mendatangkan suasana asri desain interior rumah dengan lantai parket

Mendatangkan suasana asri dalam rumah menjadi impian setiap pemilik rumah. Keasrian rumah hunian selain akan mendatangkan rasa damai dan nyaman juga akan memberikan suasana hati yang sejuk dan tenteram. Salah satu yang elemen desain interior rumah yang dapat mendatangkan suasan tersebut adalah lantai parquet atau parket.

Saat ini lantai parket memang telah menjadi material interior rumah yang banyak diminati. Kenaturalannya dalam menciptakan suasana asri membuat daya tarik tersendiri. Selain itu kesan elegan juga akan terlihat pada rumah yang berlantai parket, bahkan lebi dari itu lantai parket juga baik untuk kesehatan karena dapat menstabilkan suhu ruangan sehingga terhindar dari penyakit rheumatik dan sejenisnya.

Mendatangkan suasana asri desain interior rumah dengan lantai parket 6

Namun ada yang beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda akan mengaplikasikan lantai parket dalam desain interior rumah Anda. Jika Anda tidak memperhatikan hal-hal berikut, bisa jadi impian Anda mempunyai hunian dengan suasana asri dan menyehatkan hanya akan menjadi sebuah impian tanpa kenyataan.

Pertama, carilah parket dengan bahan kayu yang berkualitas.

Mendatangkan suasana asri desain interior rumah dengan lantai parket 5

Kayu yang akan dijadikan sebagai material parket hendaknya kayu yang mempunyai kualitas bagus. Anda harus mengetahui bahwa banyak jenis kayu yang digunakan sebagai bahan parket. Jenis-jenis kayu yang biasanya digunakan sebagai bahan parket antara lain kayu merbau, kempas, ulin, jati, dan berbagai jenis kayu lainnya.

Kemampuan Anda memilih kayu yang berkualitas akan membuat lantai parket Anda tahan lama dan tidak cepat rusak. Selain itu Anda juga harus memperhatikan desain serta coraknya yang akan membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih menawan. Dengan demikian siapapun yang menghuni rumah tersebut akan betah dan ingin berlama-lama di dalamnya.

Kedua, harus ada garansinya

Mendatangkan suasana asri desain interior rumah dengan lantai parket 8

Dalam membeli parket pilihlah parket lantai yang mempunyai green certification. Ini penting karena sertifikat tersebut akan memberi penjelasan kepada Anda bahwa kayu yang digunakan sebagai pembuat parket tersebut adalah kayu yang resmi bukan dari kayu yang ditebang dari hutan. Dengan cara begini Anda secara tidak langsung menghambat penebangan hutan yang tidak legal.

Ketiga, memilih kayu yang tahan terhadap cuaca

Mendatangkan suasana asri desain interior rumah dengan lantai parket

Perubahan cuaca yang ekstrim terkadang menjadi faktor utama rusaknya lantai parket. Karenanya, ketika Anda hendak memilih parket, tanyakan kepada pihak produsen atau penjual tentang bahan parket yang dijual atau diproduksi.

Kayu parket yang memiliki berat jenis tinggi dapat menjadi pertimbangan Anda. Kenapa? Ya karena semakin berat jenis kayu maka kayu akan semakin padat dan relatif tahan terhadap cuaca dan suhu. Dengan demikian Anda dapat mengurangi resiko rusak karena Anda sudah mengetui cara perawatannya.

Keempat, pilihlah parket yang tidak mengandung air.
Mendatangkan suasana asri desain interior rumah dengan lantai parket 2

Mengapa? Karena jika parket Anda mengandung air kemungkinan besar parket Anda akan menyusut dan memuai sesuai dengan cuaca yang ada. Ketidakstabilan parket ini tentu akan bermasalah beberapa waktu setelah parket dipasang. Bisa jadi yang tadinya sudah rapat tapi karena penyusutan kayu, lantai Anda menjadi bercelah.

Kelima, perhatikan kuncian

Mendatangkan suasana asri desain interior rumah dengan lantai parket 4

Untuk mendapatkan lantai kayu atau parket yang tahan lama dan tidak cepat rusah, ada baiknya Anda menggunakan sistem puzzle saat memasang lantai tersebut. Karena lantai kayu yang menggunakan sistem puzzle atau kuncian akan lebih efisien dan memperkuat daya rekat dengan lantai dasar.

Nah jika Anda memang benar-benar akan merenovasi desaian interior rumah Anda dan Anda ingin menampilkan kesan asri, lapang dan penuh dengan nilai artistik, ada baiknya jika Anda memperhatikan tips di atas.