menata furniture yang dapat menyulap ruang sempit terkesan luas

Rumah yang minimalis tidak selamanya terasa sumpek, demikian juga rumah yang luas pun tidak selamanya terasa lapang. Bisa jadi sebaliknya. Rumah yang luas terasa sempit dan sumpek tetapi rumah yang minimalis malah terasa lapang. Apa rahasianya? Ya, tentu yang pertama adalah kondisi hati para penghuninya.

Jadi kalau Anda merasakan rumah yang sempit dan sumpek ada dua hal yang harus Anda ketahui dan evaluasi. Yang pertama adalah kondisi hati Anda dan yang kedua adalah pemilihan elemen untuk desain interior rumah Anda. Jika Anda menemukan kesumpekan itu disebabkan oleh desain interior Anda, ada baiknya Anda melihat kembali elemen yang ada di ruangan rumah Anda.

Furniture Menyulap ruangan terkesan luasb

Salah satu elemen dari desain interior ruangan rumah Anda adalah furniture atau mebel. Pemilihan furniture yang tidak tepat akan menimbulkan efek sempit dan tidak tertata. Ya, sekalipun furniture yang ada adalah furniture yang mahal harganya. Tetapi harus diingat bahwa untuk menciptakan ruangan yang nyaman tidak selalu harga furniture interior yang menjadi patokan.

Karenanya, sebelum Anda membeli furniture untuk ruangan Anda, baik itu kamar tidur, ruangan keluarga dan ruang tamu, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum nantinya Anda menyesal. Menyesal karena telah mengeluarkan banyak biaya tetapi kenyamanan ruangan tidak Anda dapatkan.

Tips Memilih Furniture untuk Desain Interior Rumah 2

Berikut beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangkan ketika Anda ingin memilih furniture yang cocok untuk ruangan Anda.

Pertama, pengukuran ruangan serta penempatan furniture.

Tips Memilih Furniture untuk Desain Interior Rumah 10

Anda harus memikirkan kira-kira di mana furniture nantinya akan Anda tempatkan. Penetapan tempat furniture ini akan menjadi dasar besar kecilnya ataupun bentuk dari furniture yang akan kita tempatkan. Tentu Anda tidak akan membeli furniture yang besar jika ruangan yang akan ditempati barang tersebut tidak luas.

Jika Anda ngotot tetap mempertahankan membeli furniture yang besar untuk ruangan yang tidak terlalu luas, yakinlah Anda justru akan merasa sumpek dan tidak nyaman berada di tempat itu. Selain itu ruangan terkesan hanya berfungsi sebagai gudang. Akibatnya kenyamanan dan kelegaan tentu sulit diperoleh dalam ruangan tersebut.

Kedua, tetapkan model dan tema dari furniture yang akan Anda beli.

Tips Memilih Furniture untuk Desain Interior Rumah 6

Sesuaikan furniture yang Anda pilih dengan tekstur rumah Anda. Jika bagian terbesar dari tempat yang akan Anda gunakan untuk menaruh furniture ini kayu, sebaiknya tekstur furniture yang Anda pilih tidak jauh berbeda dengan tekstur ruangan tersebut. Kesesuaian tekstur dan warna furniture dengan tekstur rumah Anda akan menciptakan keseimbangan dalam desain interior rumah Anda.

Ketiga, Survey furniture yang satu dengan yang lain.

Anda bisa membandingkan dari sisi bentuk, model dan bahan dari furniture tersebut. Di samping itu Anda juga dapat membandingkan harga dari satu toko dengan toko yang lain. Dengan demikian Anda akan mendapatkan harga yang paling murah di toko-toko yang Anda kunjungi. Meskipun demikian tentu Anda tidak boleh mengabaikan kualitas furniture yang akan Anda beli.