Langkah langkah Membuat Taman Outdoor

Taman menjadi salah satu daya tarik sebuah rumah. Hampa dan gersang yang akan terasa jika sebuah rumah tanpa taman, apapun dan bagaimana pun bentuk taman tersebut. Karenanya, kemampuan membuat taman sangat penting dimiliki oleh siapapun yang ingin menjadikan rumahnya indah nyaman dan menyenangkan.

Ada dua kategori taman rumah jika ditinjau dari letak taman. Ada taman yang sengaja dibuat dalam sebuah ruangan rumah. Taman ini sering disebut dengan taman indoor. Ada juga taman yang sengaja dibuat di luar rumah yang disebut dengan outdoor.

Secara fungsi kehadiran indoor maupun outdoor sama, yaitu menciptakan suasana indah, natural dan tentu saja menyenangkan. Karena fungsi itulah orang berusaha membuat taman sebaik mungkin. Tentu kita tidak ingin hadirnya taman dalam rumah kita menambah suasana semrawut dan tidak tertata. Karenanya, untuk membuat taman, khususnya taman luar rumah atau outdoor perlu memperhatikan hal hal berikut:

Melihat Kemampuan

Membuat taman tidak hanya berbicara soal menanam bunga atau tanaman. Tetapi ada banyak hal yang harus dipahami ketika seseorang akan membuat taman outdoor. Jenis tanaman yang cocok, layout atau tata letak taman apakah akan landscape ataukah vertical, nilai seni dan estetika dan hal hal lain terkait dengan tanaman bahkan unsur warna dalam sebuah taman.

Jika hal hal tersebut sudah Anda miliki, Anda boleh mencoba membuat taman outdoor. Tetapi jika sebagaian bahkan sebagian besarnya belum Anda miliki, sebaiknya Anda cari cari referensi dahulu terkait pembuatan taman outdoor. Anda bisa mencarinya di google atau saat Anda jalan jalan di sebuah taman, cobalah Anda memahami tema dan juga unsur unsur pembentuk taman. Amati juga jenis tumbuhan dan bagaimana taman yang baru saja Anda hancur dan rusak gara-gara kehujanan.

Pemilihan Jenis Tanaman

Tanaman yang ditanam di dalam ruangan tentunya berbeda dengan tanaman yang ada di dalam ruangan. Sehingga Anda harus mampu memilih tanaman sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai tanaman yang tidak terlalu banyak membutuhkan cahaya Anda taruh di tempat yang selalu mendapat cahaya langsung. Demikian pula sebaliknya.

Intinya Anda harus paham karakter dari tanaman yang akan Anda tanam dalam taman rumah Anda. Selain itu komposisi warna juga perlu Anda perhatikan. Apakah Anda hanya akan memunculan suasana hijau dalam taman Anda atau ada unsur warna yang Anda inginkan. Semua itu akan menentukan pemilihan tanaman yang akan menghiasai taman Anda.

Misalnya, Anda menginginkan adanya permainan warna, Anda bisa mencari tanaman dengan warna daun ataupun warna bunga yang berbeda dalam sebuah taman. Agar nantinya perwainan warna tetap memberi kesan keindahan, pikirkan juga dimana harus meletakkan tanaman dengan warna warna tertentu.

Penganggaran/ Budgeting

Pepapah jawa mengatakan jer basuki mawa beyo (Sesuatu itu pasti membutuhkan biaya). Bagaimana menurut Amda? Kalau saya sendiri sangat setuju. Penganggaran selalu dibutuhkan dalam sebuah proyek.

Hal-hal yang memengaruhi besar kecilnya anggaran antara lain besar dan luasnyya taman yang akan dibuat, jenis tanaman, pemupukan dan penyediaan material untuk kepentingan pembuatan taman. Jika budget Anda kecil jangan paksakan untuk membuat taman yang membutuhkan biaya besar. Karenannya, sesuaikan taman yang akan Anda buat dengan anggaran yang tersedia.

Timeline

Saat keinginan membuat taman outdoor itu ada, yang perlu Anda ingat bahwa kesabarn dan fokus pada target akan sangat berpengaruh pada baik tidaknya taman yang akan Anda buat. Karenanya, bersabarlah saat mengerjakannya. Persiapkan baik baik dan buatlah timeline atau perencanaan yang baik. Misalnya, kapan Anda harus membuat konsep atau sketsa taman, menyiapkan tanaman, menabur kompos atau media tanam yang tepat dan sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat taman outdoor. Semoga tulisan tadi bisa membantu Anda minimal dalam pembuatan timeline.