Kokedama, Rumah Cantik, Sejuk dan Segar

Banyak upaya yang dilakukan seseorang untuk membuat hunian menjadi nyaman. Kenyamanan ini akan terasa apabila semua unsur yang membuat hati nyaman terpenuhi.

Diantara yang membuat hati nyaman dalam sebuah hunian atau ruangan adalah indah dan cantiknya ruangan jika dilihat mata, kelapangan dan juga kesegaran serta kesejukan ruangan juga menjadi sarat kenyamanan.

Untuk mendapatkan itu semua berbagai cara dilakukan orang agar huniannya terasa surga dunia, bukan hanya dari sisi luas nya saja tapi estetika yang menonjol.

Salah satu upaya menghadirkan kenyamanan sebuah rumah atau ruangan adalah dengan menaruh kokedama dalam ruangan.

Kokedama merupakan salah satu seni dari negar Jepang. Sebuah seni yang menggabungkan antara kemampuan menanam bunga dengan menonjolkn nilai estetikanya. Lebih tepatnya, kokedama merupakan seni merangkai tanaman bunga dalam sebuah media yang berbentuk bola. Media itu sendiri bisa terdiri dari tanah kompos yang dibentuk melingkar kemudian ditutup dengan lumut.

Seni itu kemudian merambah ke nusantara dan banyak orang kemudian menjadikan kokedama ini sebagai hobi dan bahkan mata pencaharian karena memang kokedama ini sangat unik dan menarik. Di samping itu sangat cocok untuk di taruh di sebuah ruangan, untuk menghadirkan keindahan dan kesejukan suasana.

Selain ditaruh di sebuah meja, kokedama juga biasa digantung sebagai penghias sebuah ruangan.

Tidak sulit membuat kokedama, Anda tinggal memindah tanaman dalam pot kedalam media yang sudah Anda bentuk menjadi bola. Setelah tanaman dipindah di media tersebut, tutuplah media dengan menggunanak lumut. Jika Anda kesulitan mendapatkan lumut, Anda bisa membalutnya dengan ijuk kelapa. Jangan lupa setelah itu dibalut dengan tali dan selesai. Anda langsung bisa menggantungkan atau menaruh kokedama itu dalam ruang rumah Anda atau menggantungnya sebagai dekarasi dalam teras rumah Anda.

Berikut gambar-gambar kokedama yang bisa Anda jadikan inspirasi.