memilih perabot bayi yang aman nyaman dalam desain interior kamar bayi

Mempunyai bayi merupakan impian sehingga menyambut bayi dengan berbagai persiapan merupakan hal yang menyenangkan dan membahagiakan bagi seorang calon ibu maupun semua wanita pada umumnya. Kebahagiaan itu semakin sempurna manakala si kecil terlahir dengan normal dan lancar.

perabot bayi yang nyaman dan aman

Beberapa perabot yang disediakan untuk menyambut kehadiran bayi pun disediakan dalam desain interior kamar tidur bayi yang memberi kepuasan dan kesenangan saat sang ibu berada di dalam ruangan tersebut. Beberapa perabot yang perlu Anda pertimbangkan untuk menyambut kelahiran bayi dan menyiapkan desain kamar dan bayi Anda akan diuraikan pada postingan di bawah ini.

Pertama, box atau tempat tidur bayi

perabot bayi yang nyaman dan aman5

Salah satu perabot bayi yang wajib ada dalam desain interior kamar tidur bayi adalah box bayi. Perabot bayi ini berfungsi untuk menempatkan bayi ketika mereka tidur atau ketika mereka ditinggalkan. Anda harus hati-hati dalam memilih perabot bayi ini. Jangan sampai box bayi yang Anda sediakan untuk bayi Anda justru membahayakan keselamatan bayi.

Perabot yang menyertai box bayi adalah kasur bayi. Anda harus yakinkan bahwa kasur tersebut harus padat dan ukurannya pas dengan ukuran box bayi. Anda harus pastikan juga keempat pojok kasur tersebut tersangkut dengan baik ke setiap pojok ranjang. Ini penting Anda perhatikan karena kejadian yang tidak diinginkan banyak yang berawal dari sini, bayi terjepit di antara kasur dengan pinggiran (pagar) box.

perabot bayi yang nyaman dan aman2

Setelah Anda perhatikan kasur dalam box bayi dalam desain interior kamar tidur bayi, berikutnya Anda perlu cermati jeruji box. Pastikan bahwa bayi Anda tidak akan terjepit di jeruji box tersebut. Jarak antarjeruji yang disarankan untuk perabot bayi Anda yang berupa box bayi ini tidak lebih dari 6 cm. Tujuannya agar kaki atau tangan bayi tidak terjepit dalam jeruji tersebut.

Jika Anda ingin lebih detil lagi, perhatikan bagaian-bagian yang lebih kecil dari box bayi Anda seperti sekrup, bahan cat, kekuatan box dan sebagainya. Bagian-bagian kecil ini juga perlua mendapat perhatian demi menjaga kenyamanan dan keselamatan si buah hati.

Kedua, meja ganti popok bayi

memilih perabot bayi untuk desain interior kamar bayi2

Meja ganti popok bayi merupakan perabot bayi yang juga harus Anda sediakan dalam desain interior kamar bayi Anda. Ini akan membantu Anda dalam mengganti popok bayi Anda. Sehingga pekerjaan mengganti popok menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi Anda. Anda pun dapat bercanda dan bermain saat Anda sedang mengganti popok sang bayi.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda memilih perabot bayi yang berupa meja ganti popok ini antara lain, pastikan bahwa meja ganti popok itu dilengkapi pagar di semua sisinya. Tetapi pagar tersebut tidak boleh terlalu tinggi yang akan mempersulit Anda saat sedang mengganti popok bayi. Akan lebih baik jika meja tersebut disertai dengan laci di bawahnya sehingga Anda tidak perlu meninggalkan bayi.

Ketiga, kursi untuk menyusui bayi

memilih perabot bayi untuk desain interior kamar bayi

Pekerjaan menyusui bayi sesuatu yang sangat membahagiakan bagi seorang ibu. Dari situ sang ibu memberi nutrisi yang dibutuhkan sang bayi. Bahkan kegiatan menyusui ini dapat dijadikan sebagai sarana komonikasi ibu dan anak. Karenanya kenyamanan saat menyusui patut diupayakan. Dan salah satu mendapatkan kenyamanan tersebut adalah menyediakan kursi untuk menyusui bayi dalam desain interior kamar bayi.

Pilihlah kursi yang memungkinkan si ibu mendapatkan posisi yang pas saat menyusui. Kursi yang pas tersebut antara lain kursi yang dilengkapi dengan sandaran tangan. Pelengkap lainnya adalah bantal yang akan memberikan dukungan yang ekstra pada punggung dan lengan. Dan kursi dengan spesifikasi itu tidak didapati dari sebuah sofa.