keramik hadirkan estetika dan elegan dalam desain interior rumah

Keramik kini sudah menjadi hal yang lumrah digunakan untuk lantai rumah baik di kota maupun di desa. Tidak mengenal apakah rumah tersebut menggunakan desain minimalis maupun maksimalis. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan memasang keramik dalam rumah. Selain rumah akan kelihatan bersih, keramik juga dapat menghadirkan estetika dalam desain interior rumah.

Karenanya fungsi keramik saat ini semakin kuat. Bukan hanya sebagai pelapis lantai, tetapi juga sering digunakan sebagai salah satu elemen dekorasi desain interior rumah. Banyak ruangan yang memanfaatkan keramik untuk menciptakan keindahan dan keunikan. Bahkan kehadiran keramik dalam sebuah ruangan dapat memberi kesan elegan.

Desain Keramik Lantai Ruang Tamu Rumah Idaman Jasa Properti - Model Rumah

Namun, masih banyak dijumpai pemilihan dan pemasangan keramik yang tidak berdasarkan pemahaman dan pengetahun kecuali hanya dengan naluri saja. Memang, itu tidak salah dan tidak menjadi masalah. Tetapi fungsi yang ingin ditonjolkan dengan pemasangan keramik dalam desain interior rumah menjadi tidak maksimal.

Karenanya, sebelum Anda memasang keramik untuk lantai dan juga dinding Anda, ada baiknya Anda menyimak postingan berikut. Dalam postingan ini akan dipaparkan bagaimana memilih keramik untuk desain interior rumah sehingga kehadiran keramik akan mengoptimalkan fungsi keramik dalam keseluruhan desain interior rumah.

Pertama, perhatikan gaya rumah

keramik hadirkan estetika dan elegan dalam desain interior rumah 9

Keseluruhan elemen yang kita aplikasikan dalam desain interior hendaknya saling mendukung. Elemen yang satu mendukung elemen yang lain sehingga keutuhan dari desain interior rumah akan tercapai. Karenanya, ketika Anda akan memasang keramik, pahami gaya yang ingin Anda usung dalam desain interior rumah Anda.
Jika rumah Anda minimalis piliha keramik berukuran besar sangat disarankan. Karena keramik yang berukuran besar ini akan memberi kesan ruangan yang sempit akan nampak lebih luas. Apalagi jika pemasangan yang dilakukan dapat optimal, sehingga celah antara keramik yang satu dengan keramik yang lain tidak terlihat jelas.

Kedua, pertimbangkan bahan keramik

keramik hadirkan estetika dan elegan dalam desain interior rumah

Jika Anda berpikiran bahwa Anda harus mengeluarkan biaya yang besar untuk ini, tentu pendapat seperti itu harus diluruskan. Karena tidak setiap keramik yang mahal harganya cocok untuk Anda terapkan dalam desain interior rumah Anda. Jadi jangan terpesona dan terkecoh dengan harga keramik yang mahal.
Yang paling penting Anda pertimbangkan adalah keawetan dari keramik yang akan Anda pasang dalam desain interior rumah Anda. Keawetan keramik dan kemudahana perawatannya serta menjamin keamanan orang yang berjalan di atasnya. Jadi lihatlah fungsi ruangan yang akan Anda pasangi keramik.

Ketiga, perhatikan corak, warna dan tekstur

keramik hadirkan estetika dan elegan dalam desain interior rumah 2

Tentu ini penting Anda perhatikan karena ruang yang satu dengan ruang yang lain barangkali akan Anda bedakan corak dan teksturnya. Misalnya, ruang tamu dan ruang keluarga dapat Anda pasangi keramik dengan satu corak dan tekstur. Tetapi untuk kamar mandi tentu akan Anda bedakan dengan ruang keluarga tersebut, demikian juga kamar tidur.

Hal lain yang mengharuskan Anda memperhatikan warna dan corak tekstur adalah berbedanya kesan yang akan Anda munculkan dalam setiap ruangan. Ruang keluarga yang merupakan sarana berkumpul dengan keluarga, bercengkerama dan menumpahkan segala keluh kesah setelah sehari bekerja tentu membutuhkan ruangan yang memberi kesan teduh dan penuh dengan keakraban.

Keempat, perhatikan budget Anda
keramik hadirkan estetika dan elegan dalam desain interior rumah4

Anggaran sebenarnya menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan paling awal. Apapun keinginan Anda untuk memasang keramik untuk menciptakan kesan yang Anda inginkan harus selalu mengacu pada anggaran yang telah Anda buat. Jangan sampai peribahasa besar pasak daripada tiang Anda alami. Jangan juga terjadi pemasangan keramik berhenti di tengah jalan karena habisnya biaya.

Beberapa hal tersebut semoga dapat membantu Anda dalam memilih keramik untuk desain interior rumah Anda. Dasar dari penerapan setiap elemen dalam rumah Anda adalah, kesatuan, keseimbangan serta gaya dalam keseluruhan desain interior rumah Anda. Semua harus saling mendukung, kalaulah ada yang menonjol tetapi kemenonjolannya akan memperkuat desain interior secara keseluruhan.