nyaman menawan desain interior rumah dengan jendela

Salah satu elemen penting dalam sebuah rumah adalah jendela. Ia merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan desain interior rumah baik rumah minimalis maupun rumah yang luas. Kehadirannya bahkan dapat menjadi pemanis sebuah ruangan. Jendela merupakan akses yang dapat ditembus oleh sinar dan cahaya matahari.

Anda tentu dapat merasakan perbedaan rasa dan suasana sebuah ruangan yang tidak ada cahaya matahari di dalamnya. Ruangan tersebut seperti tidak bernyawa, ada suasana mati di dalamnya. Atau bahkan rasa pengap akan Anda rasakan dalam sebuah ruangan yang tidak ada sirkulasi udara yang baik di dalamnya.

desain interior rumah 2

Namun ruangan yang diterangi dengan sinar matahari dengan kesegaran sirkulasi udara akan menambah semangat hidup orang – orang yang ada di dalamnya. Bahkan sebuah penelitian telah mengungkap ternyara mood yang baik itu mempunyai hubungan yang kuat dengan sinar matahari.

Karenanya desain interior rumah minimalis ataupun maksimalis harus senantiasa memperhatikan dan memperhatikan jendela, tidak peduli apakah itu desain interior rumah minimalis atau bukan. Karena selain fungsi jendela yang sangat vital, jendela juga dapat menghadirkan visual yang menawan. Bahkan dalam sebuah desain interior rumah, jendela dapat menjadi focal point.

desain interior rumah 3

Ada dua jendela yang dapat diaplikasikan dalam desain interior rumah kita.

Yang pertama adalah jendela mati. Jendela mati adalah jendela yang sengaja tidak untuk dibuka dan ditutup. Kehadirannya dalam sebuah ruangan bisa jadi hanya sebagai elemen dekorasi atau focal point dan juga sebagai jalan agar sinar matahari dapat masuk dalam ruangan itu. Selain itu jendela jenis ini dapat menjadi sarana membuang kejenuhan saat Anda berada dalam ruangan.

Sedangkan jenis jendela yang kedua adalah jendela yang dapat dibuka dan ditutup, sehingga selain sebagai elemen dekorasi dalam desain interior rumah jendela jenis ini juga menjadi penjamin sirkulasi udara dalam ruangan dan sekaligus pintu masuknya sinar atau cahaya matahari. Jenis jendela manapun yang Anda pilih semuanya terserah kebutuhan Anda.

Apakah Anda memasang jendela sekedar memberi peluang sinar dan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan tersebut ataukan sekaligus sebagai penjamin sirkulasi udara dalam ruangan tersebut. Andalah yang menentukan. Yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan memilih jendela adalah jangan hanya mempertimbangkan masalah fungsi jendela.

Tetapi Anda juga harus mempertimbangkan masalah keamanan dan juga estetis jendela tersebut. Jika salah satu dari hal ini Anda abaikan, Anda akan mendapatkan fungsi jendela yang tidak optimal dalam keseluruhan desain interior rumah. Sekali lagi ingatlah bahwa jendela dapat menjadi focal point dalam ruangan tersebut.

desain interior rumah

Setelah Anda menentukan fungsi dan nilai estetika yang akan Anda capai dalam menghadirkan jendela dalam desain interior rumah Anda, berikutnya yang harus Anda pikirkan adalah material apa yang akan Anda gunakan untuk membuat jendela termasuk jenis dan bentuk kusen.

Apakah Anda akan menggunakan jendela berbahan kayu ataukah besi. Apakah material kaca yang akan Anda gunakan untuk jendela ruang tersebut ataukan daun jendela dari material kayu atau bahan lain. Tentu Anda juga yang menentukan. Tetapi satu hal yang harus Anda ingat adalah jangan sampai jendela yang akan Anda hadirkan haruslah tetap membentuk keutuhan yang padu dalam keseluruhan desain interior rumah Anda.

desain interior rumah 4

Anda dapat menggunakan material kaca pada sebagian jendela Anda jika Anda menginginkan adanya pemandangan luar yang dapat Anda hadirkan melalui jendela. Selain sinar dan cahaya matahari yang dapat leluasa masuk di ruang Anda, mata Anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan yang memang Anda ingin lihat dari dalam ruangan melalu jendela.