optimalisasi desain interior kamar mandi untuk kenyamanan fungsi

Desain interior kamar mandi merupakan hal yang harus Anda pikirkan ketika Anda menginginkan rumah Anda menjadi surga bagi Anda dan anggota keluarga Anda. Kenapa demikina? Ya, karena kamar mandi merupakan bagian penting yang mendukung kenyamanan penghuninya. Anda dapat bayangkan kan bagaimana repotnya jika kamar mandi tidak ada di dalam rumah Anda.

Ya tentu saja repot karena si dia atau sebut saja si kebelet itu datang tidak pernah memberi tahu dulu. Dia juga tidak pernah mengingat waktu kalau minta keluar. Kadang pagi, siang bahkan tidak jarang tengah malam. Nah, coba Anda bayangkan betapa ribet dan repotnya jika tidak ada kamar mandi di rumah kita.

Bayangkan juga kamar mandi yang didesain secara asal-asalan betapa kamar mandi itu akan menyiksa orang yang sedang melakukan aktivitasnya. Nah, dengan gambaran seperti itu apakan Anda tetap akan menganggap remeh desain interior kamar mandi? Saya yakin Anda akan mempertimbangkan masak-masak dalam mendesain interior kamar mandi Anda. Hal penting dalam menciptakan desain interior kamar mandi yang nyaman perlu Anda ketahui.

desain interior kamar mandi2

Apalagi cepatnya perkembangan budaya dan juga teknologi yang menjadikan perubahan fungsi pada kamar mandi. Kalau dulu kamar mandi hanya digunakan sebatas untuk membersihkan tubuh dan bab (buang air besar) maupun bak (buang air kecil), kini kamar mandi mempunyai fungsi yang lebih dari itu.

Hal ini menekankan lagi pentingnya desain interior kamar mandi yang dapat mengantarkan terpenuhinya fungsi-fungsi tersebut. Karena memang kamar mandi saat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk mandi. Di antara fungsi kamar mandi selain sekedar untuk membersihkan tubuh, BAB dan BAK (Buang air kecil) adalah sebagai berikut:

Fungsi relaksasi dari Kamar Mandi

Pernahkan kepenatan Anda rasakan saat selesai melakukan aktivitas di luar rumah? Lalu pernahkah Anda bayangkan betapa segarnya ketika dalam kondisi seperti itu Anda disuguhi air yang dapat kita gunakan untuk berendam dengan pandangan mata Anda dimanjakan dengan sentuhan-sentuhan lembut yang tercipta dari desain interior kamar mandi Anda? Nah, fungsi kamar mandi seperti inilah yang saat ini dibutuhkan oleh para pemiliknya.

desain interior kamar mandi3

Tempat mencari Inspirasi

Mungkin terdengar lucu di telinga Anda. Tetapi saya yakin Anda pernah mendapatkan inspirasi saat Anda berada di kamar mandi. Ketika Anda melihat elemen-elemen yang ada dalam desain interior kamar mandi Anda, ketika Anda melihat air yang menetes dari celah celah kran atau ketika Anda memandangi jejeran handuk yang berada di kamar mandi Anda bisa jadi Anda mendapatkan inspirasi dari intu semua.

Fungsi Kamar Mandi sebagai Tempat bersuci

Bagi keluarga muslim kamar mandi merupaka salah satu tempat bersuci ketika akan menjalankan aktivitas ibadah. Karenanya desain interior kamar mandi yang Anda rencanakan hendaknya juga memperhatikan kesucian dan kebersihan kamar mandi. Jangan sampai kita tidak sadar bahwa ada najis yang terpercik di bagian tubuh atau pakaian kita karena jeleknya desain interior kamar mandi.

Beberapa fungsi lain dari kamar mandi yang tersebut tadi membuktikan adanya peningkatan fungsi kamar mandi dalam kehidupan manusia. Karenanya dalam mendesain interior kamar mandi Anda harus memperhatikan beberapa syarat sebagai berikut:

Pertama, memperoleh sinar matahari langsung.

Ups jangan panik dulu. Ini kalau memungkinkan. Kenapa harus ada sinar matahari langsung yang masuk ke kamar mandi kita? Ya, karena kamar mandi merupakan bagian ruang rumah kita yang lebih banyak cenderung lembab. Efek dari kondisi lembab ini adalah terdukungnya jamur dan bakteri untuk hidup di sana.

Karenanya dalam mendesain interior kamar mandi, Anda harus memperhatikan adanya sinar matahari langsung yang akan mengurangi kelembaban sehingga pertumbuhan jamur dan bakteri dapat dihambat. Sebab jika jamar dapat berkembang di kamar mandi, Anda akan mengalami kesulitan dalam  membersihkannya.

desain interior kamar mandi 6

Untuk mendapatkan sinar matahai langsung memang sebaiknya desain interior kamar mandi diletakkan di bagian pinggir dari rumah Anda dengan memberikan boven yang berpadu dengan kaca es. Tetapi jika terpaksa harus di tengah upayakan Anda memasang genting kaca dan plafond dari kamar mandi juga kita beri lubang yang ditutup dengan kaca es (glassblock) sehingga sinar matahari dapat diteruskan melalui lubang itu.

Kedua, pencahayaan yang cukup.

Selain sebagai alternatif jika point pertama tidak dapat Anda usahakan dalam desain interior kamar mandi Anda, cahaya yang cukup itu akan mengurangi rasa sumpek. Anda tentu dapat membayangkan jika kamar mandi Anda gelap karena tidak cukupnya pencahayaan rasa sumpek dan tidak betah pasti Anda rasakan.

Ketiga, Ventilasi.

Fungsi dari ventilasi ini adalah mengatur sirkulasi udara dari dan ke kamar mandi. Ventilasi yang memadai juga dapat mengurangi kepengapan dan kelembaban kamar mandi. Sehingga kenyamanan dan kesegaran dapat dirasakan oleh siapa pun yang berada di dalam desain interior kamar mandi Anda.

Nah, syarat-syarat yang terpenuhi itulah yang nantinya akan menjadikan desain interior kamar mandi Anda akan terasa nyaman.