menciptakan ruang yang hangat, sejuk dan nyaman dengan parket merbau

Menjadikan rumah tetap hangat di musin dingin dan tetap sejuk di musim panas bukan hal yang mudah. Terkadang seseorang dapat membuat suasana ruang menjadi sejuk saat musim panas tetapi ketika musim dingin, ruangan menjadi dingin yang membuat badan menggigil. Lalu bagaimana agar ruang rumah menjadi tetap sejuk di musim panas dan tetap hangat di musim dingin? Salah satunya adalah dengan memasang lantai kayu pada desain interior rumah.

menciptakan ruang yang hangat, sejuk dan nyaman dengan parket merbau 4

Kehadiran lantai kayu saat ini memang banyak yang menyukai. Beberapa alasan mereka adalah bahwa lantai kayu membuat ruangan terkesan natural dan artistik. Selain itu lantai kayu ternyata dapat sebagai pengendali cuaca. Maksudnya ketika cuaca dingin lantai kayu akan memberi kehangatan. Sebaliknya, ketika musim panas tiba, berada di rumah dengan lantai kayu akan tetap terasa sejuk.

Saat ini sudah banyak tersedia material lantai kayu yang juga disebut parket. Selain kayu jati , sonokeling dan kempas, kayu merbau juga kini telah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Parket merbau mempunyai tekstur licin dan mengkilat setelah difinishing. Parket merbau termasuk salah satu jenis parket yang mempunyai kualitas yang baik. Karenanya, selain dipakai sebagai lantai kayu merbau juga sering digunakan sebagai bahan furniture.

menciptakan ruang yang hangat, sejuk dan nyaman dengan parket merbau 7

Kenapa banyak orang melirik parket yang berbahan kayu merbau? Ada banyak hal yang menjadikan seseorang melirik ke kayu merbau untuk material lantai rumahnya. Tekstur kayu merbau yang lebih kasar saat diraba tetapi mempunyai permukaan yang cukup licin serta serat kayu merbau yang tidak teratur dan memiliki banyak variasi menjadi salah satu penyebab kayu merbau ini banyak diminati.

Selain itu kayu merbau juga dikenal sangat awet sehingga ini cocok dan mempunyai nilai ekonomis dijadikan sebagai parket merbau. Parket merbau juga anti jamur dan rayap. Hal ini menjadikan parket merbau tahan lama dan tidak cepat lapuk. Karenanya, Anda tidak perlu khawatir untuk mengaplikasikan parket merbau dalam desain interior rumah Anda karena tingkat kekuatan parket merbau 1-3 dan keawetan 1-2.

menciptakan ruang yang hangat, sejuk dan nyaman dengan parket merbau

Selain itu parket merbau yang berbahan kayu merbau ini mempunyai tingkat penyusutan yang sangat kecil serta daya retak yang sangat rendah. Sehingga jika Anda menggunakan parket merbau sebagai lantai desain interior rumah, kekuatan lantai dapat terjaga. Bahkan lebih dari itu parket merbau tidak mudah rusak ketika dikeringkan. Tetapi dalam mengaplikasikan parket merbau dalam desain interior rumah Anda harus tahu caranya, sehingga lantai parket merbau Anda kuat dan awet.

Lalu bagaimana memasang parket merbau dalam desain interior rumah? Pertama, pada saat memasang parket merbau dalam desain interior rumah Anda, siapkan potongan parket merbau. Setelah itu susunlah parket merbau tersebut di atas dasar lantai, baik yang plesteran aci maupun yang berlantai dasar keramik. Susunlah di atas dasar lantai tersebut hingga memenuhi luas yang diinginkan.

menciptakan ruang yang hangat, sejuk dan nyaman dengan parket merbau 2

Kedua, tahapan pengamplasan. Pada tahap ini parket merbau yang telah disusun di dalam desain interior rumah diamplas untuk mendapatkan permukaan lantai parket merbau yang rata sehingga hal itu akan mempermudah proses finishing. Setelah diamplas tahap ketiga adalah tahapan finishing. Pada tahapan finishing parket merbau yang telah diamplas kemudian di semprot dengan top coating.

Fungsi dari penyemprotan dengan coating ini adalah untuk menghadirkan permukaan lantai parket merbau yang mengkilap. Parket merbau yang mengkilat ini akan memberikan nilai estetika yang tinggi dan juga memberikan kenyamanan saat diinjak. Selain itu juga akan membuat orang yang berada di dalam ruangan menjadi betah.

menciptakan ruang yang hangat, sejuk dan nyaman dengan  parket merbau 3

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika Anda akan mengaplikasikan parket merbau pada desain interior rumah Anda. Pemasangan yang tepat dan perawatan yang baik akan menjadikan lantai parket merbau di rumah Anda akan menjadi awet. Mungkin investasi yang harus Anda keluarkan agak besar tetapi Anda dapat menikmatinya dalam waktu yang lama.