meningkatkan kreativitas anak dengan desain interior kamar tidur anak

Bagi orang tua anak adalah segalanya. Mereka akan berkorban apa saja bagi si buah hati. Maka tidak mengherankan dalam mendesain kamar tidur anak pun mereka berusaha menyelaraskan ide mereka dengan apa yang disukai sang anak. Kehadiran desain interior kamar tidur yang nyaman akan membuat anak-anak semakin betah di rumah. Dan jika itu terjadi maka kerja Anda selaku orang tua akan lebih ringan.

Menghadirkan desain interior kamar tidur anak sesuai dengan kesukaan anak membutuhkan pendekatan kepada anak. Lebih dekatnya anak dengan orang tua akan berpengaruh pada hubungan mereka. Sebab berapa banyak anak yang justru dekat dengan orang lain dibanding dengan orang tuanya sendiri.

desain interior kamar tidur5

Menciptakan kedekatan anak dengan orang tua dapat dimulai dengan merencanakan desain interior kamar mereka. Bukan menjadi masalah luasan kamar yang terbatas. Yang penting tepat dalam memilih tema kamar, olahan bentuk dan pemilihan material. Hal-hal itulah yang harus Anda pertimbangkan dalam mendesain interior kamar tidur mereka dan berikut pembahasannya secara lebih rinci.

Pertama, Bedakan desain interior kamar anak laki-laki dengan anak perempuan.

Kenapa dibedakan? Ya karena mereka dua jenis manusia yang berbeda. Berbeda dalam banyak hal. Misalnya dalam masalah warna, masalah sarana bermain. Penyamaan desain interior kamar pada anak laki-laki dan perempun ini dapat berakibat vatal. Yah, karena dengan demikian sesungguhnya berarti itu adalah pemaksaan penyamaan dari dua perbedaan yang ada. Akibatnya hal itu akan berpengaruh pada sikap mental atau psikologis mereka.

desain interior kamar tidur4

Kedua, pemilihan tema kamar.

Seperti hal nya merancang desain interior rumah secara keseluruhan, desain interior kamar tidur anak pun harus mempunyai konsep dan tema. Karena tema inilah yang akan menentukan pekerjaan berikutnya. Misalnya Anda memilih tema lumbung pada desain interior kamar tidur anak Anda, ini akan mempengaruhi bentuk ranjang ataupun furniture lainnya sehingga suasana ruangan akan nyaman dirasakan oleh anak ketika berada di kamarnya.

Ketiga, olahan bentuk.

Misalnya Anda memilih desain interior kamar tidur anak dengan tema lumbung, maka bentuk furniture yang adapun hendaknya disesuaikan dengan tema tersebut. Anda dapat memilih atau memesan tempat tidur berbentuk lumbung yang mini dengan ranjang dibuat multifungsi. Misalnya di bagian depan Anda fungsikan sebagai rak buku sekaligus sebagai meja belajar. Lantai dapat Anda lapisi dengan karpet dengan mengambil warna yang senada dengan tema yang diusung. Kemudian di bagian dinding dapat Anda tambahkan dengan gambar-gambar yang sesuai dengan kesukaan anak.

desain interior kamar tidur
Keempat, pemilihan material.

Untuk membuat furniture yang sesuai dengan rancangan desain interior kamar , Anda dapat menggunakan bahan multipleks lapis HPL dengan motif kayu. Namun itu tidak harus, dalam memilih motif Anda dapat mendiskusikannya dengan anak Anda. Sehingga pilihan yang dijatuhkan bukanlah semata-mata pilihan orang tua tetapi juga pilihan atas dasar kesukaan anak.

desain interior kamar tidur6

Kelima, Gunakan Pencahayaan yang Cukup.

Dalam desain interior kamar anak Anda, pemilihan lampu yang tepat dengan tetap mempertimbangkan keamanan atau safety harus dilakukan. Pencahayaan hendaknya cukup terang karena biasanya selain untuk tidur ruangan tersebut juga mereka gunakan untuk bermain.

Pencahayaan yang terang selain akan memberi kesan luas pada ruangan juga memang sangat dibutuhkan ketika mereka bermain di dalam kamarnya. Di samping lampu utama, tambahkan juga lampu belajar yang jika lampu ruangan tidak mendukung untuk belajar. Kenyaman desain interior kamar anak Anda yang apik dan artistik akan mendorong kreativitas dan kecerdasan serta keceriaan anak Anda.