Jenis-Jenis Jendela : Jadikan Rumah Nyaman, Apik nan Artistik

Jenis-jenis Jendela – Jendela merupakan salah satu elemen sebuah rumah. Fungsinya tidak hanya sekedar sebagai menjamin sirkulasi cahaya dan udara dapat berjalan dengan baik, tetapi juga menjadi elemen dekorasi yang akan mempercantik fasad dari sebuah rumah.

jenis-jenis jendela

Selain itu jendela juga merupakan elemen rumah yang menghubungkan keseluruhan arsistektur rumah dan interior. Ia menghubungkan antara ruang yang satu dengan ruang yang lain, bahkan menghubungkan bagian luar dengan bagian dalam rumah.

Aplikasi jenis-jenis jendela pada sebuah rumah juga akan memperindah tampilan rumah. Ia merupakan elemen estetika sebuah rumah. Jendela juga dapat menciptakan kenyamanan pada penghuni rumah. Karenanya, sebagai elemen estetika jendela tidak hanya sekedar berbentuk persegi yang dipasang di sisi sebuah rumah. Kini ada banyak jenis-jenis jendela yang dapat kita aplikasikan dalam rumah sehingga rumah kelihatan nyaman, apik nan artistik.

Jenis-jenis Jendela yang Dapat Memperindah Tampilan Rumah

Stationary Window.

jenis jenis jendela 3

Ciri dari jendela ini adalah tidak bisa dibuka. Ia dipasang lebih banyak difungsikan sebagai elemen estetika sebuah ruangan. Tidak jarang ia diletakkan di sisi rumah yang langsung menghadap view. Sehingga orang yang melihat ke luar dari balik jendela ini akan langsung dapat melihat pemadangan yang memanjakan matannya.

Picture Window

picture window

Jenis jendela ini sama dengan stationary window. Perbedaannya terletak pada besarnya jendela. Jenis jendela ini sering digunakan sebagai pengganti tembok. Sehingga jika Anda ingin mengaplikasikan jenis jendela ini pada ruangan Anda, ketebalan dan jenis kaca jendela perlua Anda pertimbangkan.

Fungsi dari picture window pun hampir sama dengan fungsi stationary window. Karena picture window lebih besar view yang dapat dilihat dari kamar pun juga lebih luas. Selain diletakkan di sisi rumah yang di luarnya berhubungan dengan taman, picture window juga sering diletakkan pada lantai 2 atau lantai atas, sehingga keindahan view dapat dinikmati dari dalam rumah.

Casement Windows
jendela buka samping

Jenis jendela lainnya adalah casement windows. Berbeda dengan dua jenis-jenis jendela sebelumya, casement windows merupakan jendela yang dapat dibuka dengan ensesl di bagian samping. Dengan demikian Anda dapat membuka atau menutup jendela ini sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda sedang menginginkan udara segar mengalir masuk ke rumah Anda, Anda dapat membukanya. Selain sirkulasi udara, cahaya matahari juga dapat Anda hadirkan di dalam ruang yeng berjendela casement window, apalagi jika jendela jenis ini Anda pasang di sisi timur dari rumah Anda. Cahaya pagi akan menghangatkan ruangan Anda.

Awning window

awning window 5

Jenis jendela ini juga sering digunakan, baik untuk rumah minimalis maupun rumah maksimalis. Daun pintu mempunyai ensel yang memungkinkan daun pintu membuka ke atas. Biasanya jendela ini digabung dengan jendela stationary. Jenis jendela ini sering dipasang pada basemen

Double-Hung

double-hung-window

Sesuai namanya, jendela ini mempunyai dua daun jendela, satu bagian di atas dan yang lain di bawah. Meskipun berada di satu bingkai jendela, tetapi proporsi bagian bawah dan atas tidak selalu sama. Terkadang, bagian atas lebih luas daripada bagian atas, atau sebaliknya tergantung kesukaan dari pemilik rumah dan fungsi yang ingin dioptimalkan.

Kedua bagian jendela dapat dibuka dengan cara menggeser ke atas untuk bagian bawah dan menggeser ke bawah untuk bagian atas. Jenis jendela ini sangat pas diaplikasikan pada area rumah yang saling berdekatan karena untuk membukanya tidak membutuhkan space di luar jendela.

Single-Hung

single hung windows 2

Perbedaan antara single hung dengan double hung adalah jumlah jendela yang dapat dibuka. Kalau pada double hung windows kedua bagian jendelanya dapat dibuka tetapi untuk single hung hanya ada satu bagian jendela yang dapat di buka, bagian atas atau bagian bawahnya.

Sliding Panel Windows
sliding windows 2

Berbeda dengan jenis jenis jendela sebelumnya, jenis sliding windows ini dibuka dengan cara menggesernya. Ukuran jendela biasanya besar sehingga bukaan dapat diopimalkan, apalagi jika bukaan dari jendela ini lebih dari satu.

Kelebihan dari jenis jendela ini adalah tidak mengganggu area ruangan karena jendela dapat dibuka dengan menggesernya. Jendela ini dapat dipasang pada dinding kamar tidur atau pada sisi dinding dapur Anda. Jika dipasang pada sisi dinding kamar tidur pastikan privasi Anda tetap dapat terjaga.

Yang Harus Diperhatikan pada Pemilihan dan Pemasangan Jenis-jenis Jendela

jenis jenis jendela 4

Ketika Anda akan memasang jendela pada rumah Anda hendaknya Anda memastikan jenis-jenis jendela yang akan dipasang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Ingat pula bahwa ukuran dan jendela yang akan dipasang mempunyai komposisi yang sesuai dengan bangunannya.

Semua jenis-jenis jendela yang tersebut di atas tidak mesti saklek (kaku) seperti itu. Anda dapat memadukannya antara jenis jendela satu dengan yang lain sehingga tampilan rumah menjadi lebih apik dan artistik. Untuk itu Anda dapat memadukan misalnya jenis jendela mati (tidak dapat dibuka) dengan jendela berventilasi. Kreativitas Anda memadukan jenis-jenis jendela tersebut pastikan memberi kesan yang berbeda namun menyenangkan dalam rumah Anda.

jenis jenis jendela 9

Hal terpenting lainnya adalan dengan memperhatikan kesan yang ingin Anda tampilkan. Apakan Anda ingin menampilkan kesan tinggi sebuah ruangan ataukah sebaliknya. Jika Anda ingin menampilkan kesan tinggi, Anda dapat mengaplikasikan jendela yang kurus (tidak lebar). Sebaliknya jika kesan luas yang ingin Anda tampilkan, bentuk jendela horisontal sangat direkomendasinya. Sedangkan bentuk segi empat dan lingkaran akan memberi kesan dinamis sebuah ruangan. Jadi kesan mana yang akan Anda tampilkan? Semua terserah Anda.