mengenal dan memilih kunci pintu pemanis pintu rumah

Kunci pintu rumah sering dianggap remeh. Padahal kunci pintu rumah merupakan salah satu pengaman rumah. Pintu rumah akan tertutup dengan kunci pintu rumah dan untuk membukanya pun seseorang membutuhkan kunci pintu rumah. Karenanya, jika saat ini Anda termasuk orang yang mengabaikan kunci pintu rumah, Anda perlu pikir ulang apalagi jika banyak barang berharga dalam rumah Anda.

Dalam perkembangannya, saat ini fungsi kunci pintu rumah bukan hanya untuk pengaman rumah, tetapi dapat juga difungsikan untuk mempermanis tampilan pintu Anda. Bahkan kunci pintu rumah dan gagangnya dapat Anda jadikan sebagai titik fokus pintu tersebut. Apalagi dengan banyaknya desain kunci pintu rumah dan gagangnya.

memilih kunci 11

Ada dua macam kunci pintu rumah yang saat ini dapat Anda temukan di pasaran, yaitu kunci pintu rumah konvensional dan kunci pintu rumah digital. Bentuk dari kunci pintu rumah konvensional yang hari ini dapat ditemukan di pasaran ada dua macam, yaitu kunci  tuas dan kunci  silinder. Kedua kunci pintu rumah tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Kunci tuas merupakan salah satu jenis kunci pintu rumah yang sangat sederhana dan paling lama dikenal orang. Kunci pintu rumah model ini juga masih banyak digunakan. Kunci tuas mempunyai bentuk yang memanjang yang terdiri dari per dan lempengan bergerigi. Lekukan dan jumlah gerigi pada kunci tuas ini sedikit dan sangat sederhana.

jenis kunci 2

 

Sebenarnya cara kerja kunci silinder dan tuas tidak jauh berbeda. Perbedaannya terletak pada kerumitan bentuk geriginya. Lekukan pada gerigi pada kunci pintu rumah bentuk silinder berfungsi untuk memutar silinder yang terdapat pada slot sehingga pintu dapat dibuka.

Kunci digital

jenis kunci

 

Jenis kunci pintu rumah yang kedua adalah kunci pintu rumah digital. Dilihat dari fungsinya, kunci pintu rumah digital mempunyai kehandalan yang lebih baik jika dibanding dengan kunci pintu rumah model konvensional. Sistem yang ada dikembangkan dalam kunci pintu rumah digital ada dua macam, yaitu menggunakan sistem nomor pin dan menggunakan remote.

Cara kerja kunci pintu rumah digital dengan sistem nomor pin hampir sama dengan sistem yang digunakan pada nomor pin ATM. Anda harus memasukkan no pin kunci pintu rumah untuk membukanya. Setelah nomor pin Anda masukkan kunci pintu rumah secara otomatis akan segera terbuka atau tertutup. Sedangkan pada kunci pintu rumah remote Anda dapat membuka atau menutup pintu rumah Anda dengan remote.

Nah ketika Anda sudah mengenal kunci pintu rumah dengan berbagai jenis dan ragamnya, giliran Anda harus memilih atau membeli kunci pintu rumah tersebut. Ada beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan saat hendak membeli kunci pintu rumah untuk desain interior rumah Anda. Dengan memperhatikan hal-hal berikut Anda akan mendapatkan kunci pintu rumah yang benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

Pertama, pilihlah produk dengan kualitas terjamin

memilih kunci 12

Mungkin Anda harus mengeluarkan biaya yang lumayan. Tetapi yakinlah bahwa barang dengan kualitas baik akan awet sehingga Anda tidak harus mengganti kunci pintu rumah yang baru lagi. Jangan terkecoh barang dengan harga murah tetapi kualitasnya tidak baik. Salah satu ciri kunci pintu rumah dengan kualitas baik tiga jaminan yang diberikan kepada penjual, yakni jaminan produk yang berkualitas, jaminan purna jual ataupun garansi produk.

Kedua, memilih kunci pintu rumah sesuai desain rumah

memilih kunci 4

Keseluruhan kunci pintu  rumah termasuk gagangnya hendaknya disesuaikan dengan desain interior rumah Anda. Karena ini akan menguatkan desain rumah yang anda usung. Misalnya Anda mengusung konsep tradisioanl, Anda dapat memilih gagang kunci pintu rumah yang membentuk lekukan indah sehingga kesan estetik pintu rumah Anda akan menonjol

Ketiga, perhatikan lingkungan tempat tinggal anda
memilih kunci 5

Hal ini menyangkut perawatan dan keawetan dari kunci pintu rumah yang Anda akan pasang di rumah Anda. Jika Anda berada di lingkungang yang dekat laut, disarankan Anda memilih kunci pintu rumah yang dapat menahan arus yang berunsur garam. Anda dapat mencari kunci pintu rumah berbahan stainless steel yang tahan garam, kuat dan tahan lama.

Keempat, sesuaikan anggaran

kunci pintu pin 9

Seberapapun keinginan Anda memiliki kunci pintu rumah yang baik, hendaklah selalu diingat anggaran yang tersedia. Jangan sampai Anda justru diberatkan dengan anggaran yang tidak Anda mampui. Anda tidak harus membeli kunci pintu rumah dengan harga mahal memang, selama kriteria yang lain terpenuhi, harga yang standart pun dapat Anda pilih.

Keempat hal inilah yang disarankan ketika Anda akan memilih kunci pintu rumah yang akan Anda aplikasikan dalam pintu rumah Anda. Apapun yang telah Anda putuskan, hendaklah selalu diingat bahwa perawatan menjadi suatu yang tidak boleh Anda lupakan. Mungkin Anda meremehkan pintu tetapi Anda akan sangat direpotkan ketika kunci pintu rumah tersebut tidak berfungsi gara-gara ceroboh dalam merawatnya.