inilah pilihan taman-taman untuk desain interior rumah minimalis

Taman dalam sebuah desain interior rumah minimalis maupun maksimalis sangat penting dalam menghadirkan suasana natural dan menciptakan keasrian dalam sebuah ruangan. Kesan natural dan asri tersebut sangat dibutuhkan untuk kenyamanan tinggal di dalam rumah. Apalagi bagi Anda yang hidup di kota-kota besar yang sulit mendapatkan keasrian di alam terbuka karena pohonan sudah banyak diganti dengan bangunan-bangunan pencakar langit.

Namun untuk membuat taman di dalam rumah, terkadang orang terkendala dengan apa yang pertama kali harus dilakukan. Akibatnya keinginan menghadirkan taman dalam rumah menjadi obsesi yang sulit terwujud. Inilah sebabnya pada postingan berikut interdesain.com akan mencoba membahas jenis-jenis taman yang sering diaplikasikan orang dalam rumahnya. Baik taman indoor maupun taman outdoor.

Pertama, taman jepang

Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis jepang

Taman ini diadaptasi dari negara Jepang. Sebuah negeri yang terkenal dengan Negeri Matahari Terbit. Taman Jepang mempunyai ciri khas yakni diaplikasikannya jenis tanaman Jepang atau bonsai dalam taman tersebut. Selain itu ornamen yang dibuat dari material pasir, kayu maupun bebatuan juga mendominasi dalam taman jepang. Hal inilah yang menjadikan taman Jepang mempunyai nilai estetik yang tinggi.

Bagi Anda yang mempunyai rumah minimalis dengan desain interior minimalis sangat pas menempatkan taman Jepang dalam desain interior rumah minimalisnya. Jika Anda menerapkan taman Jepang pada desain interior rumah minimalis Anda disarankan tidak mengaplikasikan banyak ornamen dalam taman tersebut, karena akan membuat ruangan terlalu ramai dan kesan fokud pada suatu ruangan menjadi pudar.

Kedua, taman mediterania

Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis mediterania 2

Selain taman Jepang yang dapat diaplikasikan dalam desain interior rumah minimalis, taman mediterania juga sangat cocok untuk rumah minimalis. Untuk tanaman yang dibutuhkan pada taman mediterania ini, Anda dapat memilih agave, yucca, nolina dan sikas. Adapun yang menjadi ciri khas dari taman mediterania ini adalah digunakannya ornamen-ornamen berupa lampu taman, patung, patung, pot dengan penyangga (stand), kolam ikan, dan batu koral.

Pilihan tanaman seperti tersebut di atas karena tanaman-tanaman itu cukup sederhana dan bersifat simetris. Hal itu berbeda dengan tanaman yang lain yang lebih kompleks dan bersifat asimetris. Di samping itu perawatan tanaman tersebut relatif lebih mudah jika dibanding dengan tanaman yang lain. Apalagi jika ruang yang akan dijadikan taman mendapat cahaya matahari yang cukup.

Ketiga, taman minimalis

Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis 2

Sesuai dengan namanya, taman minimalis adalah taman yang diaplikasikan pada lahan yang minimalis baik sebagai taman dalam desain interior rumah minimalis maupus sebagai taman outdoor di sekitar rumah minimalis. Seperti halnya konsep dalam desain interior minimalis yang harus meminimalis penggunaan furnture, taman minimalis pun juga mempunyai konspe yang kurang lebih sama, yaitu penggunaan tanaman yang sederhana dan tidak terlalu beragam.

Di samping jenis tanaman yang digunakan, ornamen yang diaplikasikan dalam taman minimalis pun juga cukup sederhana. Dalam hal ini, penataan merupakan faktor penting agar taman terlihat cantik dengan fungsi yang maksimal. Hal yang harus dioptimalkan dalam taman minimalis dalam desain interior rumah minimalis adalah penataan setiap tanaman dan ornamen harus mampu menciptakan perpaduan yang apik, artistik dan menarik, sehingga taman terlihat cantik.

Keempat, taman kering
Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis kering

Inilah taman yang paling fleksibel dibanding dengan taman yang lain. Selain fleksibel penempatannya dalam desain interior rumah minimalis, juga sangat fleksibel dalam penggunaan jenis tanamannya. Anda dapat menggunakan tanaman asli jika ruang yang akan digunakan sebagai taman kering mempunyai cukup cahaya.
Tetapi jika Anda akan mengaplikasikan taman kering di dalam rumah dengan cahaya yang minimalis, tanaman sintetis menjadi alternatif yang baik bagi Anda. Di samping itu, seperti namanya, taman kering tidak terlalu banyak membutuhkan air, karenanya tanaman yang dipilihpun juga tanaman yang tidak banyak membutuhkan banyak air

Kelima, Taman Eropa

Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis eropa

Kalau jenis taman yang sebelumnya adalah taman yang sederhana dan dapat Anda jadikan sebagai taman dalam desain interior rumah minimalis, tetapi taman Eropa adalah sebuah taman yang dibangun dengan konsep yang cukup kompleks. Perpaduan yang apik dan serasi antara tanaman-tanaman berbunga dengan ornamen-ornamen khas Eropa menjadi ciri khas dalam taman Eropa. Di samping itu taman Eropa membutuhkan lahan yang cukup luas. Hal ini sangat berbeda dengan jenis taman yang sebelumnya telah dibahas.

Keenam, Taman Klasik

Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis klasik

Inilah jenis taman yang menjadi favorit di masa lalu. Kehadiran pohon palm menjadi ciri khas taman klasik. Kebutuhan lahanpun lebih luas jika dibandingkan dengan lahan taman jepang, taman kering, maupun taman mediterania. Karena areanya yang cukup luas, taman ini biasanya digunakan juga sebagai tempat bermain. Jenis taman klasik ini biasanya diterapkan oleh lembaga atau industri yang dituntut menyediakan area untuk istirahat dan sosialisasi personalnya.

Ketujuh,Taman Bali

Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis bali

Nama taman Bali digunakan karena taman jenis ini banyak terinspirasi dari kebudayaan masyarakat Bali. Hal yang menjadi ciri khas dari taman Bali adalah adanya gazebo, patung, kolam serta pintu gerbang yang merupakan kekhasan dari arsistektur Bali. Meskipun taman Bali saat ini menjadi tren namun tidak setiap rumah dapat mengaplikasikan taman Bali ini mengingat taman Bali mempunyai karakter yang sangat kuat.

Kedelapan, taman vertikal atau vertical garden
Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis vg2

Meskipun taman jenis ini sering diaplikasikan oleh gedung-gedung yang tinggi, tidak berati desain interior rumah minimalis tidak dapat menghadirkan taman ini dalam ruangannya. Bahkan taman vertikal ini merupakan taman yang sangat efektif menghiasai dinding desain interior rumah minimalis. Tetapi tentu saja diperlukan pencahayaan yang memadahi untuk hidupnya tanaman itu. Jika ruangan tidak mempunyai cahaya matahari, cahaya lampu pun dapat Anda optimalkan.

Memang jenis tanaman yang dapat Anda gunakan untuk membuat taman vertikal ini sangat terbatas. Tetapi dengan keterbatasan itu jika Anda mampu menatanya dengan baik, taman vertikal dalam desain interior rumah akan memberikan pesona tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya dan memberi kepuasan bagi orang yang membuatnya.

Kesembilan, Roof Garden atau Taman Atap

Jenis-jenis taman pilihan untuk desain interior rumah minimalis rg

Roof garden merupakan alternatif lain untuk menghadirkan keasrian dalam rumah. Biasanya taman ini dibuat diatas plafon atau atap sebuah rumah. Bangunan yang sering mengaplikasikan taman garden ini adalah bangunan bertingkat dan berada di kota-kota besar. Selain digunakan sebagai taman, roof garden ini juga digunakan sebgai salah satu sarana penghijauan. Dan tentu hal itu sangat dibutuhkan bagi kehidupan di kota-kota besar

Itulah jenis-jenis taman yang dapat Anda aplikasikan dalam rumah Anda. Tentu tidak semuanya. Pilihlah jenis taman yang mana yang sesuai dengan rumah Anda. Setelah menentukan pilihan berimajinasilah dan berkreasilah untuk mewujudkan taman yang benar-benar sesuai dengan desain interior rumah Anda. Selain dalam rumah atau indoor, Anda juga dapat mengaplikasikan jenis taman tersebut di luar rumah Anda.