mengubah suasana hampa dengan mendesain dinding interior rumah

Hunian yang nyaman melegakan dan estetik adalah dambaan setiap orang. Kenyamanan sebuah hunian akan membuat para penghuninya lebih memilih beraktivitas di dalam rumah. Kerukunan dan keutuhan rumah pun menjadi lebih kuat. Semua itu akan menjadi awal yang baik dalam sebuah keluarga.

Salah satu cara membuat orang tetap tinggal di rumah baik rumah dengan desain rumah minimalis maupun maksimalis adalah menciptakan desain interior rumah yang disukai oleh semua anggota keluarga. Salah satu caranya adalah dengan mendesain dinding rumah dengan berbagai kreasi unik yang melibatkan semua anggota keluarga. Lukisan dinding juga menjadi salah satu alternatif untuk tujuan tersebut. Sehingga desain dinding yang ada adalah karya dan ide dari semua anggota keluarga.

mengubah suasana hampa dengan mendesain dinding interior rumah1

Beberapa ide yang dapat Anda aplikasikan dalam mendesain dinding interior rumah Anda kami coba posting di sini. Harapannya ini dapat menginspirasi Anda sehingga kreativitas dan daya imajinasi Anda dapat muncul. Anda dapat menumpahkan apa yang sudah Anda imajinasikan dalam dinding interior rumah Anda.

Pertama, tetapkan fokus pada dinding Anda

mengubah suasana hampa dengan mendesain dinding interior rumah6

Dalam sebuah desain interior rumah focal point, aksen atau fokus sangat penting. Fokus inilah yang akan menjadi perhatian pertama saat seseorang memasuki ruangan rumah. Ia akan mewakili desain ruang tersebut. Ketika aksen yang Anda ciptakan menarik, orang akan segera mengatakan dalam hatinya, wah…

Kedua, tetapkan suasana yang ingin diciptakan

inspirasi-desain-dinding-rumah2

Langkah kedua ini akan mempengaruhi elemen apa yang harus Anda siapakan untuk mendukung suasana tersebut. Hal ini disebabkan karena setiap elemen dalam desain interior akan membawa suasana sendiri-sendiri. Nah Anda dituntut mampu memadukan berbagai elemen dengan ciri dan tabiat yang berbeda tersebut menjadi satu kesatuan untuh dalam desain interior rumah.

Ketiga hidupkan dan hiasi dinding kosong

mengubah suasana hampa dengan mendesain dinding interior rumah3

Dinding yang kosong akan memberi kesan hampa pada suatu ruangan. Meskipun pada desain minimalis dinding kosong ini dapat menimbulkan kesan luas pada ruangan yang sempit. Tetapi Anda tetap harus berusaha menghidupkan suasana dinding dengan berbagai ide. Beberapa ide itu diantaranya adalah:

memasang foto atau menggambar lukisan dinding.

Cara termudah membuat dinding lebih hidup adalah dengan memasang lukisan atau foto. Anda cukup memilih foto yang akan Anda pasang pada dinding.  Andapun dapat atau menggambar lukisan dinding  pada sisi dinding tertentu. Tentu untuk memasang foto Anda harus menyesuaikan dengan fungsi ruang tersebut. Misalnya untuk ruang kerja Anda dapat memasang lukisan pemandangan yang menjadikan ruang kerja menjadi nyaman.
melukisi dinding

inspirasi-desain-dinding-rumah

Ide ini dapat diterapkan bagi Anda yang memang mempunyai kesukaan melukis. Anda dapat menuangkan imajinasi Anda pada dinding. Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak melukis di dinding yakni usahakan lukisan tidak memberi kesan ruwet dan semrawut pada dinding. Hal itu dapat Anda siasati dengan lukisan lukisan dengan warna yang tidak terlalu banyak.

Menempatkan rak

mengubah suasana hampa dengan mendesain dinding interior rumah4

Selain sebagai pemanis dinding, rak buku yang menempel di dinding menjadikan multifungsi dinding Anda, yakni selain sebagai pembatas ruangan juga sebagai tempat meletakkan koleksi buku Anda. Yang perlu diingat ketika Anda akan menempatkan sebuah rak buku pada dinding adalah yakinkan pada diri Anda bahwa rak tersebut dapat memberi nilai estetika pada ruang Anda, jangan sebaliknya.

Memasang ornamen pada dinding

wallpaper-dinding-anak-gambar-pohon-unik-21

Ornamen pada dinding dapat Anda ciptakan dengan menempel potongan-potongan kertas dengan pola tertentu. Kemudian potongan kertas tersebut Anda tata pada dinding Anda membentuk sebuah bentuk yang sudah Anda persiapkan. Untuk mempermudah kerjanya, Anda dapat mendesainnya terlebih dulu pada kertas gambar Anda.

Cobalah mengaplikasikan beberapa ide tersebut di atas pada dinding Anda. Tentu tidak semuanya. Anda dapat memilih ide mana yang paling Anda sukai dan mudah Anda kerjakan. Sehingga mendesain interior rumah menjadi pekerjaan yang menyenangkan.