Inilah Tips Desain Void Rumah Minimalis Yang Mampu Memberikan Kesan Luas dan Lapang

Bagaimana perasaan Anda jika berada di sebuah lorong yang panjang tanpa ada cahaya dan sirkulasi udara yang memadai? Saya yakin Anda akan merasakan sumpek dan ingin segera keluar dari lorong tersebut. Itulah gambaran sebuah rumah minimalis lantai 2 yang tidak mempunyai void. Kesan kaku dan membosankan akan terasa ketika berada di dalam ruangan rumah tersebut.

void 3

Karenanya, kehadiran desaib void rumah minimalis sangatlah penting. Kehadiran void dalam sebuah rumah bertema minimalis ini akan member kesan lega dan luas pada bangunan sempit bertingkat.

Lalu apa itu void? Void merupakan ruang kosong atau lantai hampa yang menghubungkan lantai satu dengan lantai yang lainnya. Kondisi terbuka sengaja diciptakan untuk member kesan lapang dan luas pada bangunan. Meskipun kebanyakan desain void rumah minimalis diadakan pada rumah lantai 2 atau lebih, namun ada juga rumah lantai 1 yang mengaplikasikan void, terutama pada rumah berlantai satu dengan plafon tinggi dan membiarkan ruang kosong antar plafon tersebut.

Fungsi Void Rumah Minimalis

void 4

Meski sebenarnya paragraf-paragraf di atas sudah menjelaskan tentang fungsi desain void rumah minimalis, namun tidak ada salahnya kalau diuraikan lebih detil tentang fungsi void. Dengan mengetahui fungsi void diharapkan Anda dapat mendesain void untuk rumah minimalis Anda.

Menciptakan Kesan Lega

Nuansa terbuka jelas akan terasa ketika sebuah rumah 2 lantai mempunyai void, apalagi desain void rumah minimalis tersebut dilengkapi dengan plafon sejajar dengan plafon 2 lantai. Nuansa ini sangat penting bukan saja untuk menciptakan kesan luas dan lapang namun juga mampu menciptakan kemewahan, apalagi jika dihiasi dengan ornament dan menggunakan warna dinding yang kuat dan sesuai dengan tema rumahnya. Selain itu sirkulasi udara dan cahaya juga akan lebih terjamin dan menyehatkan.

Mempermudah Komunikasi

Mungkin terdengar aneh, apa hubungan desain void rumah minimalis dengan komunikasi? Ya, tentu saja ada. Dengan adanya void seseorang tidak perlu berteriak atau naik turun tangga untuk suatu kepentingan dengan orang lain dalam lantai yang berbeda. Hal ini tentu saja akan menghemat energi dan tenaga Anda.

Membantu dan Mempermudah Pengadaan Taman Indoor
taman rumah minimalis

Saya yakin Anda setuju jika saya katakan bahwa taman indoor akan menciptakan suasana ruangan menjadi lebih asri dan segar. Nah, keberadaan desain void rumah minimalis ini akan sangat membantu dan mempermudah pengadaan taman dalam ruangan. Karena kebutuhan tanaman akan cahaya akan dapat terpenuhi. Karenanya, void dapat Anda letakkan pada posisi pasĀ  dengan taman indoor Anda.

Itulah beberapa fungsi dari desain void rumah minimalis. Ketika Anda membuat void untuk rumah minimalis Anda pasti ada lagi manfaat yang dapat Anda rasakan selain yang tersebut di atas. Sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana merancang void sehingga dapat member kesan luas dan lapang pada ruangan.

Agar rumah minimalis bertingkat terkesan luas, disarankan desain void rumah minimalis diletakkan pada jendela-jendela dengan bukaan lebar. Tujuannya adalah untuk memberikan keleluasaan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Selain itu Anda juga dapat menempatkan void pada center poin rumah Anda.

Desain Void rumah minimalis yang dipasang pada posisi tersebut akan memberi kesan luas apalagi jika dipasang lurus ke atas. Bagian atas void dapat dibuat berlubang atau transparan sehingga udara dapat masuk, serta cahaya matahari dapat leluasa menyapu ruangan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika Anda berusaha menciptakan sebuah rumah minimalis yang mampu member kesan luas pada Anda dan siapapun yang berada di dalam rumah tersebut. Silakan mencoba jika Anda tertarik.