menciptakan suasana tertentu lewat desain interior dinding

Dinding merupakan salah satu pembentuk ruang dalam rumah. Kepolosan pada sebuah dinding tidak jarang menimbulkan kebosanan pada penghuni rumah tersebut. Meskipan desain interior rumah sudah ditata apik, namun tetap saja kebosanan akan menyeruak di benak penghuni rumah yang berdinding polos. Kesan kosong akan terasa hampa dan menjemukan. Akibatnya seseorang tidak dapat menikmati tinggal di rumah dengan kepolosan dindingnya. Mengaplikasikan lukisan mudah dibuat merupakan salah satu alternatif menciptakan kesan sebuah dinding.

Menciptakan suasana lewat desain interior dinding

Namun, jika saat ini dinding rumah Anda polos dan dinding tersebut merupakan dinding asli sejak rumah Anda dibangun sebenarnya Anda masih dapat memperbaiki desain interior dinding yang sudah terbangun sejak awal rumah berdiri. Beberapa hal berikut akan membantu Anda dapam menciptakan suasana melalui desain interior dinding. Dengan mengaplikasikan tips di bawah dinding akan menjadi nampak hidup.

Pertama, pilihlah fokus

Menciptakan suasana lewat desain interior dinding 6

Sebenarnya untuk menciptakan suasana Anda tidak perlu merombak semua sisi dari desain dinding setiap ruangan. Anda cukup mengolah satu atau beberapa sisi dalam setiap ruangan. Hal ini akan memperkuat kesan yang akan ditimbulkan oleh desain interior dinding. Hal ini selain dapat diaplikasikan pada ruang yang minimalis juga sangat cocok untuk ruang yang luas. Karena jika Anda mendesain dengan pola yang sama pada setiap desain interior dindingnya, maka kesan yang muncul justru kesan dingin.

Kedua, ciptakan suasana ruang

Menciptakan suasana lewat desain interior dinding 4

Desain interior dinding sangat mempengaruhi terciptanya sebuah kesan dan suasana ruang. Karenanya sebelum mendesain interior dinding tentukan terlebih dahulu kesan dan suasana yang ingin Anda ciptakan dalam sebuah ruangan. Misalnya, jika Anda menginginkan suasana kekeluargaan dan keakraban pada ruang makan pilihan warna yang hangat tentu sangat pas untuk menciptakan suasana tersebut.

Anda dapat saja menggunakan material kayu sebagai wall treatment, atau bisa saja Anda menggantung foto keluarga dengan konfigurasi frame yang menarik. Sementara untuk suasana romantis yang akan Anda hadirkan dalam kamar tidur, dinding dengan material dan warna natural dapat menjadi pilihan Anda. Dengan pemilihan material dan warna natural Anda seakan dibawa pada suasana alam yang membangkitkan suasana romantis ketika Anda berada di dalamnya.

Ketiga, mengolah dinding

Menciptakan suasana lewat desain interior dinding 2

Sebelum Anda mengolah dinding pilihlah konsep terlebih dulu. Konsep ini akan mempengaruhi untuk pemilihan elemen yang membentuk dinding. Pilihan elemen desain interior dinding kini sangat beragam. Anda dapat mengolah desain interior dinding denga perpaduan warna, tekstur serta material. Selain itu suasana ruang juga dapat Anda ciptakan dengan mengaplikasikan wallpaper pada desain interior dinding.

Selain itu perlu Anda ingat juga bahwa selain dapat menciptakan suasana, desain interior dinding juga dapat menunjukkan karakter pemiliknya. Misalnya, kita dapat melihat bahwa pemilik ruang mempunyai jiwa seni ketika di dalam desain interior dinding banyak ditemukan bentuk-bentuk seni dari wujud imajinasi pemiliknya. Karenanya, Anda perlu keberanian dalam mengekspresikan jiwa dan kepribadian Anda pada desain interior dinding rumah Anda.

Keempat, memilih elemen desain interior dinding
Menciptakan suasana lewat desain interior dinding 5

Material dan luas serta bentuk dinding merupakan pilihan yang berskala besar dalam tahap pengolahan dinding karena membutuhkan budget yang besar. Terkait pemilihan material ini sangat tergantung dari suasana dan kesan yang akan Anda ciptakan. Misalnya, suasana natural dalam sebuah kamar tidur dapat Anda hadirkan dengan pemilihan material kayu. Agar kamar terasa nyaman dan rileks ada baiknya Anda memilih bentuk dinding minimalis dan sederhana sehingga kenyaman istirahat dapat Anda peroleh.