Memilih Rumah Minimalis, Inilah Beberapa Alasannya

Ada banyak alasan mengapa memilih rumah minimalis sebagai tempat tinggal utama. Alasan yang utama tentunya berkaitan dengan harga beli rumah yang cenderung semakin meningkat setiap tahunnya. Memilih rumah minimalis menawarkan keringanan biaya dalam membeli dibanding jenis hunian minimalis lainnya seperti apartemen maupun kondotel.

24

Selain itu, kebanyakan bank juga lebih memprioritaskan rumah minimalis dalam program kredit pengajuan rumah (KPR) untuk kalangan menengah dengan kredit terjangkau. Memiliki rumah pastinya keinginan setiap keluarga baru, terlebih jika pendapatan hanya pas-pasan. Masalahnya, untuk memilih rumah minimalis sendiri kadang tidak mudah karena perlu banyak biaya untuk membelinya.

Pada kondisi inilah rumah minimalis terkadang menjadi solusi yang tepat bagi banyak keluarga. Harga tanah yang semakin naik ditambah dengan biaya kontruksi dan material, membuat banyak orang menjatuhkan pilihannya pada rumah minimalis. Secara singkat, rumah minimalis tidak memerlukan lahan yang luas dan material bangunan yang banyak.

Beberapa Alasan Mengapa Memilih Rumah Minimalis

desain rumah minimalis

Setiap keluarga pastinya mempunyai preferensi tersendiri mengapa memilih rumah minimalis. Meskipun pada faktanya alasan yang dikemukakan hampir sama. Pada dasarnya, alasan tersebut masih berputar pada masalah lahan dan biaya. Dari permasalahan inilah kemudian banyak keluarga yang pada akhirnya lebih memilih membeli atau membangun rumah minimalis. Dengan demikian, beban keuangan tidak akan membengkak.

Berikut faktor mengapa memilih rumah minimalis.

Pendapatan Yang Belum Mencukupi

3. Mengapa Memilih Rumah Minimalis 1

Pada sebuah keluarga baru, pendapatan biasanya belum mencukupi untuk memiliki rumah sesuai impiannya. Paling bagus, pendapatan yang diperoleh hanya cukup untuk membayar uang muka jika ingin membeli melalui KPR. Jikapun ingin membangun rumah sendiri, waktu yang diperlukan untuk tabungan terkumpul terlalu lama, bahkan kadang tidak bersisa.

Harga Tanah yang Semakin Tinggi

Desain Rumah Minimalis Sederhana Type 36.

Dengan harga tanah yang cenderung naik setiap tahunnya, akan sangat sulit bagi seseorang untuk membeli tanah dengan jumlah yang luas. Karena secara finansial hanya mampu membeli tanah seluas 30 meter misalnya, maka hasilnya bangunan akan menjadi rumah minimalis. Luas tanah akan sangat berpengaruh terhadap model rumah yang akan dibangun.

Biaya Kontruksi yang Mahal
mengapa memilih rumah minimalis

Bisa dikatakan bahwa saat ini biaya kontruksi rumah sama mahalnya dengan biaya membeli bahan atau material bangunan. Bahkan pada beberapa daerah, biaya kontruksi lebih tinggi dari biaya pembelian bahan bangunan. Dapat dibayangkan berapa biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah yang besar. Akan lebih baik jika memilih rumah minimalis saja.

Keunggulan Mempunyai Rumah Minimalis

3. Mengapa Memilih Rumah Minimalis 2

Meskipun pada kenyataanya banyak orang mengeluh tentang keadaan ruangan rumahnya yang terbatas, namun memilih rumah minimalis ternyata memiliki beberapa keunggulan. Sayangnya tidak banyak orang yang mengerti tentang hal ini. Akan lebih menyenangkan jika memilih rumah minimalis yang dibangun atas keinginan sendiri, dalam hal ini desain rumah.

Dengan demikian, konsep rumah dapat sesuai dengan apa yang direncanakan. Hasilnya, suasana rumah akan lebih bersahabat. Untuk jelasnya, berikut keunggulan dari memilih rumah minimalis.

Hemat Pengeluaran

Dengan luas yang hanya beberapa meter, biaya operasional yang dikeluarkan untuk rumah minimalis pastinya lebih hemat. Sebagai contoh untuk konsumsi listrik, biaya yang dikeluarkan pastinya tidak terlalu besar mengingat hanya ada beberapa ruangan yang menggunakan penerangan. Akan lebih hemat jika penerangan dalam rumah dipadukan dengan cahaya alami.

Mudah Dalam Perawatan

desain rumah minimalis sederhana

Untuk keluarga yang tidak mempunyai banyak waktu luang, memilih rumah minimalis menawarkan kemudahan perawatan. Hanya dengan waktu dua jam, semua ruangan akan menjadi bersih. Bandingkan jika memiliki rumah yang besar, perawatan pastinya akan lebih sulit. Pada rumah minimalis furniture biasanya juga tidak terlalu banyak sehingga tidak menyita waktu.

Mudah Dialihkan

Salah satu keunggulan dari rumah minimalis yaitu sangat mudah dialihkan, dalam arti diperjual-belikan. Harganya yang tidak terlalu mahal, membuat properti ini jenis lebih untuk dipindah-tangankan. Oleh karena itu, jangan heran apabila kebanyakan properti yang dijual justru didominasi oleh hunian yang bersifat sederhana, terutama rumah minimalis.

Mendekatkan Keluarga

Karena ruangan yang serba terbatas, memilih rumah minimalis justru memberi manfaat dalam mendekatkan hubungan keluarga. Dengan hubungan yang semakin dekat, maka secara otomatis akan mengurangi kemungkinan terjadinya friksi sesama penghuni rumah. Seringnya berkumpul akan semakin meningkatkan hubungan keintiman antar sesama anggota keluarga.

Menghemat Waktu

3. Mengapa Memilih Rumah Minimalis 3

Hal yang tidak disadari dari manfaat memiliki hunian kecil yaitu menghemat waktu ketika beralih ke ruangan lain. Kondisi seperti ini secara tidak langsung dapat meningkatkan efektifitas penggunaan waktu dalam rumah. Sebagai contoh, untuk pergi ke kamar mandi hanya tinggal melangkah beberapa jengkal karena letaknya di samping kamar tidur, dan sebagainya.

Tetap Dapat Memberi Kelapangan dan Kelegaan

Sekalipun minimalis tidak berarti bahwa rumah tersebut selalu bermakna sempit dan sumpek. Dengan penataan desain interior rumah minimalis yang pas dan juga mengaplikasian warna yang tepat, rumah minimalis dapat memberi kesan luas dan lapang sehingga kenyamanan berada di dalam rumah minimalis tetap dapat dirasakan.

Kekurangan dari Rumah Minimalis
desain rumah sederhana 3

Meskipun ketika memilih rumah minimalis menawarkan banyak keunggulan, nyatanya hanya kekurangannya saja yang masih sering terdengar. Memang benar bahwa kekurangan utama rumah minimalis terletak pada luas ruangan yang tidak memadai. Bahkan pada banyak rumah minimalis, beberapa ruangan terpaksa dihilangkan karena tidak memperoleh alokasi ruangan.

Diantara ruangan yang biasanya tidak ada pada rumah minimalis yaitu ruang keluarga. Namun kondisi ini dapat disiasati dengan membuat kamar tidur menjadi area berkumpul atau membuat teras di belakang rumah.