menghadirkan kesederhanaan yang nyaman dalam desain interior rumah minimalis

Mempunyai rumah yang nyaman, menyenangkan memang menjadi impian hampir setiap orang. Karena rumah merupakan tempat berkumpul dengan keluarga. Di samping itu rumah juga menjadi tempat pertama dalam menanamkan nilai-nilai moral pertama kali. Sebelum anak mengenal dunia luar, di rumahlah dia akan belajar berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai ciri masing-masing.

Saat ini rumah minimalis menjadi trend yang banyak diikuti oleh banyak orang. Bukan hanya karena lahan yang telah semakin sempit sehingga untuk mendirikan rumah yang luas diperlukan biaya yang tidak sedikit namun juga karena kelebihan-kelebihan rumah minimalis yang membuat orang melirik rumah minimalis. Bahkan rumah yang mempunyai desain interior rumah sederhana semakin banyak diminati. Dengan lahan yang tidak terlalu besar seseorang dapat membangun rumah yang nyaman dan menyenangkan.

Ada 9 hal penting yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda ingin mendesain interior rumah minimalis. 

desain interior rumah minimalis5

Kenyamanan sebuah rumah seharusnya tidak hanya tampak dari luarnya saja. Tetapi kondisi di dalam ruangan rumah justru harus mendapat perhatian yang besar karena dalam ruang rumah itulah sebagian besar anggota keluarga menghabiskan waktunya. Karenanya, desain interior rumah minimalis banyak dianut oleh banyak orang. Karena rumah sederhana tetapi dengan desain interior minimalis rumah menjadi terasa nyaman dan mengesankan.

Ketika Anda ingin menerapkan desain interior rumah minimalis dalam rumah Anda, sebaiknya Anda mengetahui prinsip-prinsip desain interior rumah minimalis. Dengan demikian, Anda dapat menata ruangan rumah Anda sesuai dengan keinginan Anda tanpa meninggalkan keindahan dan estetikanya. Yakinlah jika Anda berhasil menerapkan desain interior rumah minimalis dalam rumah Anda, kenyamanan dan kedamaian berada di dalam rumah akan Anda rasakan.

Optimalisasi fungsi ruangan

desain interior rumah minimalis4

Keterbatasan ruang mengharuskan Anda berpikir untuk mengoptimalkan fungsi dari setiap desain interior rumah minimalis yang Anda aplikasikan dalam rumah Anda. Karenanya, dalam menenpatkan elemen desain interior rumah minimalis harus Anda perhitunngkan benar fungsi dari elemen interior tersebut. Misalnya Anda menempatkan sofa, harus Anda perhitungkan besar sofa tersebut dan juga fungsi lain yang dapat dioptimalkan dengan kehadiran sofa dalam ruangan tersebut.

Simple dan bersih

Desain Ruang Keluarga

Kesimpelan dari desain interior rumah minimalis dapat dikenali dari pewarnaan dinding ruangan. Warna netral sering mendominasi dalam desain interior minimalis. Ini dimaksudkan untuk tetap menjaga space yang memang sudah minimalis. Di samping pertimbangan warna, mudah sukarnya elemen desain interior rumah minimalis tersebut dibersihkan harus juga Anda pertimbangan. Jangan sampai desain interior rumah minimalis menjadikan Anda repot karena elemen-elemen yang ada di dalamnya sangat sulit dibersihkan.

Elemen desain interior rumah minimalis multifungsi

desain interior rumah minimalis11

Salah satu cara untuk meningkatkan optimalisasi elemen desain interior rumah minimalis adalah memilih furniture yang multifungsi. Furniture yang multifungsi ini akan menjadikan ruaangan minimalis Anda tetap dapat Anda gunakan untuk memenuhi keperluan ruang Anda. Misalnya, Anda dapat saja meletakkan tempat tidur yang di bagian bawahnya sudah terdapat rak yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan buku atau barang lainnya.

Anda juga dapat menempatkan rak TV yang sekaligus dapat Anda gunakan untuk menyimpat koleksi CD atau DVD Anda. Atau bahkan rak TV tersebut dilengkapi dengan rak untuk memajang koleksi buku-buku Anda. Hingga kehadiran sebuah rak dapat Anda gunakan dengan berbagai macam kebutuhan. Kecermatan Anda dalam memilih furniture yang tepat untuk desain interior rumah Anda sangat membantu terciptanya desain interior rumah minimalis yang menyenangkan.

Elemen Tertata rapi
Desain Interior Rumah Terbaru Minimalis Info Bisnis Properti - Model Rumah

Memang semua desain interior rumah baik minimalis maupun maksimalis pasti selalu memikirkan penataan yang rapi dan tidak semrawut. Karenanya, sebelum Anda membeli dan mengapilkasikan elemen desain interior rumsh minimalis, Anda harus merencanakan barang apa saja yang akan Anda letakkan dalam sebuah ruangan beserta deskripsi fungsinya. Hal ini untuk menghindari pembelian dan penempatan barang atau furniture yang tidak pas dalam desain interior rumah minimalis.

Anda harus membatasi dan paham bahwa optimalisasi fungsi furniture dalam sebuah desain interior rumah minimalis menjadi prinsip yang harus diperhatikan. Mengabaikan fungsionalitas furniture atau elemen desain interior minimalis ini akan membuat sebuah ruangan terasa penuh dan terkesan sumpek. Tentu hal itu bertentangan dengan tujuan mendesain interior rumah minimalis yang ingin mendapatk kenyamanan dan keindahan sebuah rumah hunian.

Efektif dan efisien

desain interior rumah minimalis

Ini juga merupakan prinsip dari desain interior rumah minimalis. Kesadaran akan luasan ruang yang terbatas akan mengharuskan Anda hanya membeli dan menempatkan barang atau elemen desain interior rumah minimalis yang memang benar-benar mendukung fungsi. Anda tentu tidak perlu membeli sofa besar dengan desain mewah meski hal itu sangat Anda sukai. Karena sebenarnya kemewahan dari sebuah furniture akan tercipta dari keseimbangan dan keseluruhan desain interior rumah minimalis.

Bisa jadi perabot yang sederhana tetapi memang sangat vital fungsinya dapat memberi kesan mewah karena Anda letakkan di ruangan yang sesuai dengan warna ruangan, serta konsep yang diusung yakni minimalis. Bahkan sebuah vas bunga kecil dengan tanaman indoor yang Anda pasang di sudut ruang tamu akan memberikan warna dan estetika dalam ruangan tersebut. Atau sebuah bingkai foto yang Anda pasang di dinding ruang tamu Anda justru menjadi focal point dalam keseluruhan desain interior rumah minimalis yang Anda aplikasikan.

Selengkapnya bagaimana mendesain interior rumah minimalis dapat Anda temukan juga di www.interdesain.com yakni pada postingan yang membahas 9 hal penting dalam desain interior rumah.