melegakan, indah menawan gorden dekorasi dalam desain interior rumah

Salah satu elemen dalam desain interior rumah adalah gorden. Kehadiran gorden dalam sebuah ruangan dapat memberi kesan tersendiri dalam keseluruhan desain interior rumah. Memang selain berfungsi sebagai pembatas ruangan, fungsi utama gorden adalah melindungi ruangan dari terik sinar matahari dan debu.

Saat ini gorden tidak hanya dipasang di jendela atau pintu saja. Karena fungsinya yang meluas gorden terkadang sengaja dipasang sebagai pembatas antara ruang yang satu dengan ruang yang lain. Fungsinya persis seperti partisi dalam desain interior rumah. Fungsi gorden begitu penting dalam menciptakan kenyamanan suasana dan memperindah ruangan.

Karenanya perlu kecermatan dalam pemilihan gorden sebagai salah satu elemen dekorasi dalam desain interior rumah Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat Anda akan memasang gorden dalam ruangan rumah Anda. Selain fungsi gorden, artistik desain dan motifnya pun sangat penting diperhatikan.

gorden dalam desain interior rumah 4

Pertama, Perhatikan Fungsi Gorden.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa selain fungsi utama untuk mengurangi terik matahari yang masuk ke ruangan, gorden juga dapat dijadikan sebagai dekorasi ruangan dalam keseluruhan desain interior rumah Anda. Kehadirannya dapay mempermanis ruangan Anda bahkan akan menciptakan kesan elegan ruangan tersebut.

Bahkan gorden dapat dijadikan sebagai pembatas antarruang. Karenanya, sebelum Anda membeli gorden sangat disarankan Anda sudah mempunyai keputusan gorden yang akan Anda pasang tersebut akan Anda fungsikan untuk apa? Perhatian terhadap fungsi gorden ini akan mempengaruhi bahan dan juga motif dari gorden yang akan Anda beli.

gorden dalam desain interior rumah 2

Kedua, Perhatikan Konsep dari Desain Interior Rumah.

Lagi-lagi yang satu ini juga harus Anda perhatikan. Anda tentu tidak menginginkan konsep yang telah Anda aplikasikan melalui pemilihan warna ruangan, furniture bahkan elemen-elemen dekorasi akan terkacaukan oleh kehadiran gorden dalam ruangan tersebut. Karenanya, penyelarasan gorden dengan konsep yang Anda usung menjadi sesuatu yang mau tidak mau harus Anda perhitungkan.

Cara yang mudah untuk menjaga keutuhan konsep adalah dengan memilih gorden yang mempunyai warna selaras dengan warna dinding atau furniture dalam ruangan tersebut. Karena keselarasan akan menciptakan keutuhan dan kepaduan dalam keseluruhan desain interior rumah Anda.

Ketiga, Perhatikan bahan gorden.

Anda harus pahami bahwa setiap bahan yang digunakan untuk membuat gorden mempunyai ciri masing-masing. Pemilihan gorden dengan bahan tertentu memang menjadi hak dan kebebasan Anda. Apakah Anda menginginkan gorden dengan bahan yang lentur, ringan, gelap atau Anda membutuhkan gorden yang dapat meredam suara. Apapun bahan gorden yang Anda inginkan sesuaikan dengan dua poin sebelumnya.

gorden dalam desain interior rumah 3
Keempat, Sesuaikan Gorden dengan Ukuran Ruang.

Jika Anda mempunyai ruang yang luas memang jauh lebih longgar dalam mengaplikasikan gorden pada desain interior rumah Anda. Untuk ruang yang luas Anda dapat memilih gorden dengan warna-warna intens dan solid. Gorden dengan pilihan warna intens dan solid seperti warna coklat, merah marun atau biru dapat Anda aplikasikan di ruang yang cukup luas.

Kesan yang akan muncul dari diaplikasikannya gorden dengan warna intens dan solid dalam desain interior rumah Anda adalah mewah dan elegan. Sebaliknya, jika ruangan Anda sempit dan Anda akan mengfungsikan gorden dalam desain interior rumah sebagai partisi ada baiknya memilih gorden dengan warna netral atau abu-abu, monokrom hitam, gading, atau beige agar ruangan terkesan lega.

gorden dalam desain interior rumah 5

Kelima, Hindari panel dari Besi.

Ini penting karena iklim tropis sangat memungkinkan elemen desain interior rumah dengan bahan besi akan mudah rusak, karena kerapos atau berkarat. Anda dapat memilih panel gorden yang berbahan alumunium atau stenless. Bahan-bahan tersebut lebih kuat dalam menghadapi suasana dan cuaca yang ekstrim.

Keenam, Pertimbangkan Harga.

Apapun keinginan Anda untuk mendapatkan sebuah desain interior rumah, Anda harus melihat seberapa besar keuangan yang Anda alokasikan untuk gorden. Janganlah memaksakan diri memilih gorden-gorden yang di luar kemampuan finansial Anda. Jika keenam hal tersebut Anda perhatikan dalam memilih gorden fungsi gorden yang Anda aplikasikan akan dapat optimal.

Selain gorden elemen lain yang dapat Anda jadikan sebagai dekorasi adalah partisi ruangan portable. Salah satu bahan yang dapat Anda jadikan sebagai partisi ruangan portable adalah gorden yang Anda bingkai dengan frame kayu. Dengan partisi ruangan portable tersebut selain berfungsi sebagai pembatas ruangan, dia juga dapat difungsikan sebagai elemen dekorasi, tentu saja dengan menonjolkan unsur estetikanya.