Jenis-jenis Tanaman Taman Vertikal Untuk Ciptakan Ruang Hijau

Vertical garden atau green wall merupakan salah satu taman yang sering diaplikasikan pada rumah atau ruangan minimalis. Salah satu alasannya adalah vertical garden tidak banyak membutuhkan area. Sesuai dengan sebutannya, taman vertikal atau taman tegak ini hanya membutuhkan media yang tegak ke atas.

jenis jenis tanaman taman vertikal 5

Jika saat ini Anda berencana untuk membuat taman tegak untuk menciptakan ruangan hijau di area rumah Anda postingan ini dapat Anda jadikan sebagai referensi. Harus pahami ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan taman tegak dalam ruang rumah Anda. Beberapa hal tersebut telah kami posting pada postingan terdahulu.

jenis jenis tanaman taman vertikal 4

Satu hal yang belum secara detil kami bahas dalam postingan tersebut adalah jenis-jenis tanaman apa saja yang pas dan cocok untuk taman vertikal. Karena tidak semua jenis tanaman yang dapat tumbuh menempel atau merambat di tembok dapat Anda jadikan sebagai tanaman pada taman vertikal Anda.

Beberapa jenis tanaman yang pas untuk taman vertikal tersebut antara lain:

Soapwort

Soapwort

Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang kuat. Bahkan di lereng-lereng pegunungan tanaman ini sering digunakan sebagai pembantu saat menuruni lereng dan dinding batu. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari langsung, sehingga sangat pas untuk taman vertikal outdoor. Untuk mengupayakan agar tanaman dapat berbunga dengan kompak pangkaslah tanaman.

Kuping Gajah (Anthurium Crystalium)

kuping gajah

Kuping gajan merupakan tanaman hias yang sering ditanam di dalam pot. Daun tanaman berbentuk hati dengan garis-garis berwarna putih menjadikan tanaman ini sangat menarik. Untuk taman vertikal sebaiknya Anda memilih tanaman kuping gajah berdaun kecil. Alasan dari pemilihan kuping gajah berdaun kecil ini karena beratnya lebih ringan dan kumpulan daun yang kecil dengan guratan warna putih pada uratnya membuat ruangan terasa semakin apik.

Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum)

tanduk rusa 2

Tanaman ini dinamakan tanduk rusa karena bentuk daunnya yang unik terutama pada bagian pucuknya. Jika diperhatikan bentuk daun tersebut menyerupai tanduk rusa. Tanaman ini cocok untuk lingkungan yang lembab dan tidak banyak terpapar sinar matahari. Sangat cocok untuk taman vertikal indoor. Tanduk rusa berkembang biak dengan spora.

Meski tergolong lambat dalam pertumbuhannya tetapi disarankan agar tidak terlalu banyak menggunakan tanaman ini pada satu frame taman vertikal karena jika daunnya sudah memanjang dia akan lebih cenderung menjuntai ke bawah dan akan menutup tanaman yang lain dalam satu frame taman vertikal.

Lili paris (Chlorophytum comosum)
lili paris

Tanaman ini dalam bahasa jawa sering disebut dengan kembang setut. Bentuk daunnya kecil memanjang dengan garis putih di bagian sisi luar setiap daunnya. Selain sangat kuat terhadap efek paparan sinar matahari langsung, Lili Pasri termasuk tanaman yang mudah dipelihara. Meskipun demikian, Lili Paris akan dapat tumbuh sempurna pada lingkungan yang tidak terkena sinar matahari langsung, sehingga cocok untuk indoor.

Keunggulan lain dari tanaman ini adalah warna garis putih kekuningan pada setiap sisi daunnya menjadikan tanaman ini sangat pas untuk membatasi tanaman yang satu dengan tanaman yang lain. Sehingga kesan tekstur dari taman vertikal menjadi lebih kentara.

Cryptanthus

Cryptanthus

Aneka warna dalam setiap daunnya menjadikan tanaman ini menjadi tanaman berkelas. Anda dapat memilih tanaman ini dengan berbagai warna daun pilihan seperti merah, hijau, abu-abu dan garis-garis putih. Hal lain yang menjadikan tanaman ini diminati adalah daya tahannya terhadap sinar matahari dan kemampuannya tetap bertahan hidup di bawah naungan tanaman lain.

Kenaekaragaman warna yang dimiliki menjadikan tanaman ini sering dipakai sebagai focal poin dalam taman vertikal. Jika Anda termasuk orang yang kreatif, Anda dapat membuat pola-pola tertentu dengan tanaman ini.

Neoregelia

neoregelia

Seperti halnya Cryptanthus, tanaman ini mempunyai kemewahan dalam warna daun dan bentuknya. Neoregelia jenis olens adalah neoregelia yang sering dipakai dalam taman vertikal. Daunnya yang memanjang rata dengan aneka warna gradasi dari hijau putih dan merah membuat ruang Anda semakin semarak penuh pesona.

Singonium

singonium

Singonium termasuk tanaman perdu. Warna daun berbentuk hati dengan garis-garis putih di antara warna hijaunya menjadikan tanaman ini mempunyai daya tarik tersendiri. Apalagi jika di sandingkan dengan tanaman berdaun hijau tua. Jika Anda ingin menggunakan singonium ini dalam taman vertikal Anda, jangan lupakan sistem irigasinya. Karena singonium termasuk tanaman yang membutuhkan cukup air untuk optimalisasi pertumbuhannya.

Sirih Merah
sirih merah

Sirih merah merupakan tanaman yang memiliki batang berbuku. Tanaman ini sangat cocok hidup di daerah yang teduh, sehingga pas untuk indoor. Warna daun merah dengan warna putih pada setiap gurat daunnya menambah keindahan tanaman sirih merah. Sirih merah termasuk tanaman yang merambat sehingga kontrol pertumbuhannya perlu dilakukan dengan baik sehingga daun sirih merah ini tidak menjadikan taman vertikal Anda menjadi semrawut tidak tertata.

Nah itulah beberapa jenis tanaman yang dapat Anda pakai untuk taman vertikal Anda. Semoga Anda segera mendapatkan taman vertikal yang dapat mempercantik tampilan rumah Anda.