Pemilihan Warna Cat Rumah untuk Ciptakan Estetika dan Kenyamanan Rumah

Salah satu hal yang membuat seseorang betah tinggal di rumah adalah kenyamanan dan kedamaian yang ia dapatkan ketika berada di dalam rumah. Karenanya, hal tersebut harus senantiasa diperhatikan oleh siapa pun yang akan membangun sebuah rumah.

Tanpa keduanya, nyaman dan damai, yakinlah seseorang akan lebih memilih berada di luar rumah. Jika sudah demikian, tinggallah menunggu kehancuran dari sebuah keluarga yang sebenarnya dibangun untuk mendapatkan ketenteraman, kedamaian dan ketenangan.

Salah satu yang menyebabkan rumah terasa nyaman, selain penataan desain interior rumah, adalah warna cat rumah. Yah, harus diakui bahwa warna dapat menciptakan suasana apapun yang ingin dimunculkan.

Karenanya, memilih warna cat rumah menjadi suatu yang sangat penting. Bahkan, keberhasilan desain interior rumah secara keseluruhan juga sangat ditentukan  ketepatan dalam mengaplikasikan warna cat rumah untuk mendukung kepaduan, keutuhan dan keseimbangan desain interior rumah.

Pemilihan Warna Cat Rumah untuk Menciptakan Estetika dan Kenyamanan Rumah 2

Ironisnya, masih banyak yang belum memahami hal tersebut dan terlebih memang tidak mudah memilih warna cat rumah yang sesuai mampu mendukung kesempurnaan desain interior rumah secara keseluruhan tersebut.

Karenanya pada postingan berikut akan diberikan gambaran bagaimana memilih warna cat rumah yang mampu menciptakan nilai estetika sebuah rumah yang pada ujungnya dapat memberikan kenyamanan kepada siapa saja yang tinggal di rumah tersebut.

Pertama, Pikirkan Warna Cat Rumah yang Anda Sukai

Pemilihan Warna Cat Rumah untuk Menciptakan Estetika dan Kenyamanan Rumah 3

Bagaimanapun, kesukaan seseorang terhadap sesuatu akan mendorong orang tersebut untuk mendapatkan apa yang disukainya. Karena kesukaaan atau lebih dalamnya kecintaan seseorang akan sesuatu dapat menjadi kekuatan positif bagi orang yang menyukai atau mencintai.

Demikian juga dalam hal warna cat rumah. Karena rumah merupakan sebuah tempat yang akan selalu ia tinggali dan akan selalu ia lihat, tentu memilih warna cat rumah sesuai dengan kesukaan adalah sebuah keniscayaan. Karena dengan demikian setiap ia berada di rumah selalu akan dimanjakan oleh hal yang dia sukai.

Sebaliknya, sebaik apapun warna cat rumah, jika warna tersebut bukan warna yang menjadi kesukaan tentu berada di dalamnya berarti berada dalam sebuah lingkungan yang tidak ia sukai. Tentu kenyamanan pun tidak akan dia dapatkan. Namun, kesukaan terhadap warna tertentu ini bukan berati menjadi satu-satunya pertimbangan Anda untuk memilih warna cat rumah.

Kedua, Pertimbangkan Tema yang Diaplikasikan

Sering ditulis dalam interdesain.com ini bahwa pada hakikatnya desain interior rumah merupakan perpaduan kemampuan seseorang dalam menggabungkan berbagai elemen utama dan elemen pendukung sehingga menciptakan kepaduan, keseimbangan dan estetika sebuah ruangan.

Pemilihan Warna Cat Rumah untuk Menciptakan Estetika dan Kenyamanan Rumah 4

Karenanya, dalam menetapkan warna cat rumah pun hendaknya memperhatikan faktor keutuhan, keseimbangan, estetika serta tema yang akan diaplikasikan dalam desain interior rumah secara keseluruhan.

Kalau point pertama menyebutkan bahwa kesukaan terhadap warna menjadi pertimbangan, maka poin pertama tersebut tidak boleh menyelisihi tema yang akan diaplikasikan dalam desain interior rumah. Bahkan menjadi kewajiban Anda untuk memadukan warna cat rumah yang menjadi kesukaan Anda dengan tema yang ingin Anda terapkan dalam rumah Anda.

Dengan demikian, kehadiran warna cat rumah akan memperkuat tema yang Anda aplikasikan. Sebagai gambaran, misalnya Anda memilih desain interior rumah gaya shabby chic tentu Anda tidak akan memilih warna-warna kontras yang menonjol yang akhirnya justru akan mengaburkan tema yang Anda usung.Pemilihan Warna Cat Rumah untuk Menciptakan Estetika dan Kenyamanan Rumah 5

Akan lebih baik jika Anda memilih warna cat rumah dengan warna-warna yang netral, yang akan memperkuat tema shabby chic yang sedang Anda aplikasikan dalam rumah Anda. Demikian juga untuk tema-tema yang lainnya, Anda harus berusaha memadukan warna cat rumah dengan tema desain interior rumah Anda.

Ketiga, Perhatikan Warna yang Sedang Populer

Pemilihan Warna Cat Rumah untuk Menciptakan Estetika dan Kenyamanan Rumah 6

Anda harus ingat, bahwa yang menempati rumah bukanlah Anda sendiri, tapi juga keluarga Anda bahkan orang lain yang sering berkunjung ke rumah Anda. Tentu Anda tidak menginginkan ada komentar negatif seseorang terhadap warna cat rumah Anda gara-gara warna tersebut sudah ‘kadaluwarsa’ atau ketinggalan jaman, tidak up to date.

Karenanya, ada baiknya juga dalam memilih warna cat rumah Anda perhatikan warna-warna yang sedang menjadi tren atau warna-warna yang banyak disukai oleh orang . Sehingga seseorang akan segera mengatakan ‘wow’ terhadap pilihan warna cat rumah Anda. Wow karena mereka mengakui warna cat rumah yang Anda aplikasikan merupakan warna yang sedang ngetrend dan populer.

Itulah 3 tips dalam memilih warna cat rumah. Harapannya dengan menerapkan tips di atas warna rumah Anda menjadi warna kesukaan, bukan kesukaan Anda sendiri tetapi juga menjadi warna yang membuat decak kagum semua orang yang tinggal, singgah ataupun sekedar melewati rumah Anda. Selamat mencoba.