menciptakan suasana asri dalam desain interior rumah dengan tanaman indoor

Rumah sebagai tempat istirahat hendaknya mampu membangkitkan kesegaran kembali kepada penghuninya. Sehingga ada semangat dan kesegaran baru saat berangkat kembali pada aktivitas di luar rumah. Karenanya, desain interior rumah hendaknya mampu menghadirkan suasana asri dan menyegarkan bagi penghuninya.

Salah satu cara untuk menghadirkan suasana asri dan menyegarkan itu adalah dengan menempatkan tanaman indoor dalam desain interior rumah. Selain berfungsi menambah keasrian sebuah ruangan, tanaman dalam desain interior rumah juga dapat dijadikan aksen interior. Bahkan tanaman dapat juga digunakan sebagai pembatas antara ruangan yang satu dengan yang lain.

tanaman indoor

Agar tujuan dari penempatan tanaman dalam ruangan tercapai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menempatkan tanaman dalam sebuah ruangan. Kecermatan Anda dalam memperhatikan hal-hal berikut akan membantu Anda mencapai tujuan desain interior rumah Anda.

Pertama, Kenalilah Jenis-jenis Tanaman indoor

tanaman indoor 2

Ini perlu Anda lakukan karena tidak setiap tanaman yang kita suka dapat ditempatkan di dalam sebuah ruangan. Setiap tanaman mempunyai ciri-ciri baik fisik, warna maupun tekstur tanaman. Selain itu setiap tanaman mempunyai batas tumbuh yang berbeda-beda. Ciri-ciri ini perlu Anda kenali sehingga Anda tidak salah menempatkan sebuah tanaman dalam ruangan.

Ada banyak tanaman indoor yang dapat Anda pertimbangkan untuk desain interior rumah Anda. Jika Anda menginginkan tanaman yang dapat menyerap zat yang berbahaya Anda dapat memilih dieffenbachia, palem kipas, sansiviera, lili paris dan spatiphylum. Selain itu, ada juga tanaman yang dapat menghadirkan oksigen pada malam hari seperti lidah buaya dan bunga aster philodendrom.

Kedua, Kenali Fungsi Ruang

tanaman indoor 3

Tidak setiap ruangan cocok diberi tanaman, atau paling tidak, tidak setiap tanaman cocok ditempatkan di setiap ruangan. Kalau kita paksakan sebuah tanaman pada suatu ruangan tertentu bisa jadi kehadiran dan fungsi tanaman dalam ruangan tersebut tidak optimal.

Tanaman untuk kamar tamu tentu harus Anda bedakan dengan tanaman yang akan Anda tempatkan dalam ruang kerja. Demikian pula tanaman untuk ruangan dapur tentu berbeda dengan tanaman untuk ruang penghubung antara ruang tamu dengan teras. Intinya jangan sampai tanaman yang kita tempatkan pada ruang tertentu mengganggu aktivitas dalam ruangan tersebut.

Ketiga, Sesuaikan dengan tema

tanaman indoor 4

Desain interior rumah merupakan perpaduan dari berbagai elemen yang membentuk kesatuan yang utuh. Kesatuan tersebut membentuk keselarasan dan keseimbangan yang membuat sebuah ruangan menjadi nyaman untuk ditempati. Karenanya, pemilihan tanaman pun hendaknya mengacu pada prinsip keseimbangan dan kepaduan tersebut.

Jika tema yang Anda usung dalam desain interior rumah Anda tema mediteran, Anda dapat menempatkan tanaman yang mendukung tema tersebut. Sebaliknya jika Anda mengusung tema futuristik tanaman yang Anda tempatkan pun harus yang mendukung tema futuristik. Penempatan tanaman yang menyelisihi tema akan mengacaukan tema yang akan Anda usung.

Keempat, Sesuaikan dengan perabot dan luas ruangan
tanaman indoor 7

Point ini masih ada kaitannya dengan point sebelumnya. Pemilihan perabot dalam desain interior rumah selalu mengacu pada tema. Demikian juga untuk pemilihan tanaman hendaknya disesuaikan dengan perabot yang ada dalam ruangan tersebut. Selain itu luas ruangan juga akan menentukan jenis tanaman yang pas untuk ditempatkan dalam sebuah ruangan.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, desain interior rumah Anda akan terkesan asri, menyegarkan dan membuat nyaman bagi para penghuninya. Namun sebaliknya jika Anda asal-asalan dalam menempatkan sebuah tanaman kesan semrawut dan berantakan pasti akan tertangkap secara visual.