mewah menawan nan elegan rumah dengan desain interior gaya art deco

Pernahkan Anda memasuki ruangan dimana dominasi furniture dan dekorasi di dalamnya? Apa kesan yang Anda rasakan ketika dalam ruangan itu mata Anda dimanjakan dengan dekorasi yang indah? Apa yang akan Anda katakan juga dengan furniture yang memberi kesan mewah ruangan dan juga banyaknya ornamen bentuk geometris dalam ruangan tersebut yang semakin menambah nilai estetika ruangan? Mewah, nyaman dan menyenangkan, barangkali itulah yang akan Anda rasakan. Itu pula yang menjadi ciri dari desain interior rumah gaya art deco.

desain interior rumah gaya art deco yang mewah dan elegan 2

Desain interior rumah gaya art deco merupakan salah satu gaya desain interior yang berkembang dan popular pada sekitar tahun 1920 – 1930. Desain interior rumah gaya art deco sebenarnya perpaduan dari bermacam arsitektur rumah yang ada, antara lain modernism, kubisme, art nouveau dan lainnya. Karenanya, pada aplikasi desain interior rumah gaya art deco akan memberi kesan klasik pada sebuah ruangan.

Di Indonesia gaya art deco pada awalnya dibawa oleh arsitek Belanda, antara lain CP Wolff Schoemaker, AF Aalbers, dan Johan Lowrens Ghijsels. Aplikasi gaya art deco pada desain interior rumah di Indonesai terlihat lebih sederhana. Pola garis lengkung dan bentuk-bentuk yang lebih ramping, streamline dan silindris juga menjadi ciri gaya art deco pada desain interior rumah di Indonesia. Meskipun demikian kesan mewah, artistik menjadi ciri umum dari gaya art deco.

desain interior rumah gaya art deco yang mewah dan elegan

Ciri lain dari desain interior rumah gaya art deco dominasi dekorasi pada ruang. Hampir semua elemen desain interior rumah gaya art deco seperti dinding, lantai, perabot, memiliki desain bentuk geometri, ornamen, tekstur dan warna simbol yang berbeda-beda. Bahkan sering desain interior gaya art deco terkesan abstrak. Banyaknya dekorasi yang diaplikasikan dalam desain interior rumah gaya art deco menyebabkan ruangan terkesan ramai, tetapi tetap memberi kenyamanan pada seseorang yang berada di ruangang berdesain interior gaya art deco.

Secara rinci Anda dapat mengenali gaya art deco ini dari beberapa hal yang diaplikasikan dalam gaya art deco tersebut, seperti abstrak, kesan glamour pada furniturenya, pemilihan warna yang lebih variatif, penggunaan material yang beragam. Untuk itu beberapa hal tersebut menjadi pertimbangan ketika seseorang ingin menerapkan gaya art deco pada desain interior rumahnya. Keseimbangan dan kepaduan tetap menjadi sesuatu yang harus dinomorsatukan, sehingga kesan ramai gaya art deco tetap memberi kenyamanan dan estetika ruangan.

Kesan glamour desain interior gaya art deco

desain interior rumah gaya art deco yang mewah dan elegan 11

Kesan glamour pada desain interior rumah gaya art deco dapat dihadirkan dengan furniture yang di beri sentuhan istimewa. Misalnya furniture dengan desain klasik yang dipadu dengan kehadiran cermin dengan bingkai klasik juga. Furniture tersebut akan lebih nampak glamour lagi ketika terbuat dari kayu dengan desain klasik dan bertahtakan kristal akrilik. Kehadiran lampu kristal dalam ruangan itu akan menjadikan kesan mewah dan glamour semakin terasa.

Aplikasi warna yang variatif

desain interior rumah gaya art deco yang mewah dan elegan 5

Warna yang mampu menciptakan berbagai suasana dalam setiap ruangan benar-benar dieksplor dalam desain interior rumah gaya art deco. Karenanya, berbagai pilihan warna yang variatif digunakan dalam gaya art deco ini. Bahkan terkadang aplikasi warna yang mencolok terlihat sangat kuat. Namun, meski demikian perpaduan dua warna yang mencolok itu tetap terlihat artistik sehingga tetap saja memberikan kenyamanan. Perpaduan warna kontras itu akan menambah suasana semakin abstrak.

Aplikasi material yang bervariasi

desain interior rumah gaya art deco yang mewah dan elegan 12

Gaya art deco memang memberikan keleluasaan dalam pemilihan berbagai elemen desain interior rumah gaya art deco. Bukan hanya dalam hal aplikasi warna ataupun dekorasinya. Bahkan material yang digunakan dalam gaya art deco juga beragam. Material furniturenya pun juga bervariasi. Penggunaan material yang beragam ini dimaksudkan untuk menghadirkan kesan seimbang dan serasi dalam desain interior rumah.

Dengan mengetahui ciri-ciri dari desain interior rumah yang bergaya art deco tersebut, kini Anda mempunyai referensi untuk mendesain interior rumah Anda dengan gaya art deco. Anda dapat memperbanyak referensi tentang gaya art deco ini dari berbagai sumber.