optimalisasi fungsi jendela dalam keseluruhan desain interior rumah

Sering dalam kesendirian seseorang merasa nyaman melihat pemandangan luar dari balik jendela. Atau ada juga yang memanfaatkan jendela untuk melihat rintik hujan sehingga kesan romantik mencuat dalam diri seseorang, mengenang masa lalu yang indah dan tak terlupakan.

Bagi sebuah rumah jendela termasuk hal yang sangat vital dalam keseluruhan desain interior rumah. Selain berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara dalam ruangan, jendela juga dapat difungsikan sebagai sarana dekorasi. Elemen jendela biasanya berupa bingkai jendela, daun jendela dan teralis. Elemen-elemen inilah yang akan menjadikan jendela yang kita pasang mampu menciptakan suasana sesuai keinginan kita.

Model jendela terbaru dalam desain interior rumah yang aman dan estetik 2

Dalam keseluruhan desain interior rumah, pemilihan jendela harus memperhatikan fungsi utama jendela dan fungsi yang lainnya. Dengan memperhatikan hal itu fungsi jendela akan lebih optimal dalam menopang keseluruhan gaya dan desain interior rumah yang Anda ciptakan. Uraian berikut dapat Anda jadikan pertimbangan dalam memilih jendela untuk rumah Anda.

Pertama, perhatikan model dan daya desain rumah Anda.

Model jendela terbaru dalam desain interior rumah yang aman dan estetik 11

Jika rumah Anda bergaya minimalis, jendela yang dapat Anda pertimbangkan adalah jendela dengan bingkai bentuk persegi empat dengan agak memanjang. Kemudian sebagai daun jendelanya, Anda dapat memasang kaca blok polos. Selain itu teralis yang Anda desain dengan apik juga dapat Anda pasang di jendela tersebut.
Warna jendela untuk gaya rumah minimalis sebaiknya warna-warna yang cerah, seperti warna perak atau warna bebatuan. Selanjutnya untuk meningkatkan keamanan, Anda dapat memasang teralis baik dari kayu maupun dari besi. Ukiran teralispun dapat Anda pilih dengan bentuk ukiran bunga atau sekedar lekukan-lekukan artistik yang unik.

Kedua, pilihlah jendela yang mendukung gaya arsistektur yang Anda usung

009

Sebagai sebuah elemen dalam keseluruhan desain interior rumah hendaknya jendela yang kita pilih pun harus mendukung gaya arsitektur yang kiat usung. Hal ini tentu saja akan semakin menguatkan gaya arsitektur rumah Anda. Jika rumah Anda mengusung gaya klasik, maka pilihlah jendela yang mendukung gaya tersebut, baik bentuk artistiknya maupun bahan yang digunakan.

Ketiga, perhatikan fungsi jendela

Model jendela terbaru dalam desain interior rumah yang aman dan estetik 9

Memang fungsi utama jendela adalah menjamin sirkulasi udara dan cahaya dalam ruangan. Tetapi jendela juga dapat Anda gunakan sebagai sarana dekorasi yang akan mempercantik desain interior rumah Anda. Pertimbangan akan fungsi yang akan dioptimalkan dalam pemasangan jendela ini sangat membantu Anda menentukan dan memilih jendela.

Jika Anda hanya mengfungsikan jendela sebagai penerang ruangang tentu desain dan estetika jendela tidak terlalu merisaukan Anda. Tetapi jika Anda menghendaki estetika dan mementingkan pemandangan luar yang dapat Anda nikmati dari balik jendela tentulah bahan dan juga desain dari jendela perlu diperhatikan.

Keempat, pilihlah jendela yang menarik untuk desain interior rumah
Model jendela terbaru dalam desain interior rumah yang aman dan estetik 7

Selain bagian dari elemen eksterior, jendela juga merupakan hal yang tidak boleh kita remehkan dalam keseluruhan desain interior rumah Anda. Anda dapat memasang jendela dimana cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan tetapi dengan menjaga privasi Anda, sehingga orang lain tidak dapat melihat orang yang ada di balik jendela.

Kelima, Kenali dengan baik arah cahaya matahari

Model jendela terbaru dalam desain interior rumah yang aman dan estetik 8

Ini akan mengurangi kerepotan Anda yang disebabkan oleh sinar matahari. Jangan sampai Anda memasang jendela yang menyebabkan justru Anda terganggu saat cahaya matahari masuk ke rumah Anda. Mungkin Anda dapat mengurangi intensitas cahaya dengan memasang gorden. Tetapi tetap saja ini akan menghalangi Anda untuk melihat pemandangan luar lewat jendela.

Lima hal di atas patut Anda pertimbangkan dalam memilih jendela. Karena jendela bukan hanya berfungsi sebagai penjamin sirkulasi udara dalam ruangan, tetapi jendela juga akan membantu menciptakan kesan estetika pada keseluruhan desain interior rumah Anda. Jika hal itu dapat Anda upayakan maka fungsi jendela akan optimal.