menjaga desain interior dapur dari serangan tikus yang merugikan

Dapur menjadi salah satu yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga. Dari dapurlah makanan terhidang. Selain itu dapur yang menyatu dengan ruang makan menjadi sarana untuk santai dalam keluarga dan menciptkan keakraban. Ketika ibu sedang menyiapkan makan, suami dan anak-anak dapat menggunakan waktunya untuk ngobrol dan berbagi.

Begitu pentingnya fungsi dapur mengharuskan dapur tetap kelihatan bersih dan jauh dari jangkauan hewan yang berbahaya bahkan dapat menularkan penyakit. Tetapi ada seekor hewan yang sering nylonong saja masuk ke dapur meski ruangan dapur sudah diseting sedemikian rupa hingga menurut perkiraan tidak ada lagi celah seekor hewan untuk masuk ke dapur. Karenanya Anda selain postingan ini Anda juga harus membaca 5 hal penting dalam desain interior dapur.

Desain interior dapur

Tahukah Anda hewan apa itu? Ya, dia adalah tikus. Jengkel dan geram memang ketika sesuatu yang akan dimasak atau dihidangkan tiba-tiba saja hilang atau tinggal sisa-sisa si tikus. Nah postingan kali ini akan membahas tips agar dapur terhindar dari tikus dan bahan atau makanan yang ada tetap dapat dinikmati oleh anggota keluarga.

Pertama, jauhkan sampah dari dapur

mencegah tikus masuk ke dapur

Terkadang seseorang lalai untuk segera membakar atau menyingkirkan sampah dari dalam dapur. Tumpukan sampah ini akan mengundang tikus datang dan mengacak-acak sampah tersebut. Yang lebih menjengkelkan setelah sampah di acak-acak, si tikus akan segera mencari makanan lain yang dapat dia sikat.

Kedua, pilihlah desain rak yang menempel dinding

almari menempel di dinding

Jika rak yang ada di dalam dapur menempel di dinding akan menyulitkan si tikus menjangkau makanan atau masakan yang ada dalam rak tersebut. Apalagi jika rak tersebut kemudian dikunci, jaminan makanan tidak terjamah oleh tikus menjadi lebih besar. Dan Anda pun tidak dibuat jengkel oleh hewan pengerat ini.

Ketiga, pastikan tidak ada celah yang menuju ke dapur

Hindari celah

Tikus termasuk hewan yang cerdik dan tidak mengenal kalah dalam mencari makan. Dia akan sanggup melewati celah meskipun celah tersebut hanya seukuran tubunya. Karenanya, pastikan bahwa tidak ada celah yang dapat dimanfaatkan si tikus untuk masuk ke dalam dapur Anda. Jika terlihat celah, meskipun kecil segeralah ditutup sebelum si tikus memperbesar celah tersebut.

Keempat, tetap hidupkan lampu
lampu dapur

Salah satu yang ditakuti oleh tikus adalah cahaya. Tikus akan lebih senang masuk pada ruangan yang gelap. Karenanya agar tikus takut dan tidak masuk ke dapur lampu jangan dimatikan. Ruangan yang terang menyebabkan si tikus enggan masuk ke dalam ruangan tersebut. Dan dia akan senantiasa menanti kesempatan sampai lampu dimatikan.

Kelima, hindari penggunaan racun tikus

tikus di dalam desain interior dapur

Kenapa? Ya karena bisa jadi saat tikus tersebut makan racun itu dia tidak langsung mati. Dan bahkan dapat berlari kemana dia suka. Akan sangat menyulitkan Anda jika tikus yang makan racun itu kemudian mati di tempat yang tidak Anda ketahui. Tentu bau bangkai akan segera tersebar dan Anda akan merasakan kesulitan dalam membersihkannnya.

Alternatif lain yang dapat Anda gunakan adalah perangkap tikus. Ini lebih dianjurkan daripada penggunaan racun. Perangkap tikus memungkinkan tikus tetap berada di dalam perangkap tersebut sehingga dapat dengan mudah Anda buang atau Anda bunuh kemudian bangkainya Anda buang. Sehingga Anda terhidar dari bangkai tikus yang membusuk.

Kelima tips tersebut sesungguhnya mengharuskan untuk senantiasa menjaga desain interior dapur, baik dari sisi kebersihannya maupun dari sisi desainnya. Desain interior dapur sebelum diaplikasikan, hendaknya sudah dapat memberi gambaran apa yang mungkin terjadi dan bagaimana mengatasinya. Anda  juga harus membaca 5 hal penting dalam desain interior dapur.