merancang desain interior kamar tidur anak, nyaman dan menggairahkan

Kebiasaan anak yang suka bergerak dan juga masih mengalami pertumbuhan yang cukup luar biasa membutuhkan ruangan yang nyaman untuk mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya. Karenanya, jika Anda ingin menyediakan desain interior kamar tidur anak Anda, selain unsur kenyamanan yang harus Anda perhatikan, keamanan dan sarana ekspresi diri si anak pun hendaknya tidak Anda abaikan.

Bisa jadi menurut Anda kamar tidur anak sudah nyaman tetapi karena segi keamanannya tidak Anda perhatikan bisa saja menjadi penyebab terjadinya sesuatu yang tidak Anda inginkan. Atau mungkin persoalan kunci yang tidak Anda perhatikan menyebabkan si anak terkunci di dalam kamarnya.

desain interior kamar tidur anak

Atau karena tidak adanya tempat untuk mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran mereka berakibat mereka cepat bosan berada di dalam kamar tidurnya karena keterbatasan aktivitas yang dapat mereka lakukan. Beberapa hal yang tidak Anda inginkan itu mungkin akan terjadi pada anak Anda.

Karenanya dalam mendesain interior kamar tidur anak, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

desain interior kamar tidur anak 5

Pertama, Perhatikan Perabot yang Akan Anda Letakkan di dalam kamar tidur anak.

Selain tempat tidur, perabot yang akan Anda letakkan di dalam desain interior kamar tidur anak hendaknya mengingat luas dan juga aktivitas anak. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa anak biasanya mempunyai aktivitas yang luar biasa yang tidak boleh begitu saja kita larang. Karena aktivitas tersebut memang diperlukan dalam masa pertumbuhannya.

Jangan sampai Anda menempatkan perabot yang justru akan menjadikan kebebasan anak dalam beraktivitas terhambat. Jika ruang kamar tidur anak sempit, Anda bisa memilih perabot-perabot yang sederhana, slim (tidak lebar) sehingga sisa ruang yang ada dapat mereka pergunakan untuk beraktivitas.

desain interior kamar tidur anak 2

Kedua, Pilihlan Dekorasi yang Mereka Senangi.

Mendesain interior kamar tidur anak berati Anda memang bermaksud menyediakan sebuah ruangan untuk anak Anda. Mengajak serta anak dalam melakukan desain interior kamar tidur mereka akan mempermudah Anda dalam memilih dekorasi. Anda dapat menanyakan warna apa yang disukai, kemudian perlu ndak dipasang asesoris tertentu seperti gambar dan sebagainya.

Harapannya apapun yang akan Anda letakkan di dalam desain interior kamar tidur anak tersebut benar-benar sesuatu yang mereka sukai, sehingga kenyamanan berada dan bermain di dalamnya dapat mereka rasakan. Jika hal itu Anda perhatikan yakinlah si buah hati akan betah berada di dalam rumah dan bermain di kamarnya.

desain interior kamar tidur anak 3

Ketiga, Pikirkan Sarana untuk Berekspresi.

Ini akan memacu kreativitas sekaligus dapat Anda jadikan sarana dalam mengetahui bakat sang anak. Untuk hal itu, Anda dapat menempatkan sebuah board dalam desain interior kamar tidur anak Anda. Board tersebut dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran mereka.

Biasanya, ketika sarana itu Anda sediakan, si anak akan memanfaatkannya meskipun hanya sekedar untuk corat coret. Tapi yakinlah dengan aktivitas anak tersebut Anda akan terbantu melihat bakat si anak. Bisa juga Anda letakkan mainan yang memicu aktivitas mereka. Misalnya dengan menempatkan sebuah arena balap mobil-mobilan, jika memang ruang yang tersedia cukup untuk hal itu.

desain interior kamar tidur anak 4
Keempat, Pemilihan Warna.

Dalam memilih warna inipun Anda dapat mendiskusikan dengan calon penghuni kamar tersebut. Anda tidak dapat memaksakan sebuah warna untuk mereka. Cobalah Anda tawarkan dengan pengarahan efek dari warna tersebut. Sehingga warna desain interior kamar anak Anda benar-benar dimengerti oleh mereka.

Mendiskusikan saat kita akan mendesain interior kamar tidur anak ini juga akan melatih mereka untuk belajar mengekspresikan keinginan dalam bentuk bahasa verbal dan juga mengajarkan kepada mereka bagaimana menghargai pendapat orang lain.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain interior kamar tidur anak. Untuk desain interior kamar tidur secara keseluruhan dapat Anda temukan dalam 5 hal penting dalam desain interior kamar tidur.