maskulin di antara dominasi feminim pada desain interior gaya shabby chic

Gaya desain interior rumah shabby chic salah satu gaya desain interior yang mulai banyak disukai banyak orang. Seperti halnya gaya desain interior yang lain, gaya shabby chic pun mempunyai karakteristik yang berbeda dengan gaya desain interior yang lain. Ciri khas yang paling menonjol yang dimiliki gaya shabby chic adalah pada aksesoris dekoratifnya. Anda dapat mengenali gaya shabby chic ini pada beberapa hal.

Pertama, warna dominan

shabby chic kamar tidur 2

Warna dominan yang diaplikasikan dalam desain interior gaya shabby chic adalah warna pastel. Warna dominan pastel dalam desain interior bergaya shabby chic ini memang akan memberikan kesan lembut dan teduh. Beberapa warna yang sering diaplikasikan dalam desain interior bergaya shabby chic adalah merah muda, hijau mint, cream serta putih gading.

Kedua, motif dekorasi flora

warna dekorasi shabby chic

Desain interior rumah gaya shabby chic yang menampilkan kesan feminim ini akan lebih menonjol kesan feminimnya dengan adanya dekorasi motif flora. Tetapi untuk tetap menjaga kelembutan ruangan, pilihlah bunga-bungaan yang dengan warna lembut. Dekorasi itu dapat Anda apllikasikan pada dinding ataupun pada beberapa aksesoris yang ada, seperti vas bunga, maupun porselen bermotif flora.

Ketiga, pemilihan warna perabot

shabby chic warna furniture

Warna dinding dapat Anda peroleh dari perpaduan warna pastel yang beragam. Selain pada dinding, Anda pun dapat mengaplikasikan warna pastel pada lantai dan beberapa aksesoris. Jika beberapa elemen desain interior tadi sudah menggunakan warna pastel, diperlukan elemen penetral pada desain interior dan elemen penetral itu adalah furniture. Furniture inilah yang merupakan elemen dominan dalam sebuah desain interior dan warna putih akan sangat cocok diaplikasikan pada sebagain besar furniture yang digunakan.

Keempat, lighting desain interior
pencahayaan gaya shabby chic2

Teknik pencahayaan tidak langsung akan sangat membanti menciptakan kesan calm dalam desain interior rumah gaya shabby chic. Cahaya lampu yang terang temaram akan dihasilkan dari jenis lampu tersebut. Sementara itu untuk ruangan yang membutuhkan penerangan yang optimal dapat dibantu dengan menggunakan lampu downlight.

Anda dapat mengaplikasikan warna bold atau tegas tersebut pada furniture vintage. Warna-warna kontras yang terlihat dari kursi vintage akan mempertegas kesan maskulin dan hal ini akan mengurangi dominasi kesan feminin pada desain interior gaya shabby chic yang Anda terapkan. Di samping itu, bentuk furniture dengan sudut-sudut yang kaku seperti bentuk lancip juga akan menyegarkan visual kita dari lengkungan-lengkungan yang biasanya dominan dalam shabby chic.

Hal lain yang mungkin perlu Anda pertimbangkan adalah bahwa desain interior gaya shabby chic ini akan memberi kesan feminim yang dominan. Karenanya, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana agar kesan maskulin juga dapat tercipta dari desain interior rumah Anda. Apalagi jika kebanyakan dari anggota keluarga adalah laki-laki, tentu hal itu lebih harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai ada kesan pemaksaan desain interior rumah kepada mereka.

A Hiasan ruang tamu

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kesan maskulin dalam feminitas desain interior bergaya shabby chic adalah menghadirkan warna-warna tegas dalam ruangan tersebut. Warna tegas itu dapat Anda aplikasikan pada furniture yang berada dalam ruangan tersebut. Warna tegas yang berada di antara warna pastel pudar itu akan memperkuat kesan maskulin ruangan sekaligus mengurangi dominasi kesan feminim.

Apalagi jika furniture yang ditempatkan mempunyai bentuk-bentuk yang kuat juga. Bentuk kuat furniture dapat terasa dari bentuk-bentuk kaku dan tidak lengkung. Seperti furniture kursi vintage dengan sandaran lengan yang lancip yang dipadukan dengan warna kuat dari kursi tersebut. Sehingga warna kuat furniture dan bentuk kaku furniture vintage ini akan terlihat menonjol dan mengurangi kebosanan visual yang disebabkan dominasi furnitur yang berbentuk lengkungan pada desain interior bergaya shabby chic.