Partisi ruangan desain interior rumah yang nyaman, bagaimana memilih dan menatanya?

Partisi ruangan desain interior bagaimana menata dan memilihnya? Siapa yang tidak menginginkan ruangan yang indah dan nyaman. Saya yakin semua menginginkannya, termasuk Anda juga, kan? Permasalahannya terkadang kita merasa repot menata partisi dalam ruang rumah kita. Alasannya bisa bermacam-macam, salah satu dan yang sering dijadikan alasan adalah ruangan yang ada terlalu sempit.

Alasan tersebut menjadi sebab penataan partisi ruangan menjadi tidak efektif bahkan terasa sulit. Tetapi tahukah Anda bahwa dengan ruangan yang sempit dan minimalis sebenarnya kita dapat menata partisi kita menjadi nyaman dan menyenangkan, baik dengan menggunakan partisi portable maupun partisi permanen. Tentu saja jika kita tahu tips memilih partisi yang akan kita gunakan.

partisi ruangan desain interior

Idealnya rumah yang dibangun memang sudah direncanakan desain tata ruangnya karena ruang adalah tempat untuk melakukan aktivitas penghuninya. Sehingga seharusnya besaran ruang dan bentuk sudah direncanakan sebelum pembangunan rumah. Tetapi jika rumah sudah dibuat dan pada perjalanan waktu ruangan rumah tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan pemiliknya, merubah dan mendesain partisi ruangan bukanlah pilihan yang salah, bahkan ini sangat diperlukan.

Untuk menata partisi ruangan yang pertama yang harus Anda tentukan adalah jenis partisi yang Anda inginkan. Minimal ada dua jenis partisi ruangan yang dapat Anda pilih, yakni partisi permanen dan partisi portable. Partisi permanen adalah partisi yang sifatnya tetap, tidak bisa dipindah-pindah dan biasanya berupa tembok.

Partisi ruanng desain interior

Sedangkan partisi portable memberikan fleksibilitas yang tinggi pada Anda. Ada juga partisi semi portable dan movable. Anda dapat menggerakkan, memindah bahkan membongkar dan menata ulang partisi tersebut. Partisi semi portable ini biasanya digunakan untuk menyiasati ruangan yang minimalis. Sehingga desain dan tata ruang dapat Anda rubah untuk menciptakan suasana yang baru dan segar.

Setelah Anda menentukan jenis partisi mana yang akan Anda gunakan, berikutnya Anda harus memikirkan anggaran yang tersedia. Anggaran ini penting Anda pertimbangkan karena masing-masing partisi mempunya harga yang berbeda-beda. Anggaran ini akan sangat menentukan pilihan bahan dan material yang akan Anda gunakan.

partisi ruang desain interior 3

Tentu saja material partisi ini harus Anda sesuaikan dengan jenis dan gaya dari penataan partisi ruangan Anda. Jika Anda masih ragu dengan kemampuan Anda dalam menata partisi ruangan Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan arsistek atau konsultan Anda. Tetapi tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan akan lebih banyak.

Hal yang tidak kalah penting setelah Anda melakukan semua yang tersebut di atas adalah hendaknya Anda memperhatikan dan memikirkan tahap finishing dari pengerjaan partisi ruangan Anda. Ini penting karena perhatian terhadap finishing akan menghindari kesan asal-asalan dalam menatanya yang Anda kerjakan. Di samping itu Anda dapat melihat, membandingkan desain interior ruangan Anda dengan desain tata partisi yang Anda rancang. Sehingga kesan elegan dan artistik dari partisi ruangan Anda akan terlihat.