menghadirkan kesederhanaan dalam desain interior rumah gaya jepang

Desain rumah dengan gaya Jepang saat ini semakin berkembang di Indonesia. Bahkan desain interior bergaya Jepang ini sering di temukan di banyak real estate. Salah satu hal yang menjadi penyebab berkembangnya rumah bergaya Jepang ini adalah semakin berkurangnya lahan hunian, terutama di kota-kota besar. Hal ini mendorong banyak orang melirik ke gaya Jepang.

Hal itu dapat dipahami karena memang rumah berdesain interior gaya Jepang menganut konsep sederhana namun fungsional. Karenanya, selain tidak perlu menampilkan berbagi furniture, konsep pemilihan elemen interior yang multifungsi menjadi pertimbangan dalam mengaplikasikan desain interior rumah bergaya Jepang.

desain interior rumah bergaya jepang5

Jika Anda mempunyai keinginan untuk menata rumah Anda dengan gaya Jepang, hal-hal berikut dapat Anda pertimbangkan, agar gaya Jepang yang akan Anda usung menjadi optimal. Optimal dari sisi fungsi dan artistiknya. Sehingga keramahan dan kenyamanan Anda mendiami rumah bergaya Jepang yang Anda usung selalu akan Anda rasakan.

Pertama, pahami warna

desain interior rumah bergaya jepang4

Salah satu yang menjadi ciri khas rumah berdesain interior gaya Jepang adalah warna. Kedekatan orang Jepang dengan alam mendorong mereka menghadirkan nuansa alam dalam rumahnya. Salah satu unsur alam yang dibawa ke dalam rumah bergaya Jepang adalah warna kayu. Warna kayu ini biasanya terlihat dominan, terutama dalam ruang tamu.

Tetapi jika Anda ingin memadukan warna-warna yang lain dalam desain interior rumah bergaya Jepang, maksimal ada tiga warna yang disarankan, yakni warna hitam, putih dan coklat. Jika Anda memaksakan menambah warna yang lain, maka hal itu akan memudarkan gaya Jepang yang akan Anda aplikasikan dalam rumah Anda.

Kedua, pencahayaan

desain interior rumah bergaya jepang

Cahaya memegang peranan yang sangat penting dalam keseluruhan desain interior rumah. Selain sebagai sarana penerangan, cahaya juga akan menghadirkan kesan tertentu. Kesan yang sering diciptakan oleh penataan cahaya yang baik adalah ruang yang terasa lapang dan hangat serta nyaman.

Dalam desain interior rumah bergaya Jepang, pencahayaan yang dominan adalah pencahayaan yang natural. Pencahayaan yang alami ini memenuhi ruang-ruang rumah bergaya Jepang dan memberikan pemandangan yang asri dan warna-warni alam. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pemilihan jendela dan ventilasi yang lebar.

Keberadaan ventilasi dan jendela yang lebar ini selain membebaskan cahaya dan udara masuk dalam ruang-ruang rumah, juga dapat memberi kebebasan penghuninya untuk tetap dapat menikmati pemadangan luar rumah dari balik tirai tipis nan ringan atau bahkan hanya dibatasi oleh kisi-kisi yang dipasang dan melengkapi jendela lebar tersebut.

Ketiga, penempatan dan pemilihan furniture

gaya jepang 7

Furniture menjadi elemen yang wajib dalam setiap desain interior rumah. Perbedaan desain interior rumah gaya Jepang dengan yang lainnya adalah pada furniture. Sesuai dengan konsepnya yang fungsionlis dan prinsip efisiensi, furniture yang diaplikasikan dalam rumah bergaya Jepang adalah furniture yang minimalis bahkan multifungsi.
Anda dapat menempatkan meja rendah tanpa kursi di ruang tamu Anda. Jika Anda tetap menginginkan hadirnya kursi di ruang tamu, pilihlah kursi yang rendah tanpa sandaran lengan dan sandaran punggung yang dipadukan dengan meja renda juga. Jika ingin menampilkan kesan elegan, Anda dapat memilih kursi dengan warna kayu.

Keempat, desain pintu

desain interior rumah bergaya jepang2

Rumah dengan gaya Jepang biasanya menggunakan pintu geser. Sebuah pintu yang biasanya terbuat dari kertas tembus. Tetapi seiring dengan perkembangan pintu geser atau sering disebut screen ini kini banyak ditemukan di toko online dan biasanya terbuat dari panel kaca yang dipasang di dalam kotak kayu.

Pintu geser dengan panel kaca ini sangat menguntungkan. Selain tidak menjadi penghalang cahaya alami, pemandangan alampun masih dapat dilihat dari pintu geser yang menyerupai layar ini. Sehingga, mengganti dinding dengan pintu kaca berpanel geser menjadi alternatif yang baik untuk menghadirkan gaya Jepang dalam rumah Anda.

Beberapa hal tersebut di atas dapat Anda jadikan pertimbangan ketika Anda menginginkan rumah dengan desain interior rumah bergaya Jepang hadir di rumah Anda. Anda dapat memadukannya dengan imajinasi dan kreasi Anda sehingga gaya Jepang modern akan Anda temukan.