inilah material yang memperindah tangga dalam desain interior rumah

Bagi seorang yang berjiwa seni, selain warna cat rumah, dia tidak akan melewatkan benda-benda di sekitarnya tidak memberikan nilai estetika. Jiwa seninya akan selalu menyeru untuk memberi sentuhan seni pada barang-barang yang dapat diperkuat keberadaannya dengan seni. Demikian juga seorang desainer interior, akan selalu cermat dalam memandang setiap elemen desain interior yang ada di sebauh ruangan. Tidak terkecuali keberadaan tangga dalam desain interior rumah.

Baginya tangga bukan hanya harus kuat dan nyaman, tangga harus diberi sentuhan estetik sehingga keberadaannya dapat memperindah suatu ruangan. Tangga yang berfungsi sebagai jalan sirkulasi vertikal di dalam rumah haruslah aman dan memberi kenyamanan (ergonomis) bagi siapa saja yang menapakkan kakinya di anak tangga. Karenanya, seseorang akan berusaha membuat tangga yang nyaman dan kuat dalam desain interior rumah

material pelapis tangga karpet 2

Salah satu cara yang digunakan untuk memperindah tampilan tangga adalah dengan melapisi tangga dengan material-material interior. Beberapa material yang dapat dan sering digunakan seseorang untuk memperindah tampilan tangga dapat Anda temukan dalam postingan berikut. Jika Anda ingin, Anda dapat mengaplikasikan material tersebut untuk tangga dalam desain interior rumah Anda. Tentu Anda dapat memilih material yang sesuai dengan tema dan keinginan Anda.

Pertama, pelapis tangga material keramik

material pelapis tangga

Pelapis tangga keramik merupakan pelapis tangga yang paling populer digunakan. Pertimbangan memilih material keramik untuk melapisi tangga dalam desain interior rumah adalah kekuatan dan tahan lamanya material tersebut. Di samping itu seseorang mempunyai keleluasaan memilih ketika akan mengaplikasikan keramik sebagai pelapis tangga. Keramik memang menghadirkan beberapa pilihan dari ukuran, corak serta teksturnya. Tampilan keramik memberikan kesan dingin meski setiap warna memberikan kesan yang berbeda-beda.

Selain pertimbangan di atas, sifat keramik yang tidak terlalu licin juga menjadi pertimbangan lain. Hal ini akan mendukung keamanan bagi siapa saja yang menapakan kakinya di atas tangga berlapis keramik ini, termasuk anak-anak. Bahkan ada desain keramik sendiri bagi ujung-ujung keramik yang biasanya lebih tajam dan dapat menggores. Apalagi keramik merupakan elemen desain interior rumah yang mudah dalam perawatanya.

Kedua, pelapis tangga material batu alam

material pelapis tangga marmer

Material kedua yang dapat Anda jadikan sebagai pelapis tangga adalah material batu alam, seperti marmer dan granit. Batu alam yang mempunyai tekstur dan corak yang alami akan memberi kesan artistik dan mewah pada sebuah ruangan. Yang harus diingat jika Anda mengaplikasikan marmer atau granit adalah bahwa daya serap material tersebut sangat tinggi. Hal ini mengharuskan Anda untuk segera membersihkan atau mengeringkan jika material tersebut terkena noda.

Di samping perawatannya yang lumayan sulit, harga material granit dan marmer lebih mahal jika dibanding dengan keramik. Tetapi jika Anda memang tidak mempunyai anggaran yang cukup dan Anda ingin mengaplikasikan granit sebagai pelapis tangga dalam desain interior rumah Anda, granit buatan barangkali dapat menjadi alternatif. Harganya lebih murah dari granit asli meskipun demikian coraknya beragam, elegan dan mempunyai kekuatan yang lebih jika dibanding dengan granit asli.

Ketiga, pelapis tangga material kayu

material pelapis tangga kayu 3

Kayu sudah lama digunakan oleh manusia untuk desain interior rumahnya. Selain untuk furniture, kayu juga digunakan untuk material dinding bahkan pelapis lantai dan tangga. Kesan natural akan segera ditampilkan oleh kayu yang diaplikasikan dalam sebuah desain interior rumah. Sementara itu warna coklat akan memberikan kehangatan dan kesan elegan. Agar kayu tidak mudah dimakan rayap disarankan agar Anda melapisinya dengan cat, pernis atau pelitur.

Keempat, pelapis tangga material karpet
material pelapis tangga karpet 3

Salah satu kelebihan karpet jika dibanding dengan pelapis tangga yang lain adalah kekesetan karpet yang ini akan menghindarkan seseorang dari terpeleset karena karpet termasuk material pelapis tangga yang antiselip. Selain itu karpet juga mempunyai sifat meredam suara sehingga kebisingan saat orang menginjak anak tangga dapat terhindari, apalagi jika anak-anak berlari-lari di tangga. Corak dan warnanya yang bermacam-macam menjadikan karpet dapat dijadikan focal point dari desain interior rumah Anda.

Itulah beberapa material yang dapat Anda aplikasikan sebagai pelapis tangga. Selain material tersebut, sebenarnya Anda dapat mengkombinasikan material-material tersebut pada sebuah tangga dalam desain interior rumah Anda. Misalnya Anda mengkombinasikan material kayu dengan karpet, karpet dengan logam, kayu dengan keramik dan sebagainya. Eksplorasilah jiwa seni Anda saat mendesain interior rumah Anda termasuk tangga dalam rumah niscaya Anda akan mendapatkan desain interior rumah yang aman dan nyaman.