mengelola taman hidroponik ini.

Itulah beberapa jenis taman minimalis yang bisa Anda usahan dalam sebuah ruangan minimalis. Kalau minimalis saja bisa tentu akan lebih bisa jika ruangannya maksimalis. Selamat mencoba semoga rumah Anda menjadi salah satu tempat yang Anda rindukan sehingga Anda bisa betah tinggal di rumah bersama keluarga.