menata kamar bayi yang menyenangkan dan meceriakan ibu dan bayi

Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga merupakan idaman bagi pasangan suami istri muda. Karena memang salah satu tujuan seseorang membangun keluarga adalah melahirkan keturunan. Anda mungkin pernah mendengar cerita betapa kesedihan terpancar dari pasangan yang sudah menikah lama tetapi tidak mendapatkan keturunan.

Karenanya, menyiapkan kelahiran bayi merupakan kesenangan tersendiri bagi seorang wanita, demikian juga saat mempersiapkan kamar bayi adalah saat-saat yang membahagiakan seorang calon ibu. Lalu apa saja yang harus disiapkan dan diperhatikan ketika Anda ingin menata desain interior rumah untuk bayi Anda?

Menata desain interior kamar bayi 1

Uraian berikut memberi inspirasi Anda dalam menata kamar bayi Anda agar bayi Anda dapat berkembang sesuai dengan yang Anda harapkan, sehat dan menyenangkan. Anda dapat mengkreasikan tips yang akan diuraikan ini dengan pemahaman Anda terhadap kebiasaan sang bayi.

Pertama, Ventilasi dan sirkulasi udara

Menata desain interior kamar bayi 9

Inilah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Terjaganya ventilasi dan sirkulasi udara ini akan menjadikan kamar bayi Anda tidak lembab dan itu sangat baik bagi kesehatannya. Karenanya posisi yang baik bagi kamar bayi adalah ruangan yang memungkinkan adanya jendela dan udara luar dapat masuk di dalam kamar tersebut.

Kedua, pemilihan furniture

Menata desain interior kamar bayi 3

Tentu saja furniture yang akan Anda letakkan dalam kamar bayi harus disesuaikan dengan luas ruang kamar bayi Anda. Untuk ruangan yang tidak terlalu luas, janganlah terlalu banyak meletakkan perabot di dalamnya sehingga kesan lapang dan melegakan tetap dapat dirasakana. Bagaimanapun juga ruangan yang sumpek akan memberi kesan psikologis bagi siapa saja yang berada dalam ruangan tersebut.

Perabot yang fungsional saja yang harus ditempatkan dalam kamar bayi dengan luas terbatas. Beberapa perabot tersebut antara lain tempat tidur (boks bayi), meja ganti popok, rak / lemari pakaian dan popok, dan satu kursi untuk ibu menyusui. Anda dapat menyesuaikan jenis dan besar perabot tersebut sesuai dengan luas ruang kamar bayi Anda.

Ketiga, warna dan motif dinding

Menata desain interior kamar bayi 2

Jika Anda ingin menerapkan warna dalam dinding kamar bayi Anda, sebaiknya Anda memilih dengan warna-warna cerah yang menimbulkan kesan ceria. Selain itu Anda dapat melukisnya sendiri motif dinding kamar bayi Anda dengan lukisan-lukisan dekoratif yang membangkitkan suasana semarak dalam kamar banyi Anda.
Selain dengan memberi warna dengan motif tertentu, Anda juga dapat menciptakan dekorasi dinding dengan memasang wallpaper. Pemilihan wallpaper tentunya dengan motif yang mampu menciptakan kesan ceria mengingat sang bayi biasanya akan lebih terangsang dengan warna-warna cerah, mencolok di mata mereka.

Keempat, safety bagi si bayi
Menata desain interior kamar bayi 6

Keselamatan dan keamanan bayi menjadi prioritas utama yang harus Anda perhatikan saat Anda merancang desain kamar bagi bayi Anda. Apalagi box atau kotak dimana Anda meletakkan bayi Anda saat dia tidur. Untuk menjaga keamanan kotak bayi Anda, sebaiknya Anda memasang sistem pengamanan yang baik.

Sistem pengamanan yang baik untuk tempat tidur bayi Anda dapat Anda upayakan dengan memasang kunci yang hanya dapat dibuka oleh orang dewasa. Sehingga jika suatu ketika bayi Anda bangun dan menggapai-gapai pagar atau bahkan kunci kotak tidurnya, kunci tetap aman terjaga dan tidak terbuka.

Selain itu kotak bayi Anda yang biasanya terdiri dari jeruji, pastikan bahwa jeruji tersebut tidak berbahaya bagi tangan dan kaki mereka. Atau tidak menjepitnya. Bahkan Anda juga harus memperhatikan cat yang dipakai. Pastikan cat yang digunakan tidak mengganggu kesehatan mereka.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat menata kamar bayi Anda. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, selain akan membantu Anda dalam merawat bayi Anda, kenyamanan dan kesenangan saat berada di kamar bersama bayi Anda akan menjadi saat-saat yang tidak terlupakan dalam hidup Anda.